LANYARD ORANGE

pwici_
16 min readAug 16, 2022

--

BAGI siswa SMK, kegiatan prakerin (praktik kerja industri) atau umumnya dikenal PKL (praktik kerja lapangan) jadi hal wajib sebagai salah satu syarat kelulusan. Umumnya, mulai prakerin di kelas XI, tapi karena Analis Kimia sekolahnya 4 tahun jadinya prakerin di kelas XIII.

Iya gak salah baca kok, kelas tiga belas alias kelas 4. Bagi yang pertama kali denger pasti aneh banget sih kok ya ada sekolah 4 tahun, biasanya kan 3 tahun.

Jawaban singkatnya karena udah ketentuan pusat soalnya jurusannya khusus dan tidak sembarangan ceunah. Tapi waktu itu aku gak puas dengan jawaban ini karena kebetulan sekolah kita tetanggaan dengan jurusan yang sama pula tapi sekolah tetangga tetep 3 tahun tuh.

Setelah bertanya-tanya-tanya, didapatlah jawaban sebenarnya 3 tahun juga bisa aja dengan resiko kurikulumnya dipadatkan. Tapi info yang aku denger semua analis kimia sekolahnya bakalan rata 4 tahun soalnya dengan 4 tahun, siswa disinyalir sudah lebih matang baik secara ilmu ataupun secara kesiapan mental. Selain itu mengikuti DIDU (Dunia Usaha Dunia Industri) juga, di mana ketika lulus nanti usia lulusannya sudah melebihi batas usia legal pekerja Indonesia jadinya siap terjun ke dunia kamehameha.

Sekolah udah nyediain daftar-daftar perusahaannya dan kuotanya nerima berapa orang. Ada yang dalam kota dan luar kota, sekolah gak ikut campur, kita dibebasin aja mau ke mana, cepet-cepetan aja. Misalkan dirimu mau prakerin di perusahaan keluarga tapi gak ada di daftar nih, bisa juga kok tinggal bilang aja ke pembimbingnya. Temen aku ada yang gitu soalnya, gila kali ya belum apa-apa rasa iri ini sudah menggebu-gebu. Gak perlu repot-repot ngelamar-ngelamar kerja tuh anak.

Nah, berita buruknya, aku gak punya perusahaan impian, dan gak tau juga mau ke mana, ngobrol-ngobrol sama temen jawabannya abu-abu semua, kek rok yang lagi kita pake.

“Yang pasti dalam kota sih soalnya gak diizinin ngekost sama si mamah”

Biasanya cewe-cewe yang kayak gini.

“Nyobain luar kota ah biar simulasi nanti kerja beneran”

Selalu ada yang sebebas burung merpati dan kebetulan anaknya juga seneng berpetualang.

“Industri obat katanya instrumentnya lengkap”

Beneran nyari ilmu dan pengalaman.

“Ingin perusahaan makanan ah biar bisa nyobain produk-produknya”

Selalu ada orang yang hobi makan di antara kita.

“Dimana aja asal yang dibayar”

Hhhhhh selain itu juga selalu ada Mr.Krab di kehidupan kita.

Dan bla-bla-bla lainnya tapi gak ada satupun yang nyebut nama perusahaannya sampai akhirnya Sisi, salah-satu partner ngangkot nyerita sedetail-detailnya mengenai salah satu perusahaan di Rancaekek. Bagi yang pertama denger nama perusahaannya pasti nyangkanya pabrik kulit manggis yang iklannya sempet viral ituloh. Tapi bukan sodara-sodara, namanya aja yang mirip, sedangkan produk yang dihasilkan sama sekali berbeda meskipun sama-sama bergerak di bidang obat.

