Ada yang Baru di Yarn (Package Manager Node Js)

Dias MA
2 min readMay 2, 2023

--

Yarn Logo

Balik lagi di dias ma chanel kuy.

disini saya coba pakai yarn, minggu lalu saya coba buat-buat project buat belajar typescript ini di express, dan karena udah sering buat project node pakek npm saya mau coba pakai yang nggak biasa yaitu ganti package manager ke yarn.

setelah saya coba kunjungi di web official yarn di https://yarnpkg.com/getting-started eh ternyata banyak yang baru dengan yarn. Beberapa perubahan yang menonjol menurut saya adalah sebagai berikut:

1. Yarn Nggak Pakai Node Modules Lagi

ya betul sekarang yarn nggak pakai node modules lagi untuk versi ketika saya buat artikel ini yaitu 3.5. Sebagai gantinya yarn pakai yang namanya folder “.cache” nah didalamnya .cache ini ada library atau package yang kita tambahkan tapi bukan berupa source code melainkan pake file .zip didalamnya.

2. Fitur Zero Install

yarn memperkenalkan fitur zero install, dimana package library yang terpasang di project kita bisa ikut di upload ke repository. Dengan Fitur Zero Install ini developer tidak perlu melakukan yarn install setiap melakukan clone project dari repository. Dari website official yang saya baca adanya fitur ini adalah untuk solusi ketika jaringan internet bermasalah atau library package yang digunakan dalam project sudah depreceated dan tidak ada.

The offline cache is a feature that allows Yarn to work just fine even should the network go down for any reason — whether it’s because your employer didn’t pay the utility bill or because the place where your packages are hosted becomes unavailable.

3. Fitur Yarn Plug’n’Play

Fitur yarn plug N play ini adalah fitur penggantian node modules menjadi cache seperti yang saya tuliskan sebelumnya. Fitur Yarn Plug N Play yang menggantikan node modules ini dinilai oleh yarn lebih cepat dalam melakukan perintah yarn install bisa dibaca langsung disini https://yarnpkg.com/features/pnp. Pembenahan yang dilakukan yarn disini adalah pengurangan looping pengecekan library dan membuat proses lebih cepat karena file library diambil dan dituliksan dalam satu file zip.

4. Yarn Plugin

Yarn sekarang menyediakan beberapa plugin diantaranya adalah plugin typescript, constraint, exec dan lainnya. list dapat dilihat di link berikut https://yarnpkg.com/features/plugins. plugin yang sudah saya coba adalah typescript, dalam plugin ini memudahkan kita ketika project node js kita menggunakan typescript. Biasanya kita di typescript ketika menginstall library harus menginstall juga @types dari library yang diinstall. Dengan menggunakan plugin typescript kita tidak perlu menginstall sendiri types dari library yang diperlukan karena yarn akan otomatis menginstallkan untuk kita gunakan. Nice Banget Nggak Tuh :)

Itulah beberapa Fitur Baru dari Yarn Package Manager dari Node JS yang bisa saya bahas dalam artikel ini. Semoga Bisa Membantu Temen-temen

#programming

--

--