Nentuin Tujuan itu Penting, tapi Fundamental lebih Penting?

Tentuin tujuannya, cari referensi atau belajar cara bagaimana agar tujuannya dapat tercapai, tapi ingat! Harus faham atau bisa dulu fundamental lingkup tujuannya. Agar nantinya tujuan dapat tercapai

Photo by ÁLVARO MENDOZA on Unsplash

Contoh logikanya begini, saya ambil dari sebuah permainan sepak bola. Tujuan dari bermain sepak bola apa? Apakah ngatur formasi pemain yang bagus? Bermain sepak bola dengan cantik biar yang lihat enak nglihatnya? Menggiring bola Menendang bola saja? Mendapatkan uang? Biar terkenal seperti Lionel Messi atau C. Ronaldo? atau hanya sekedar senang-senang saja? Yaa.. semuanya yang sudah kusebutkan memang bisa disebut dengan sebuah tujuan dari bermain sepak bola, tapi tujuan yang haqiqi dari bermain sepak bola bukan itu… Tujuan sebenarnya bermain bola ialah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya. Nahh itu.. Udah tau kan? La untuk bisa memasukkan bola ke gawang lawan, lu harus belajar bagaimana agar bola itu bisa masuk ke gawang lawan. Entah dengan caramu sendiri atau tuntutan dari seorang pelatih atau assistennya lah atau siapa lagi terserah lu.. mau gimanapun pastinya lu akan cari bagaimana agar bisa seefektif mungkin bola itu dapat masuk ke gawang lawan, mau lu giring sendiri sampe depan kiper lalu tendang tuh bola ke arah gawang dimana kiper ga bisa nangkep atau atur umpan satu dua sama temen lu, baru tendang ke gawang lawan atau bisa juga kiper lu yang lu suruh maju buat masukin tuh bola ke gawang lawan, kan yang penting bola masuk ke gawang lawan kan? itu semua strategi-strategi lu terserah lu sendiri jadinya atau lu ngikutin pelatih lu jika ada pelatihnya. Tapi ingat! dari permainan sepak bola itu lu harus faham yang namanya menggiring bola itu kaya gimana, menendang bola itu kaya gimana, apakah boleh pemain penyerang memegang bola lalu melemparkannya ke gawang, kalau bolanya keluar garis terus gimana.. Nahh.. Kalau lu kaga bisa menggiring bola, menendang bola, ga faham tata aturan bermain sepak bola mana mungkin bisa masukin bola ke gawang lawan secara sah/legal?

Belajar fundamental itu penting, dasarannya bermain bola harus tau, tata aturan bermain bola juga harus tau. Ingat lagi, sama aja kalau lu bisa menggiring atau menendang bola dan faham tata aturan sepak bola, tapi engga pernah main bola sama sekali, ya sama aja lu boong. Kapan lu mau ngemasukkin bola ke gawang lawan? kalau lu nya engga main sepak bola dulu..

“An asphalt road through a dark forest” by Joe Gardner on Unsplash

Intinya antara tujuan, cara untuk mencapai tujuan dan pemahaman dasar pada lingkup tujuan yang akan dicapai itu saling berketerkaitan satu sama lain agar nantinya kita bisa mencapai tujuan tersebut yang ingin kita capai.

dan lu harus tau tujuan lu belajar saat ini buat apa dimasa mendatang. Jangan asal belajar dasar aja tapi lu kaga tau yang lu pelajarin buat apa, kaya yang udah ta sebutin diatas. Udah belajar cara menggiring bola, menendang bola.. ehh engga pernah dicoba main bola, kan sayang. yaa meskipun itu tak apa, dan apa yang dipelajarin itu setidaknya pernah tau.

Logika ini bisa diterapin ke apa aja. Bukan hanya bermain bola. Nah jika lu ingin jadi programmer ya lu harus tentuin dulu mau jadi programmer apa. Web kah, Android kah, IOS kah atau pengen bisa nyiptain Artificial Intelligence sendiri atau pengen juga dalemin Machine Learning itu terserah lu. tentuin tujuannya dulu, terus belajar bagaimana agar bisa mencapai tujuan tersebut. Nah sebelum ke belajar mencapai tujuan tersebut lu harus faham dulu akan dasar-dasarnya. kalau lu fokus misal saja ingin jadi web developer ya lu harus faham akan dasar dasar pemrograman web seperti html, css, atau javascript paling tidak. nantinya lu tinggal cari bagaimana cara membuat website yang bagus, UI UX nya cocok ngga buat user, atau bagaimana performa web agar tetap stabil saat ada user banyak yang login. Atau yang lainnya yang terkait dengan sebuah website. Dan jangan lupa banyakin jam terbang.

Disini saya ingin berbagi saja biar belajar bisa lebih maksimal akan hasilnya dan belajarnya pun tidak setengah setengah. udah nyebur ya sekalian aja renang. Ga ngunu a? hehehehee.. Sekian tulisan ini. Semoga bermanfaat. Dan sampai jumpa di tulisan-tulisan berikutnya.

Like what you read? Give Iqbal Muhammad a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.