Sudahkah Kita Bersyukur Hari Ini?

Sementara saya bergelung di balik selimut bersama suami dan bayi mungil kami, di luar hujan turun tak henti sejak petang tadi. Tiba-tiba terdengar bunyi “tulit-tulit” diiringi teriakan “baksooo, baksooo”.

Deg. Hati saya tiba-tiba terasa ngilu. Jam berapa ini? Batin saya. Segera saya meraih handphone dan melihat angka 22 lebih sekian menit.

Jam 10 malam, dan si bapak penjual bakso yang saban hari keliling kampung dengan sepeda dan dagangannya masih berusaha mengais rezekinya. Malam itu, sudah kali kedua ia lewat depan kontrakan kami, meneriakkan kata yang sama, dengan nada sumringah khas-nya.

Malam itu saya jadi sulit tidur. Membayangkan di luar sana banyak orang yang bekerja jauh lebih keras dari saya, dan hidupnya bahkan tak lebih mudah daripada saya.

Padahal saya sering mengeluh. Tentang rumah yang masih mengontrak, tentang anak yang rewel, tentang penghasilan suami yang kadang tak sesuai ekspektasi, dan menyinyiri orang-orang nyinyir di luar sana (yang bahkan saya tidak kenal siapa dia). Betapa sepelenya hal-hal yang saya keluhkan tersebut dibanding mereka yang masih berpikir tentang tunggakan SPP anak, keluarga yang sakit, dagangan yang tak laku, pasangan yang pergi entah ke mana, serta hal-hal esensial lain dalam hidup.

The best things in life are usually free.

Kadang (bahkan sering) memang kita tak sadar betapa mewahnya hal-hal yang (sebagian dari) kita miliki: pendidikan tinggi, akses terhadap informasi, kesehatan, pasangan yang baik, tempat tinggal yang layak, dan lainnya. Kita punya semua itu tapi masih merasa kurang. Selalu. Masih tergiur dengan handphone seri terbaru, selalu memburu sepatu dengan diskon yang sebenarnya tipu-tipu, ingin punya pasangan terbaik sedunia, dan ingin memiliki seluruh buku bagus yang ada di toko buku. Padahal tanpa itu semua, nyatanya hidup kita baik-baik saja.

Entah saya saja yang begitu atau orang lain juga. Harusnya tadi saya pakai kata “saya”, ya, bukan “kita”. Itu semua masih berupa asumsi. Tapi baiknya ada pertanyaan serupa yang harus kita ajukan tiap hari ke diri sendiri: Sudahkah kita bersyukur hari ini?