Wirex Mendapatkan Lisensi E-Money Dari FCA

Regulator keuangan Inggris, Financial Conduct Authority (FCA), baru memberikan lisensi e-money yang ketiganya hingga saat ini. Kali ini, penerima lisensi terbarunya adalah perusahaan kripto Wirex, yang memproduksi kartu debit prabayar untuk mengubah crypto menjadi fiat, sedangkan Coinbase telah menerima lisensinya lebih dahulu pada bulan Maret.

Coinbase diacungi jempol dari FCA karena tidak seperti lisensi Wirex, yang tidak berhubungan dengan transaksi mata uang digital. Hal ini memungkinkan akses perusahaan crypto ke sistem pembayaran menjadi lebih cepat di Inggris, meskipun ini masih belum tersedia untuk sebagian besar pengguna dalam mentransfer dana ke UK Banks dari Coinbase menggunakan euro.

Namun, banyak klien yang tertarik untuk mendaftar ke platform seperti Coinbase, meski proses verifikasi yang dilalui sangat panjang hingga harus menunggu beberapa minggu sebelum bank dapat diverifikasi dan ditautkan untuk pembayaran.

Fintech FCA Inggris didirikan bersamaan dengan program pemberian lisensi pada awal tahun dan kemudian diperbarui untuk menyertakan dua perusahaan crypto Inggris Globacap dan BlockEx, saat ini Globacap dan BlockEx mengembangkan aplikasi blockchain mereka untuk layanan keuangan. Meskipun pengawas proaktif dalam memberikan peluang bagi perusahaan crypto baru di Inggris yang mengembangkan dan beroperasi di Inggris secara global, dengan USD 40 dari perusahaan sandbox terbaru yang terkait dengan blockchain, dan saat ini otoritas inggris masih memberikan peringatan kepada publik mengenai penipuan crypto.

Sebuah peringatan dikeluarkan minggu lalu oleh FCA mengenai penipu yang terkait kripto, banyak yang telah menargetkan tokoh-tokoh terkenal seperti Amstrad Boss dan Apprentice menjadi tuan rumah Sir Allen Sugar dan tokoh media Inggris lainnya.

Upaya yang dilakukan oleh pengawas keuangan Inggris dan kolaborasinya dengan cabang-cabang pemerintah menunjukkan bahwa Inggris akan menjadi pemain penting dalam gerakan global untuk menciptakan kerangka regulasi industri dan inovasi bisnis.