Tentang Blogwalking

Baru-baru ini saja saya lumayan rajin blogwalking. Mengunjungi lapak blogger lain walau tidak setiap hari. Membaca dan memberikan sepatah dua patah kata sebagai bentuk interaksi dan apresiasi yang bisa menambah keakraban antar sesama blogger.

Sebelumnya hadeeeh, jangankan blogwalking, meng-update konten saja rasanya males banget. Tergantung mood dan waktu sisa senggang yang tersedia. Kemudian ketika perasaan sepi menyergap, maksudnya blog sepi pengunjung saya mulai merasa naif. Semacam terkesan menjadi blogger songong. Maunya nulis ajah tapi ga mau menyapa penghuni blogsphere lain.

Lantas ngapain blogwalking..? kan kalo sekedar memberikan komentar dan menyapa bisa dilakukan via facebook, twitter, path, friendster dan MiRC..? ahheemm iya juga sih, bisa tetap berinteraksi dengan menggunakan platform media sosial yang beken-beken itu.

Tapi blogwalking itu terasa berbeda, ada something special gitu dah. Apalagi ketika melihat design layout blog yang kece-kece. Model-model posting yang unik macam blognya Oom Manja Cumi Lebay juga menjadi daya tarik sendiri. Lebih daripada itu, berdasarkan pengalaman pribadi, saya mendapati 3 manfaat selama melakukan aktifitas blogwalking. Apa sajakah itu..? hmm simak di posting-an esok hari yaa, halah.. sekarang aja deh..


3 Manfaat Blogwalking versi DiPtra.com

  1. Menambah Jaringan Perteman
     
    Haduuuh-haduuh ini alasan klise sekali. Tapi ya emang benar dengan blogwalking bakal menambah jaringan pertemanan. Jadi kalo di Facebook atau Twitter kamu ketemu dengan orang-orang yang itu saja, maka kamu mendapat bahasan dan lingkup pemikiran yang itu-itu saja.Dengan bertambahnya jaringan pertemanan bisa menambah kapasitas pengetahuan dan sudut pandang yang baru. Bahkan saat ini informasi pekerjaan job review untuk blogger bisa didapat dari komunitas-komunitas blogger.
  2. Menanam Backlink
     
    Salah satu teknik SEO yang pernah saya pelajari membahas tentang backlink. Secara sederhana backlink adalah url link blog atau artikel kita yang tersemat di web atau blog orang lain.Nah di form komentar kan ada isian url blog atau web, maka url itulah yang nantinya bakal menjadi backlink menuju blog kita. Lantas menanam backlink di blog orang lain apa ada gunannya..? Hmm entahlah, tapi para praktisi SEO berpendapat backlink akan meningkatkan score blog kita di mesin pencari.
  3. Yaa itung-itung sillaturrahiim dapet bonus backlink. Toh ga ada ruginya kan hmm..
  4. Bahan Segar Tulisan
     Maksudnya dengan membaca artikel blogger lain, saya tak hanya mendapatkan informasi baru atau sudut pandang baru terhadap suatu hal. Namun, sering kali saya juga mendapatkan ide untuk tulisan di blog sendiri.Mengenai jenis atau niche blog apa yang sebaiknya dikunjungi, saya sendiri tak ada patokan khusus. Bergantung kebutuhan sedang ingin menuliskan tentang apa. Jika ingin menuliskan tentang minimalism maka saya akan mampir ke blog Joshua Becker, TheMinimalists, Leo Babauta, Courtney Carver dan sebagainya. Sebagian ada yang blogger yang saya sebut di atas tidak menyediakan kolom komentar di blognya.
     Untuk blog-blog dalam negeri, saya cukup mengandalkan apliaksi wordpress untuk membaca update tulisan rekan-rekan sesama blogger. Tidak semua tulisan saya jelajahi, yang sesuai minat saja. Misal tulisan yang membahas kosmetik atau kecantikan yaa dengan sigap saya skip haha….

Baiklah rupanya saya hanya mampu mengekstrak 3 manfaat ketika melakukan aktifitas blogwalking. Yaah apalah daya baru beberapa bulan ini saya aktif melakukan blogwalking.

Ahh iya, satu hal yang menarik dari aktifitas blogwalking yang saya lakukan adalah konsumsi waktu yang saya habiskan lebih sedikit daripada ketika mang-scroll newsfeed Facebook ataupun timeline Twitter, namun kepuasan yang dihasilkan lebih terasa pada aktifitas blogwalking.

Jadi apakah kamu sudah mendapatkan manfaat ketika melakukan aktifitas blogwalking..? atau ada manfaat lain yang kamu dapatkan yang berbeda dari 3 hal yang saya sebutkan di atas..?

salam..
 dia yang sedang mencoba rutin blogwalking


Originally published at DiPtra.

Show your support

Clapping shows how much you appreciated DiPtra’s story.