Nasdaq Bermitra dengan VanEck untuk Meluncurkan Produk Aset Digital

Bursa saham terbesar kedua di dunia, Nasdaq dan perusahaan investasi AS, VanEck telah mengumumkan kemitraan untuk bersama-sama meluncurkan serangkaian produk aset digital “transparan, diatur dan diawasi”. Direktur strategi aset digital VanEck, Gabor Gurbacs, men-tweet berita 27 November.

Gurbacs mengungkapkan kemitraan di Konsensus: Invest crypto conference in New York City. Pengumuman itu mengumumkan laporan dari Bloomberg, yang mengutip “dua orang yang akrab dengan masalah ini mengatakan,” bahwa Nasdaq akan meluncurkan kontrak berjangka Bitcoin (BTC) pada kuartal 1 ditahun 2019.

Gurbacs mengindikasikan dalam tweetnya bahwa produk baru akan memanfaatkan sistem Pengawasan Pasar SMART milik Nasdaq, di samping indeks harga aset digital MVIS milik VanEck.

SMARTS adalah alat pemantauan lintas pasar, lintas aset, multi tempat yang menghubungkan data real time dan historis dengan pola deteksi untuk melacak aktivitas pasar ilegal seperti spoofing dan pencucian perdagangan.

Pada saat pers, belum dikonfirmasi apakah kontrak berjangka BTC akan didukung uang tunai, atau secara fisik diselesaikan (yaitu dengan pengembalian yang dibayarkan dalam BTC daripada mata uang fiat).

Seperti yang diberitakan, VanEck saat ini sedang menunggu keputusan akhir dari regulator sekuritas untuk dana exchange traded funds (ETF) yang didukung secara fisik bersama dengan perangkat lunak blockchain dan perusahaan jasa keuangan SolidX.