Orangtuanya Sisi sih nyaranin dia prakerin di perusahaan ini, soalnya deket dari rumah Sisi yang berlokasi di Cinunuk. Tapi Sisinya masih ragu gitu, dia ingin mengeksplor lebih katanya. Wajar sih, doi pinter banget ranking 1 paralel, orang pinter kan selalu gak pernah puas ya. Sedangkan aku yang pintarnya rata-rata dan cenderung bodoh ini langsung ngerasa cocok aja sama perusahaan yang disebutin Sisi

Instrumennya udah ada HPLC, AAS, Spektometer, Karl Fischer, Disolusi, semua itu buat aku udah cukup lengkap banget, apalagi kan praktikum di sekolah cuman beberapa kali aja, mana berkelompok pula jadinya jujur aja emang belum menguasai. Gak dibayar sih tapi di kasih makan siang, deket dari rumah juga cuman 2 kali naik angkot, biasanya kalau ke sekolah harus 3 kali ngangkot, jadinya lumayan bisa nabung lebih buat nanti biaya wisuda.

Karena udah ngerasa yakin banget, aku izin deh ke Sisi sebagai pemberi informasi, dan dia legowo sekali. MasyaAllah.

Omong-omong, Sisi tau keberadaan PT tersebut karena diceritain juga sama kakak kelasnya. Selain pinter, Sisi juga memang geulis, tinggi pula, putih lagi, jadi tidak mengherankan kalau dia gampang dapet informasi-informasi gini, tanpa diminta pun orang-orang nyeritain pengalamannya deh kayaknya. Beruntungnya aku punya partner ngangkot kek Sisi, meskipun kadang-kadang mulutnya tajem juga gapapa deh, lebih banyak baiknya kok ini anak.

*

Tahun 2016, PT tersebut nerima 3 orang anak prakerin dan semua yang daftarnya perempuan yaitu aku, Ela sama Wanda. Dua-duanya temen deket aku. Ela temen main, dan waktu aku ajakin kebetulan anaknya mau. Sedangkan Wanda temen naik angkot juga dan kebetulan tetehnya kerja di bagian produksinya, jadinya tau informasi-informasinya dari tetehnya.

Hari pertama prakerin harusnya tanggal 1 November 2016, tapi karena banjir, jadinya diundur keesokan harinya. Besoknya juga sebenernya belum surut-surut banget tapi bisa dilewatin meskipun di salahsatu sisinya aja soalnya struktur jalannya miring jadinya menggenang di satu sisi, berakibat jalanan padat merayap karena harus gantian ngelewatinnya, beruntung kita berangkatnya pagi jadi masih banyak waktu tersisa.

Aku berangkatnya nebeng Ela dari Cileunyi, lumayan makin hemat ongkos. Masuk kerja jam 07.30 sampai jam 16.00 WIB, Sabtu-Minggu libur dan kita sampai TKP jam 07.15-an tapi karena masih banjir jadinya orang-orang pada telat, kantor masih sepi bahkan Wanda dan pembimbing kita juga belum dateng. Sesuai arahan resepsionis, aku sama Ela diminta nunggu di lobby.

Dari kita duduk, tepat di depannya itu ada tangga, kayaknya sih ruangan-ruangan kantornya memang di lantai 2, entahlah. Waktu itu hati aku dugun-dugun banget soalnya pertama kali terjun ke dunia kamehameha yang aku gak tau nih bakalan kayak gimana. Apalagi waktu satu persatu orang dateng, begitu mereka buka pintu, pasti ngeliatnya ke kita dulu, paling mencolok juga pake seragam putih-abu diantara orang-orang yang berpakaian bebas.

Semua yang dateng gitu aja, buka pintu — ngeliat kita — terus langsung jalan ke tangga. Waktu itu kita senyumin aja semua orang yang masuk, meskipun kita gak tau orang itu siapa dan gak ada yang senyumin balik juga apalagi nyapa.

Hampir jam 08.00, temen kita Wanda sama pembimbing kita belum juga dateng. Cuaca di luar udah dingin sisa hujan, ditambah AC yang kecil juga suhunya makin aja bikin degdegan dan bikin ingin pipis terus. Beberapa kali kita bolak-balik toilet.

Sampai akhirnya, kalau sebelum-sebelumnya kita selalu liat orang-orang naik tangga but this guy came down the stairs.

This guy…

When I saw him, it was like someone pushed the pause button but the one who paused was only me.

