7 Bahaya Mengintai Kamu yang Sering Terjebak Macet

Menyaksikan kemacetan di Jakarta memang tak ada habisnya. Kota yang boleh dibilang berdetak sepanjang hari, dari siang hingga malam menjemput. Ada adagium yang berbunyi hidup orang Jakarta, lebih banyak dihabiskan di jalan dalam kemacetan.

Bagi masyarakat yang hidup di kota-kota besar terutama Jakarta, macet menjadi momok yang tidak bisa dihindari. Hal ini terjadi karena tingginya aktivitas masyarakat. Semua orang ingin cepat sampai di tujuannya karena urusan bisnis, tetapi jumlah pengguna kendaraan semakin banyak, namun tidak diimbangi penambahan kapasitas jalan.

Akhirnya, jalan menjadi sesak dan menimbulkan kemacetan. Tetapi tahukah Anda bahwa kemacetan berbahaya untuk tubuh kita?

Adapun beberapa bahaya yang mengintai orang yang sering terjebak macet adalah sebagai berikut :


1. Postur Tubuh Tidak Normal

Karena terlalu lama duduk di dalam mobil membuat punggung menjadi nyeri di persendian. Posisi duduk yang tidak sesuai dan tidak nyaman. Apabila hal ini terjadi terus-menerus setiap hari akan membuat postur tubuh menjadi tidak normal. Seperti gangguan pada tulang belakang akibat terlalu lama duduk.

2. Sakit Pada Pergelangan Kaki dan Lutut

Hal ini dikarenakan saat macet, pengemudi harus melakukan gerakan menginjak pedal gas, pedal rem, ataupun pedal kopling berkali-kali.

3. Gangguan pernapasan

Saat kita sering terjebak macet maka banyak polutan yang kita hirup. Karena saat macet terjadi, maka berbagai polutan kendaraan bermotor akan berkumpul di satu titik tertentu. Dan ini membuat banyak resiko kesehatan bagi pengemudi yang terjebak didalamnya.

4. Tekanan Darah Tinggi

Hal ini disebabkan karena kondisi badan kita sudah terlalu lelah karena aktivitas sehari-hari, sehingga saat kita terjebak kemacetan membuat kita merasa emosi. Jika hal seperti itu berlangsung secara terus menerus akan membuat tekanan darah tinggi.

5. Serangan Jantung

Karena stres dengan kondisi kemacetan membuat aliran darah tidak berjalan lancar. Akibatnya pemasokan darah menuju jantung menjadi terhambat. Hal ini membuat kita sulit bernapas dan sakit atau nyeri di bagian dada.

6. Stroke

Dari sebuah studi yang dilakukan oleh Auckland University of Technology menyebutkan pada saat tubuh kita menghirup partikel udara yang terkontaminasi asap kendaraan akan menyebabkan aliran darah terhambat yang akan memicu stroke.

7. Kelahiran Prematur

Tidak baik bagi seoran wanita hamil sering terjebak kemacetan di jalan. Karena asap polutan udara yang terkontaminasi kendaraan bisa bersifat karsinogenik yang bisa menyebabkan kelahiran prematur.


Demikian 7 bahaya yang siap mengintai kamu yang kerap terjebak macet, bahkan hampir setiap hari. Semoga bermanfaat dan menambah kemauan kita untuk tetap menjaga kesehatan fisik dan mental. Karena pada dasarnya, kelelahan yang diderita dalam kemacetan berimbas secara fisik dan mental.

Like what you read? Give DiPtra a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.