Beberapa Bisnis Cryptocurrency Segera Beroperasi di Thailand

Securities and Exchange Commission (SEC) dari Thailand telah melisensikan beberapa bisnis terkait cryptocurrency untuk beroperasi, termasuk pertukaran mata uang kripto. Dalam sebuah pernyataan resmi, SEC menulis bahwa lima bursa yang disetujui adalah Bitcoin Co Ltd (BX), Bitkub Online Co Ltd, Cash2coins Co Ltd, Satang Corporation (Tdax) dan Coin Asset. Kedua pertukaran cryptocurrency yang disetujui adalah Coins TH Co Ltd dan Digital Coin Limited (Thai WM).

Menurut pernyataannya, “Selain itu, SEC saat ini sedang meninjau data dari dua operator aset digital lainnya yang telah mengajukan aplikasi di bawah Ketentuan Transisi”. Aturan transisional diberlakukan oleh keputusan kerajaan pada pertengahan Mei tahun 2018, dengan periode 90 hari waktu yang diperlukan untuk penjual dan operator mendaftarkan aset mereka kepada Securities and Exchange Commission (SEC) Thailand.

Entitas pemerintah di Thailand telah berusaha untuk mengatur industri ini karena banyaknya risiko yang terkait dengan pasar ini. Pemerintah secara logis membuat peraturan yang tepat untuk mengurangi kemungkinan ekonomi yang tidak stabil dan aktivitas kriminal yang akan terjadi.

Ini adalah langkah besar bagi Thailand, yang selama beberapa bulan terakhir telah memulai proses memperkenalkan undang-undang dan peraturan pajak untuk industri yang baru lahir, serta pengolahan aplikasi bisnis terkait cryptocurrency.

Pada awal Mei, Thailand mulai menerapkan pajak ke mata uang kripto. Ini adalah titik pertikaian untuk asosiasi blockchain Thailand karena 15% keuntungan modal dan 7% tarif pajak pertambahan dikenakan terhadap perdagangan dan investasi cryptocurrency, angka-angka yang dianggap pada saat itu sebagai penghambat dari kemajuan industri.

Kemajuan datang dengan cepat dan tidak lama setelah itu, Bank Thailand mengizinkan bank-bank lokal untuk mengeluarkan token digital secara hukum, menyediakan layanan broker kripto dan kegiatan terkait kripto lainnya. Saat ini, ada tujuh cryptocurrency legal di Thailand yaitu Bitcoin, Bitcoin Cash, Ethereum, Ethereum Classic, Litecoin, Stellar dan Ripple.