Pernah nyangka gak sih kalau kita bakalan diketemuin lagi sama seseorang yang kita pikir mustahil aja bakalan ketemu, kayak dari arah manapun juga gak mungkin aja gitu. Apalagi informasi yang kamu punya juga dikit, jadi setelah pisah udah aja gak tau apa-apa.

Tapi emang dasarnya dunia ini penuh rahasia, lebih dari 2 tahun berlalu, aku diketemuin lagi sama seseorang yang sempet aku suka waktu pertama kali masuk SMK.

Awalnya dia mau ke resepsionis, tapi waktu liat kita, atau mungkin lebih tepatnya waktu liat almamater yang kita pake, dia jadi nyamperin kita dan jadi orang pertama yang menyapa kita.

“Hai” ucap dia sambil ngucapin namanya “Ilham” dan ngajakin kita salaman juga.

Umumnya panggilan ke kakak laki-laki di Jawa Barat itu Aa, dari SD-SMP dan di lingkungan manapun aku manggilnya Aa. Tapi semenjak sekolah di Bandung manggilnya jadi Akang/Kang. Awal-awal ngomongnya aneh banget, kesannya tua aja gitu kalau dibandingin sama Aa yang kesannya lebih gemes, tapi kesini-kesinya biasa-biasa aja tuh dan kesannya kek vintage wkwk. Tapi aku gak tau sebandung raya emang panggilannya gini atau cuma sekolah aku aja.

Setelah salaman, Kang Ilham duduk di depan kita sambil main-mainin flashdisk di tangannya. Fun fact yang masih aku inget, semenjak sekolah dia emang selalu bawa flashdisk kemana-mana, bedanya kalau waktu sekolah si flashdisknya itu pake lanyard orange, dikalungin ke leher terus si flashdisknya dimasukkin ke saku. Percaya deh, waktu itu aku ngeliatnya style terkeren 2013. Sementara sekarang flashdisknya gitu aja, gak pake lanyard-lanyard.

https://myzone.com/printing/wp-content/uploads/2018/10/lanyard-plain-orange1.jpg

“Aku alumni 46 juga loh” ucap dia. (Dah kek Valentino Rossi aja nama sekolahnya, gapapa lah ya daripada 86 nanti digeruduk tim Prabu)

“Iyaa aku tau” balas aku, bikin Ela yang duduk di samping aku langsung ngeliat aku dengan ekspresi nyaho ti mana maneh?

Gimana enggak, aku yang biasanya selalu gak tau kalau lagi di ceritain seseorang, “Yang mana sih?”, “Yang ini bukan?”, “Tapi kalau liat wajahnya kayaknya tau sih”, “Gak tau, serius” sampai-sampai saking cluelessnya pernah ada yang bilang “Sekolah dimana sih sebenernya? Masa semua gak tau” terus sekarang mendadak jadi tau banget sama laki di hadapan kita ini.

“Pas wisuda jadi pengantinnya kan?” tambah aku lagi.

“Iya hahaa, kok tau?” tanya dia.

“Kan foto-foto wisudanya dipajang di lobby sekolah” ngeles aku, untungnya emang beneran dipajang. Entah dia beneran tau atau enggak.

Dan obrolan-obrolan lainnya seperti yang prakerin berapa orang, pembimbingnya siapa, sampai akhirnya dia pamit.

“Ruangan aku juga samping lab kok, nanti pasti ketemu lagi” ucap dia sebelum pergi.

Tumben banget sih aku yang lebih cerewet dibanding Ela soalnya biasanya kalau ada obrolan-obrolan gini aku team nyimak aja. Team iya-iya aja, team ngangguk-ngangguk aja, team senyum-senyum aja.

Setelah Kang Ilham pergi, beberapa menit kemudian, temen kita Wanda dan pembimbing kita akhirnya sampai juga. Setelah pembimbing kita serah terima ke supervisor lab PT tersebut, kitapun langsung dikenalkan ke seluruh team yang bekerja di laboratorium tersebut dan langsung kerja hari itu juga.

