Taxi Drone — Frogs 282

Masih seputar topik yang sama dengan tulisan saya sebelumnya, yaitu bercerita soal startup startup di lingkungan Inkubator Amikom. Kali ini saya akan sedikit bercerita terkait Taxi Drone Frogs.

Image for post
Image for post
Uji Coba Frogs di Lanud Gading

Mungkin anda sudah cukup familiar dengan alat transportasi udara seperti pesawat maupun helicopter. Namun startup asal Jogja bernama Frogs ini mengusung konsep yang berbeda, Drone yang saat ini umumnya digunakan untuk alat survey dan photography mereka kembangkan menjadi sebuah drone penumpang yang ditujukan untuk mengatasi masalah transportasi dimasa depan.

Cikal bakal Frogs sendiri lahir di Ruang Meeting Inkubator Amikom Business Park pada awal tahun 2017. Saat itu ada seorang Angel Investor yang kebetulan datang ke kantor Inkubator Amikom Business Park untuk melihat startup-startup yang potensial. Singkat secerita tak lama setelah pertemuan itu, terjalin kerjasama untuk mengembangkan project ambisius yaitu pengembangan Drone Passenger, yang akhirnya di kasih nama Frogs 282.

Taxi drone ini di klaim menjadi drone penumpang pertama buatan Indonesia, Frogs ini diuji coba untuk pertama kalinya di Lapangan Udara Gading, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (7/3/2020).

Meskipun perjalanan untuk mendapatkan izin terbang komersil dari taxi drone ini masih sangat panjang. Namun tim Frogs optimis bahwa bisnis drone merupakan bisnis yang menjanjikan dimasa depan. Saat ini selain melakukan research pengembangan Taxi Drone, mereka juga membuat drone drone lainnya seperti drone surveillance dan drone sprayer yang saat ini memang sudah bisa diterima dipasar.

Perusahaan Frogs Indonesia terdiri dari sekitar 20 orang pekerja yang 100% berkewarganegaraan Indonesia, ini menunjukkan bahwa kemampuan orang-orang Indonesia tidak kalah dengan orang-orang di luar negeri. Drone Passenger Frogs menjadi bukti nyata anak anak muda Indonesia bisa berhasil menghasilkan karya yang tak kalah dengan karya orang luar negeri.

Dengan support system yang tepat, karya-karya spektakuler bisa lahir dari Indonesia, dalam hal ini khususnya Yogyakarta. Inkubator Amikom Business Park merupakan salah satu part dari support system tersebut dimana memiliki peran yang sangat penting untuk membina startup di tahapan early stage sebelum akhirnya di hubungkan ke Angel Investor maupun Venture Capital.

Written by

Startup Ecosystem Player | CEO PT. Jendela Digital Indonesia | Director at ABP Incubator | Regional Head at UMG Idealab (C.V.Capital) | donni.official@gmail.com

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store