Tentang Asian Kung-Fu Generation

Asian Kung-Fu Generation mungkin tidak dikenal luas oleh kebanyakan orang Indonesia. Namun bagi penggemar anime, pasti pernah mendengar nama grup band asal Jepang ini. Bila tak tahu, minimal pernah mendengar soundtrack opening ataupun closing dari beberapa anime terkenal seperti Naruto ataupun Full Metal Alchemist.

Saya mulai tertarik mencari tahu lebih lanjut lagu-lagu lain milik Asian Kung-Fu Generation setelah mendengar lagu Rewrite yang menjadi soundtrack opening anime Full Metal Alchemist. Karena durasi waktu soundtrack opening anime rata-rata hanya 1,5 menit, maka lagu aslinya otomatis dipotong oleh pembuat anime.

Karena sudah terlanjur suka dengan lagu Rewrite karya Asian Kung-Fu Generation, maka saya berburu lagu ini di warnet dekat rumah. Browsing sebentar di mesin pencari, langsung ketemu lagu yang saya cari.

Yaah tahun itu sekitar 2005 atau 2006-an, kecepatan download internet di bawah 10kbps, menyedihkan. Ukuran lagu 5 MB bisa menghabiskan waktu 10 menit sendiri bahkan lebih. Belum lagi kalau koneksi tidak stabil, hadeeuh, download bisa dimulai dari awal jika putus koneksi di tengah jalan.

Nah, sambil menanti hasil download lagu selesai, saya biasanya iseng buka-buka folder file pengguna sebelumnya yang ada di warnet. Beruntung saya mendapati beberapa lagu Asian Kung-Fu Generation yang lainnya. Saat itu saya belum tahu kalau lagu-lagu yang ada di folder itu berasal dari album Sol-Fa yang lahir tahun 2004. Ada lagu New World, Siren, Mayonaka Mahiru no Yume dan beberapa lagu lainnya, namun tidak lengkap satu album. Kualitas lagunya pun bit rate-nya cukup rendah, tapi langsung cocok ketika mendengarkannya kali pertama.

Dari seluruh album yang pernah dilahirkan oleh Asian Kung-Fu Generation, Sol-Fa adalah album favorit saya. Dari keduabelas track lagu yang disuguhkan, semuanya enak. Lumayan sebagai refreshing dari lagu-lagu L’Arc~en~Ciel yang kerap saya dengarkan.

Tebentuk sejak 20 tahun lalu, Asian Kung-Fu Generation tidak banyak berubah. Walaupun pada album-album di tahun 2010 ke atas saya sudah kurang mengkuti perkembangannya lagi secara seksama, saya tetap menikmati musik yang dihadirkan Asian Kung-Fu Generation.

Hal lain yang membuat saya suka dengan Asian Kung-Fu Generation adalah mereka orangnya gokil-gokil. Sering saya dapati video klip milik mereka menghadirkan kekonyolan-kekonyolan. Nah, pada tulisan kali ini saya mengumpulkan beberapa video klip yang pernah mereka rilis. Untunglah video klipnya banyak ditemui di Youtube. Berikut ini beberapa video klip yang bisa saya kumpulkan..

  1. Kimi No Machi Made (To Your Town)
  2. Loop & Loop
  3. Blackout
  4. Blue Train
  5. Living in The Now
  6. Haruka Kanata
  7. Fujisawa Loser
  8. After Dark
  9. Kaigan Doori
  10. Rolling Stone

1. Kimi No Machi Made (To Your Town)

Ini salah satu video klip paling konyol milik Asian Kung-Fu Generation. Adegan paling absurd adalah ketika atlet senam air diculik oleh udang raksasa. Kemudian gaya para personel Asian Kung-Fu Generation yang berlagak menjadi juri juga lucu. Diiringi lagu Kimi No Machi Made yang easy listening jadi semakin asik melihat video klip ini.

Di halaman selanjutnya ada video klip Loop & Loop.

2. Loop & Loop

Video klip Loop & Loop in saya kurang faham apa maksudnya. Sepertinya sih menggambarkan para personel Asian Kung-Fu Generation semasa duduk di bangku sekolah.

Adegan yang lumayan lucu ketika mereka berjoget ga jelas di tengah-tengah jeda lagu. Pada halaman selanjutnya ada Video Klip Blackout

3. Blackout

Ini video klip juga agak kurang jelas, menunjukkan sisi keabsurdan Asian Kung-Fu Generation. Ada adegan tarian pole dance di tengah sebuah klub striptease. Karena judulanya Blackout, maka di video klip ini digambarkan kepanikan orang-orang yang dikejar oleh blackhole. Penyajian video klip ini terbilang unik karena menggunakan sudut pandang rekaman CCTV. Akhirnya semua orang hilang ditelan blackhole.

Selanjutnya ada Video Klip Blue Train yang cukup unik.

4. Blue Train

Intro lagu ini sangat keren sekali. Mengimitasi bunyi-bunyian kereta dengan alat musik. Video klipnya tergolong unik. Saya kurang tau apa nama teknik shooting yang digunakan, pada beberapa scene ada adegan yang menjadikan lantai seolah-olah menjadi tembok. Jadi bisa mengilustrasikan personel Asian Kung-Fu Generation seolah-olah sedang terbang, padahal lagi nempel di lantai.