Hari itu semuanya berjalan dengan lancar dan surprisingly, hampir 80% yang kerja jadi analis QC atau RND di sana kakak kelas semua, usianya juga gak jauh beda, ada yang bahkan baru setahun-dua tahun lulus aja jadinya memang cepat akrab.

Sampai akhirnya jam 4 sore pun tiba, sepanjang jalan pulang dan sesampainya di rumah, aku jadi flashback gimana awalnya jadi tau keberadaan Kang Ilham.

*

Pertama kali liat Kang Ilham di kantin deh, keliatan mencolok diantara yang lainnya soalnya satu-satunya yang pake lanyard orange. Kesininya sering ketemu karena ternyata dia ikut ekskul basket dan karena jalan pulang pasti ngelewatin lapang basket jadinya sering liat dia latihan setiap Senin atau Selasa sore.

Tipe wajahnya juga gak kalah mencolok, mata sipit, bibir tebel. Menurut aku nih ya, entah aku yang mainnya kurang jauh atau gimana, orang asli Indonesia yang matanya sipit tapi bukan keturunan Tionghoa itu jarang banget.

Eh tapi tau darimana juga ya kalau dia gak ada darah Tionghoa? Kenapa aku yakin banget kalau dia bukan keturunan Tionghoa?

Mungkin karena kulitnya yang gak terlalu putih, tapi gak sawo matang pula. Gimana ya ngejelasinnya? Diantara putih dan sawo matang gituloh, sawo matang yang cerah mungkin ya atau putih tua? Au ah pusing.

Alkisah di waktu yang bersamaan, kelas kita akrab banget satu sama lain, cukup kompak juga. Salah satunya bisa diliat waktu pulang sekolah, kita pasti saling nunggu buat pulang bareng apalagi kalau searah. Gak searahpun tetap bareng, pisahnya di depan gerbang, menuju angkot tujuan masing-masing.

Saat itu yang pulang naik angkot Cibiru-Cicadas cukup banyak juga, selain Sisi sama Wanda, ada juga Kanya, dan lain-lainnya, pokoknya menuhin angkot deh. Kita juga cukup terbuka dengan saling cerita apapun, salahsatunya Kanya yang cerita kalau dia lagi suka seseorang. Anak basket katanya, sipit, manis, tapi ya udah aku gak keingetan siapa-siapa. Gak nyadar juga kalau diri sendiri juga waktu itu lagi naksir anak basket.

Sampai suatu ketika waktu kita pulang, kebetulan ada anak basket lagi latihan. Aku sama Kanya jalan paling belakang terus tiba-tiba aja Kanya nyolek aku.

“Itu dia lagi latihan” bisiknya.

Penasaran dong aku “Mana-mana” ucap aku antusias.

“Hmm… yang nomer punggungnya 91”

Si nomor punggung 91 lagi ngebelakangin kita, tepat waktu dia nerima operan bola dari temen satu teamnya terus balik badan…

LAH!!!!!

ITU KAN SIH SI FLASHDISK LANYARD ORANYE????

Kok bisa sama sih? Aku selalu ngira kejadian-kejadian suka ke orang yang sama kek gini cuma terjadi di film-film aja. Aku mendadak diem, kaget lebih tepatnya. Sementara Kanya di pinggir aku cengegesan seneng waktu si flashdisk berhasil masukkin bola ke ring.

Waktu itu aku belum tau namanya juga. Gak tau kenapa dari dulu kalau aku suka sama orang yaudah gak pernah nyari tau lebih bahkan untuk sekadar tau namanya, cukup ngeliat aja udah seneng. Jadinya aku coba bersikap biasa aja lalu arahin pandangan aku jadi ke Kanya.

“Oh ituuuu?”

“Iyaaa”

“Siapa namanya?”

“Kang Ilham”

Aku ngangguk-ngangguk aja “Cakep-cakep” soksokan gak peduli gitu padahal aslinya shock berattttt.

