China: Beberapa Otoritas Mengeluarkan Peringatan Tentang Upaya Penggalangan Dana Ilegal

Beberapa otoritas Cina mengeluarkan peringatan keras tentang upaya penggalangan dana ilegal yang mengklaim afiliasi dengan industri cryptocurrency dalam buletin Jumat, 24 Agustus.

Pada “entitas tanpa hukum” mencoba untuk mengumpulkan dana “menggunakan spanduk ‘inovasi keuangan’ dan ‘blockchain’” dan mendistribusikan “apa yang disebut ‘mata uang virtual,’ ‘aset virtual’ dan ‘aset digital,’” dokumen mendesak publik untuk “rasional” tentang informasi terkait blockchain.

Penulis termasuk Komisi Regulator Perbankan China, Kementerian Keamanan Publik dan People’s Bank of China (PBoC).
“Kegiatan semacam itu tidak benar-benar didasarkan pada teknologi blockchain, melainkan praktik konsep blockchain spekulatif untuk penggalangan dana ilegal, skema piramida, dan penipuan,” bunyi laporan tersebut.

Dokumen itu muncul hanya beberapa hari setelah pihak berwenang di Beijing mengumumkan akan meningkatkan upaya untuk memblokir akses domestik ke bisnis cryptocurrency yang terletak di lepas pantai.

Sejumlah 124 platform baru akan ditambahkan ke China’s Great Firewall, sementara pemerintah juga mengambil langkah-langkah untuk melarang kegiatan lain yang dapat sama-sama mendukung cryptocurrency.

“Dana untuk kegiatan ilegal ini sebagian besar di luar negeri, dan pengawasan serta pelacakan sangat sulit,” kata dokumen terbaru saat ini.