Pengalaman kerja/ngoprek mahasiswa tak harus lulus dulu.

Beberapa orang ada yang menyatakan bahwa kekonyolan kalau fresh graduate itu dimintain pengalaman kerja, atau udah pernah bikin apa, menyebutkan kalau justru dia ngelamar agar dapat pengalaman kerja(pengalaman masih nol). Hal seperti ini bisa dikatakan kesalahan.
Teknologi Informasi (dalam hal ini jurusan terkait ngoding) adalah dunia kreatif, ketika kamu minimal paham mengenai suatu bahasa program, tak harus menguasai, itu sudah bisa membuat sesuatu yang berguna minimal bagi dirimu sendiri. Contohnya? Proyek akhir untuk D3 atau Tugas Akhir untuk S1, atau lebih kecil saja lah contohnya, pastinya setiap akhir semester selalu ada saja tugas besar yang diberikan oleh dosen. Hal seperti ini walaupun kecil akan dihargai sebagai bagian dari hasil oprekan kreatifmu. Ya, kecuali kalau kamu bikin aplikasinya bayar orang, ceritanya lain, saya gk bahas lagi kalau seperti itu.

Kamu punya waktu luang? biasanya S1 sih banyak ya kosongnya. coba gunakan setidaknya setengah jam dalam sehari berimajinasi mengenai masalah apa yang bisa kamu berikan solusinya dengan koding kerenmu, selanjutnya mulailah ngoding. Tak kunjung menemukan masalah? coba cari di internet aplikasi apapun yang menurutmu keren dan bisa ditiru. Bukan bermaksud untuk menyuruh plagiat ya, hanya saja karena tak punya ide coba bikin yang hampir sama, tak harus serupa, cari yang fiturnya sekiranya bisa kamu buat juga, dari situ kamu akan belajar mengembangkan diri. Ketika sudah selesai disimpan saja di komputer, atau drive online sebagai koleksi pribadi, atau bahkan mau membuatnya open source? gak masalah. Ini nanti bisa kamu tunjukkan kelak di wawancara kerja, kalau ditanyakan ini proyek apa? bilang saja iseng.

Seperti waktu dulu, saya mendaftar ke berbagai lab pemrograman ketika masih mahasiswa baru, iseng sudah saya mulai ketika SMA membuat tampilan sederhana, sangat sederhana, karena ketika itu baru “bisa” html dan css itupun sangat terbatas. Apa yg saya buat waktu itu sekedar tombol html dengan efek css meniru tutorial css tricks dengan sedikit perubahan warna, dan berbagai percobaan lainnya. Kecil-kecil semua, tapi jumlahnya puluhan, tersebar di situs web IDE online semacam codepen, jsfiddle, dan jsbin. Jadi walaupun kecil-kecil, akhirnya bisa mengisi lampiran mengenai apa yang sudah dibuat di bagian lampiran pada lamaran bergabung ke lab pemrograman.

Sama seperti lamaran untuk kerja, bedanya mungkin isengnya harus lebih besar dan serius. Jadi kuasai dulu yang kecil-kecil, agar kemudian bisa bikin ke-iseng-an yang lebih besar.