Sepanjang jalan, apalagi waktu Kanya turun di daerah Cibiru, aku jadi lebih diem, temen-temen yang lain nyadar juga kalau aku dari tadi bengong tapi aku beralasan aja kalau lagi ngantuk :)

Ya gimana ya, gak bener banget nih suka ke orang yang sama gini. Untung aja waktu itu gak lagi hujan, coba kalau hujan, lengkap banget dah kesedihanku mana duduk di angkotnya paling ujung pula deket jendela. Bisa-bisa langsung cosplay jadi pemeran utama video klip yang tersakiti:(

Tapi gimanapun aku mikir, buat aku temen selalu lebih penting. I will always choose friend over anything. Apalagi sehari-hari juga kan sama temen, gak enak lah kalau hubungan kurang baik apalagi kalau sekelas gini.

Akhirnya, dengan besar hati, dengan lapang dada, malam itu juga aku memutuskan mundur menyukainya dan memilih teman seutuhnya. Terus Allah kek mengabulkan gitu loh, semenjak hari itu udah aja perasaan aku ke dia hilang begitu aja, jadi jarang ketemu juga. Pokoknya sepenuhnya mendukung Kanya sama Kang Ilham.

Terus gimana kelanjutannya Kanya sama Kang Ilham?

Gak gimana-gimana wkwkwk gak ada kelanjutannya juga, gak keceritain juga mereka jadi saling kenal atau gimana gitu. Keknya Kanya juga sama cemennya deh kek aku. Cuman suka doang, gak berharap lebih. Akunya aja yang lebay. Sok dramatis, sok berkorban hoek cuih, pintu keluar ada di sana!!

Kembali lagi ke prakerin. Karena ada 2 laboratorium yaitu lab mikro sama lab kimia, pembagiannya seminggu di lab mikro, 2 minggu di lab kimia dan waktu di lab kimia kita bebas mau bantu siapa aja entah itu QC atau RND. Senyamannya aja kita mau belajar sama siapa.

Kerjanya sendiri nyantuy banget. Sibuknya paling pagi aja waktu preparasi sama nimbang, selebihnya diem, nunggu. Selain itu kerjanya gak harus teliti juga, asalkan masuk standar aja.

Coba waktu sekolah, bener-bener harus teliti, setiap titrasi harus 3 kali konstan dengan selisih maksimal 0,02 ml aja, gak boleh curulung metri, harus keliatan tetesannya. Sedangkan sekarang cukup duplo aja, curulung metri teu nanaon, nanti waktu deket-deket titik akhir baru dipelanin dan mau selisih berapapun gak masalah selama masuk standar.

Waktu pikiran lagi bego sempet terlintas suatu pertanyaan, terus buat apa ya kita praktikum di sekolah ketat banget kalau ternyata dunia kamehameha sebebas ini?

Waktu pikiran udah kembali lurus lagi, kejawab sendiri pertanyaannya. Ya yang namanya belajar pasti diajarinnya yang bener lah. Kebayang gimana hancurnya dunia kamehameha ini kalau dari sekolah udah diajarin yang gak bener. Diinget-inget lagi juga waktu awal-awal prakerin, mereka pasti ngajarinnya yang bener dulu. Kesininya waktu udah paham baru dikasih tau juga trick-tricknya. Dan tetep ngewanti-wanti juga sih “Tapi sebenernya ini gak boleh ya”

Tapi tetep dilakuin.

Entah aturan Allah, aturan pemerintah, atau aturan lainnya, manusia memang senang sekali melanggar perintah. Astagfirullah…

Dengan kondisi kerja yang santai tersebut, biar gak bosen-bosen banget, karena di komputer banyak lagu-lagu juga, seringnya sih sambil nunggu peak HPLC, sambil muter lagu juga yang playlistnya warnet banget, volumenya keras gak masalah soalnya kedap suara. Film sih gak ada di komputer tapi beberapa ada yang nonton di hp, dan boleh-boleh aja tuh selama kerjaan beres. Aku sendiri waktu itu ngabisin waktu dengan baca novel series Twillight Saga: Eclipse.

