Wordpress.com for Google Docs

Ini adalah sebentuk percobaan menulis untuk Wordpress via Google Docs. Tulisan kali ini akan diterapkan ke situs diptra.com. Setelah dapat informasi dari Matt Mullenweg bahwa Automattic membuat add-ons untuk melakukan posting melalui Google Docs.

Well mari kita coba save as draft di Wordpress. Apakah nantinya text editor WordPress akan native di Google Docs atau akan dibuat integrated seperti halnya Ghost atau Medium. Hmm entahlah saya penasaran dan sangat tertarik akan hal ini.

Lebih kurang seperti di atas tampilan add ons Wordpress untuk Googe Docs. Judul dokumen akan menjadi judul artikel pada Wordpress. Sampai saat ini hanya tersedia opsi Save Draft dan Update Draft, dan Preview tampilan tulisan di halaman blog.

Add ons dari Wordpress ini sangat cocok untuk menulis konten secara kolaboratif. File pun bisa disimpan di Google Drive. Selain itu, format tulisan untuk Wordpress yang sudah kita buat di Google Docs bisa disimpan dalam berbagai format seperti pdf, docx, rtf dan lain sebagainya. Sangat menarik.

Lalu, bagaimana cara untuk mengaktifkan Wordpress add ons for Google Docs..? klik saja tautan berikut ini untuk mengaktifkan add ons, Wordpress.com for Google Docs. Add ons ini baru bisa berjalan dengan browser Google Chrome.

Untuk tutorial lebih lanjut mengenai add-ons Wordpress.com for Google Docs bisa merujuk pada sumber aslinya, Introducing WordPress.com for Google Docs: A New Way Forward for Collaborative Editing.

Sekian, semoga bermanfaat.

Salam..
 DiPtra


Originally published at DiPtra.