4 Cara Mengatakan Tidak Tanpa Merasa Bersalah

Mengatakan tidak atau menolak terhadap sesuatu bisa jadi merupakan hal yang sulit untuk sebagian orang. Tapi Divideas punya beberapa cara yang bisa dilakukan saat kita ingin menolak atau berkata tidak untuk sesuatu tanpa merasa bersalah.


Tahu kenapa kita berkata tidak

Pertama, kita tentu harus tahu alasan kenapa kita ingin menolak atau mengatakan tidak terhadap suatu tawaran. Bisa jadi karena kita tidak nyaman, tidak suka melakukan hal yang diminta atau mungkin karena kita tidak bisa melakukannya. Oleh karena itu, kita harus tahu apa yang menjadi prioritas dalam hidup kita. Seperti teman, kegiatan atau acara yang akan kita hadiri. Contoh, jika ada seorang teman yang meminta kita untuk nongkrong dan menghabiskan waktu sementara kita tahu ada pekerjaan yang harus segera diselesaikan, kita harus tahu apa yang menjadi prioritas, apakah menerima ajakan teman karena merasa tidak enak jika menolak atau menyelesaikan pekerjaan yang merupakan kewajiban kita. Jika kita sudah bisa mengetahui apa yang menjadi prioritas dalam hidup kita maka tidak akan sulit untuk menolak ajakan teman tersebut, dan tentunya kita tidak akan lagi merasa bersalah sudah menolak tawaran tersebut karena kita mempunyai alasan yang kuat.

Sumber foto : pexel.com.

Berikan Pilihan Lain

Jika kita memang tipe orang yang sangat tidak bisa berkata tidak, maka kita bisa memberikan pilihan terhadap suatu tawaran yang diberikan alih-alih menolak secara langsung. Misalnya, jika seseorang meminta bantuan kita saat itu juga, beritahu mereka kenapa saat itu kita tidak bisa membantunya. Dan jangan lupa tanyakan kepada mereka kapan kita bisa membantu mereka dilain waktu. Jika kita beruntung, mungkin mereka sudah tak memerlukan lagi bantuan kita di kemudian hari. Tetapi jika mereka menagih tawaran anda suatu hari nanti, usahakan untuk menepatinya agar hubungan pertemanan anda tetap terjaga dengan baik.

Sumber foto : pexels.com.

Hargai permintaan mereka

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menolak seseorang dengan halus adalah mencoba mengerti situasi mereka. Katakan bahwa kita mengerti akan permintaan mereka dan menghargai mereka untuk meminta pertolongan kita dan jangan lupa untuk katakan alasan kenapa kita menolak permintaan tersebut. Untuk membuatnya lebih baik, kita bisa mendoakan semoga semua urusan mereka bejalan lancar untuk meminimalisir rasa sakit hati karena permintaan mereka ditolak. Jika suasana menjadi kaku, kita bisa membahas topik lain untuk mencairkan suasana. Ingat jangan langsung menyudahi percakapan yaa.

Sumber foto : pexels.com.

Jangan bertele-tele

Salah satu yang membuat kita sulit menolak permintaan seseorang adalah karena kita mengulur waktu dengan berbasa-basi membahas sesuatu yang tidak penting padahal kita sudah tahu kita ingin menolak permintaan tersebut. Kuncinya adalah jangan bertele-tele dan langsung utarakan pikiran kita jika memang permintaan tersebut dirasakan tidak bisa kita penuhi. Jangan sampai orang yang meminta bantuan kita merasa kita sudah tertarik untuk menolong mereka sehingga membuat mereka berharap kita akan menolongnya.

Sumber foto : pexels.com.

Sekali lagi kunci dari semua ini adalah kita harus tau prioritas kita dan terkadang kita harus memikirkan diri sendiri terlebih dahulu. Jangan sampai rasa bersalah membuatmu tidak bersungguh-sungguh saat melakukan sesuatu apalagi disaat harus menolong orang lain. Berkata tidak untuk sesuatu tidak selalu buruk, tetapi itu juga bukan alasan untuk selalu menghindar saat dimintai bantuan. Ingat, kita juga pasti akan membutuhkan pertolongan teman atau keluarga suatu saat nanti. Semoga kamu bisa mengatakan tidak diwaktu yang tepat ya Sobat Divideas.


Artikel ini telah di-publish pada tanggal 1 Juli 2018 di Divideas.