Kang Ilham juga beberapa kali nyamperin ke ruang RND, sempet menduga pacarnya salah-satu anak RND soalnya beberapa kali ngeliat dia nungguin buat pulang bareng. Waktu itu kita juga lagi di ruangan yang sama, lagi ngebantu ngisi monitoring AC sama RH buat audit. Karena Kang Ilham SMK nya jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) tentu aja kerjanya di bagian IT dan dia juga nyerita lagi nyambi kuliah juga ngambil jurusan Ilmu Komputer.

“Kalian kalau nanti lulus mau lanjut kerja atau kuliah?” tanyanya tiba-tiba. Seramah itu guys orangnya. Aku juga jadinya nyaman aja ngobrolnya.

Soalnya aku termasuk orang yang harus dibaikin dulu baru bisa terbuka ngobrol. Kalau lawan bicara sama pasifnya udah aja bingung. Atau ada juga orang yang aktif ngajak ngomong tapi entah kenapa auranya mengintimidasi jadi ke kitanya malah bingung mau nyautinnya apa, bikin obrolannya cuman satu arah aja. Setelah beberapa saat kemudian baru deh kepikiran “Kok tadi gak ngejawab ini ya?” Berharap obrolannya terulang biar udah nyiapin jawabannya tapi kesempatan anda sudah habis anak muda.

Selain ramah, Kang Ilham itu lucu juga.

Pernah waktu pulang, posisi kita lagi di depan pantry, nunggu orang-orang yang lagi scan pulang. Gak enak aja kalau permisi lewat, soalnya team lab juga pada nunggu. Posisi aku pas banget depan pintu pantry sementara Ela sama Wanda agak depanan. Gak beberapa lama, ada yang mau masuk pantry, udah buka pintu tapi kayaknya ada yang kelupaan jadinya balik lagi ngebiarin pintu dengan posisi terbuka. Eh ternyata didalemnya ada Kang Ilham lagi makan, mulutnya penuh banget, sampe kedua pipinya menggembung, kek belum makan dari paud. Kita jadinya liat-liatan. Aku senyum aja, lebih ke nyengir sebenernya, gak enak mergokin dia yang lagi kelaparan. Dia juga ikut senyum, dengan ekspresi yang kayak kepergok gitu, sambil nutup pintu perlahan.

Tapi dalam hati aku ngeliatnya gemes ya hehehe.

Belum cukup disitu, ternyata doi gemar menolong juga.

Kejadiannya waktu sholat ashar. Omong-omong musholanya cukup kecil sih, Cuma cukup masing-masing 2 shaf aja buat perempuan dan laki-laki, dengan satu shafnya paling 5 orang. Waktu itu aku gak lagi sholat tapi ingin ikut aja daripada bosen nunggu di lab, jadinya aku nunggu di luar sementara Wanda sama Ela lagi solat.

Hari itu hari Kamis, aku inget banget soalnya pake seragam batik. Gak lama ada Kang Ilham mau solat juga.

“Ya Allah batiknya” ucap dia waktu lagi-lagi liat seragam yang aku pake terus duduk disamping aku.

“Kangen ya?” tanya aku.

“Heem kayak nostalgia gitu loh, punya aku kemana ya?” tanya dia “Masih ada sih kayaknya” terus ngejawab pertanyaannya sendiri sambil masih ngeliatin batik yang aku pake. Aku jadi ngerasa bersyukur deh sekolah gak pernah ngeganti seragam batik sama olahraganya, soalnya memang jadi identitas.

“Prakerin di sini sampai kapan?” tanya dia lagi, kali ini matanya ngeliat aku.

“Pertengahan Februari-an”

“Hmm.. kalau wisudaan kira-kira kapan?”

“Katanya sih Juli, tapi belum pasti kapan-kapannya”

“Waktu itu aku 13 Juli, inget banget”

“Soalnya jadi pengantinnya ya? Jadinya inget banget?”

Dia senyum “Hahaha iya”

Terus karena yang sholat udah rokaat ke-3 dia pamit deh buat wudhu. Jarak ke tempat wudhunya juga paling jaraknya beberapa meter aja, jadi masih keliatan.