Ada video klip Living in The Now setelah ini..

5. Living in The Now

Mengisahkah kehidupan sehari-hari sekumpulan mahasiswa tengil. Mulai dari bangun tidur, kuliah, nongkrong godain cewek dan nggedhabrush hingga larut di kamar beramai-ramai sampai dimarahin bapak kost. Kalau mendengarkan lagu ini bawaanya bikin semangat, karena dibawakan dengan nada ceria.

Selanjutnya ada Haruka Kanata, opening anime Naruto…

6. Haruka Kanata

Ini lagu Asian Kung-Fu Generation pertama yang saya kenal. Pertama kali dengar, lagu ini aneh banget rasanya. Video klipnya sendiri agak-agak kurang jelas. Lagi ngeband di reruntuhan kamar. Mungkin karena ini video klip debut mereka, sehingga budgetnya lumayan minim.

Ada Fujisawa Loser di halaman 7…

7. Fujisawa Loser

Lagu ini merupakan single yang terdapat di album Surf Bungaku Kamakura. Judul track lagu yang ada di album ini mengandung nama-nama tempat pemberhentian di sepanjang jalur KRL (Kereta Listrik) Enoshima di Kanagawa Jepang. Jalur KRL Enoshima dimulai dari Fujisawa dan berakhir di Kamakura.

Video Klip ini menampilkan metafora kerasnya perjuangan jenjang karir, baik sebagai pekerja kantoran ataupun pekerja lepas yang dibaratkan sebagai anak band. Ending video klip ini lucu banget, karena rumah mewah dan wanita cantik yang dijadikan tujuan oleh kedua tokoh yang menjadi metafora, hilang dan kabur ketika pencapaiannya tinggal satu rengkuhan tangan.

Video klip ini meraih penghargaan video klip dengan konsep terbaik pada ajang Space Shower Music Video Awards tahun 2009.

yaaay akhirnya sampai pada video klip After Dark setelah ini..

8. After Dark

Dari kekuatan lagu dan konsep video klip, ini salah satu lagu Asian Kung-Fu Generation favorit saya. Berkisah tentang kehidupan seorang karyawan kantoran di Jepang. Dia memiliki kelainan, yaitu memiliki sepasang sayap di punggungnya. Rupanya, sang tokoh dalam video klip tidak menyukai kelainan yang dia alami. Berusaha mati-matian untuk menyembunyikan sepasang sayapnya. Di akhir video klip, justru sayap yang dia miliki adalah sebuah berkah..

Selanjutnyaa adalah video paling menarik dari Asian Kung-Fu Generation

9. Kaigan Doori

Aaah yang satu ini bukan video klip, tapi pertunjukan konser mereka di Budokan, Jepang tahun 2005. Konser ini terangkum dalam album video DVD Eizo Sakushin Shu volume 2. Potongan lagu Kaigan Doori di konser ini yang paling saya suka, selain perpaduan orkestrasi yang cantik, makna lagu ini sangat dalam. Selamat menonton :)

Terakhir ada lagu Rolling Stone

10. Rolling Stone

Video terakhir berjudul Rolling Stone. Lagu ini masuk ke dalam album Feedback File 2, yaitu album kumpulan lagu pendamping yang menyertai sebuah single ketika diluncurkan. Video klip ini menampilkan suasana audisi pengganti Masafumi Gotoh, sang vokalis.

Di awal video klip ini ditampilkan siluet Asian Kung-Fu Generation sedang memainkan lagu Rolling Stone, namun ketika diperjelas ternyata sang vokalisnya gadungan. Masafumi Gotoh entah hilang kemana. Rupanya, Gotoh sedang menyepi di warung mie, playgorund dan berbagai spot lainnya.

Mengingat tahun 2014 Masafumi Gotoh mengeluarkan album solo Can’t be Forever Young, mungkin video klip ini sebagai informasi jika Gotoh hiatus sejenak dari Asian Kung-Fu Generation.

Kembali ke video klip Rolling Stone, konsep video ini cukup lucu dengan hadirnya wajah-wajah juri audisi yang menyebalkan. Mirip dengan gaya menyebalkan juri audisi pencarian bakat di televisi.


Hmm sebenarnya masih banyak video klip Asian Kung-Fu Generation lainnya. Namun hanya saya tampilkan 10 saja. Karena capek juga kalau harus menampilkan kesemua video klip Asian Kung-Fu Generation. :D

Sebelum menggemari karya-karya Asian Kung-Fu Generation, saya terlebih dahulu menggemari lagu-lagu L’Arc~an~Ciel, seperti yang sudah saya singgung di awal tulisan. Pada video klip L’Arc~en~Ciel kebanyakan monoton dengan personel yang lagi nyanyi sambil joget-joget.

Melihat ragam konsep video klip yang disuguhkan oleh Asian Kung-Fu Generation, selain mendengarkan musik yang enak, juga disuguhkan tampilan visual yang out of the box.

Sekian, semoga posting-an kali ini menghibur..

salam..
 dia yang merasa mirip Masafumi Gotoh


Originally published at DiPtra.