Pas banget dia mau wudhu, ada CS (cleaning service) yang lagi bawa barang tapi aku lupa lagi barangnya apa entah tangga atau semacam drum, pokoknya gede dan keliatan kesusahan sehingga dia langsung nawarin perbantuan.

“Eh sini aku bantuin, a” ucapnya, tangannya udah siap megang barang tersebut tapi dibantah sama si CSnya.

“Gak apa-apa, Pak” jawab si CS nya, lebih ke gak enak juga mungkin ya. FYI, yang pake baju bebas cuman orang-orang yang kerja di lantai 2, sedangkan sisanya pake seragam.

“Yakin, kebawa?” tanyanya lagi, mastiin.

“Iya, Pak. Terima kasih”

“Okedeh kalau gitu aku lanjut wudhu, hati-hati ya”

Gak tau aku yang berlebihan atau gimana, tapi menurut aku jarang aja gitu ada staff yang secara sukarela menawarkan diri bantuin CS. Apalagi ini udah mau megang banget barangnya, tapi gak dibolehin sama CSnya.

Kalau ngeliat yang baik-baik gini kita jadi ngerasa hidup di lingkungan yang benar dan ketularan ingin jadi orang baik juga, iya gak sih?

Sampai akhirnya, gak kerasa kita memasuki hari terakhir prakerin. Sehari sebelumnya kita ngerencanain mau beliin sesuatu sebagai bentuk terima kasih telah membimbing kami selama 3.5 bulan ini. Awalnya mau ngasih bengbeng maxx, tapi kalau satu doang malu, kalau 2 gak ada duitnya, miskin emang, sekarang juga masih sih, tapi dulu miskinnya pake banget:(. Jadinya kita beli brownies aja 3 box. Buat ngebagi-baginya kita mempercayakan ke salah satu CS yang tugasnya memang khusus di lab, pokoknya QC sama RND deh, plus kita request sama Kang Ilham juga. Sebagai satu-satunya orang dari departemen lain yang kita kenal.

Saat itu kita lagi di lab instrument bertiga aja, lagi ngerjain tugas akhir. Emang telat banget sih, dari jauh-jauh hari sebenernya kita udah nagih, tapi dinanti-nanti mulu.

“Masih lama ini, santai”

“Sampelnya belum ada yang baru”

“Nanti ya kita minta dulu sampelnya”

Sampai akhirnya gak ada waktu lagi, dan ujungnya pake sampel bekas yang udah dianalisis. Bedanya kita ngelakuin semuanya sendiri, pemimbing cuman ngeliatin aja.

“Kalian hari ini terakhir?”

Kita bertiga serentak noleh, ternyata Kang Ilham berdiri di daun pintu, tapi gak masuk soalnya gak pake jas lab, tangannya masih megang pegangan pintu.

“Iya, Kang” jawab kita hampir barengan.

“Wihhh gak kerasa ya?”

“Iya kalau udah dilaluin jadi gak kerasa” jawab aku. Stress kali ya sejak kapan sih aku jadi banyak ngomong gini?

“Bener-bener” Kang Ilham ngangguk-ngangguk terus lanjut ngomong “Omong-omong aku juga kebagian brownies juga ya? Barusan ada yang bilang”

“Iya dong” lagi-lagi aku yang ngejawab “Kan kenal”

“Hahaha, makasih ya. Sukses semuanya, sampai ketemu lagi”

“Makasih juga, Kang. Sukses juga segalanya”

Tugas akhir kita juga alhamdulillah baik, sesi interview sama manager lab berjalan lancar, nilainya juga bagus diatas 9 semua. Secara keseluruhan prakerin kita memuaskan.

Sebelum pulang, kita foto-foto dulu sebagai perpisahan, bahkan ada yang bawa tongsis juga biar semua orang kebawa dan ternyata mereka juga nyiapin kado buat kita. Ukuran kotaknya sekitar setengah kardus indomie, memang cukup besar. Jadi sedih deh sepeduli itu mereka sama kita. Foto-foto paling 30 menitan aja sih, tapi suasana udah sepi banget, lampu-lampu juga kebanyakan udah pada dimatiin. Kita semuapun pamit pulang, tapi waktu keluar lab, pas banget Kang Ilham juga baru keluar dari ruangannya, spontan aja kita minta foto bareng. Emang kalau rezeki gak kemana ya, kirain udah pulang dari tadi soalnya penghuni-penghuni lantai 2 ini terkenal pulang tango semua. Beberapa anak lab yang liat kita foto-foto, ada yang ikutan masuk frame lagi.

Sayangnya, foto-foto prakerin dan foto-foto lainnya dari jaman sekolah ada di laptop lama, dan belum sempet aku back up, laptopnya tiba-tiba mati. Katanya sih lcd nya yang kena, belum dibenerin sampai sekarang. Sedih, terlalu banyak kenangan di laptop itu.

*

Jadwal prakerin sebenarnya 4 bulan. 3,5 bulan praktikum, sisa 2 minggunya buat nyusun laporan. 2 minggu kemudian ketika laporan sudah selesai, kita harus kembali lagi ke sana buat minta tanda-tangan pembimbing dan pihak-pihak lainnya yang terlibat. Tapi waktu itu aku lagi sakit, jadi yang kesana Ela sama Wanda aja.

Salah satu yang bikin agak nyesel kenapa hari itu aku harus sakit adalah ternyata Kang Ilham minta id line mereka. Sempet nanyain aku juga ternyata.

“Loh kok cuman berdua? Satu lagi ke mana?”

“Sakit, Kang” jawab Ela

“Yah kok sakit sih? Padahal baru juga 2 minggu”

YA YANG NAMANYA SAKIT GIMANA YAAAA JANGANKAN 2 MINGGU, KADANG HARI INI SEHAT MALEMNYA BISA TEPAR.

Hhhh sabar, untung kakak kelas.

Gak tau juga sih buat apa, toh gak keceritain ngechat sesuatu atau share sesuatu gitu ke mereka. Nambah-nambahin kontak aja mungkin ya.

Sejak saat itu udah deh gak pernah ketemu-ketemu lagi. Ada beberapa yang saling temenan di Instagram tapi cuman anak-anak lab aja.

Apalagi waktu kita semua akhirnya lulus, kerja dan kuliah di tempat yang berbeda-beda, ketemu sama orang-orang baru, menjalani hidup masing-masing. Sesekali kumpul seringnya di moment puasa waktu ada event buka bersama tapi itu juga banyaknya yang gak hadir.

Tapi kalau sama Ela, aku masih sering main sih bahkan saling nginep juga entah di rumah aku atau di rumah Ela. Temen dari sekolah yang masih bertahan sampai saat ini ya Ela. Ela sendiri berakhir cinlok sama salahsatu kakak kelas di sana, jadi tiap ada info-info terbaru, seperti info nikahan atau info siapa yang resign, Ela suka ngasih tau ke aku.

Sampai akhirnya di tahun 2018, Ela ngasih undangan yang ternyata undangannya Kang Ilham, dan… bukan sama anak RND yang sempat aku curigai lohh. Beda lagi inimah, katanya temen dari SMP.

Happy. I’m trully happy for him and wishing him all the good things with her.

Kabar terakhir yang aku tahu, Kang Ilham udah punya satu anak perempuan.

Terus… udah. Cerita aku sama Kang Ilham selesai sampai disini, gak ada lagi penasaran-penasaran, gak ada lagi pertanyaan-pertanyaan “Kalau dulu aku gini kira-kira bakalan gimana ya jadinya?”, dan gak ada lagi perasaan-perasaan menyesal aku tidak mengusahakan apapun di masa lalu.

Selesai, semuanya selesai.

Karena itu, cerita tentang Kang Ilham ini bikin aku berharap suatu saat, entah di mana, entah kapan, entah sebagai apa, akan ada suatu kejadian yang mempertemukan lagi aku sama dia. Hal yang sama, buat menyelesaikan semuanya.

--

--