Struktur Bakteri : Pengertian, Ciri, dan Bentuk Jenisnya

Mat Bantol
Jul 13 · 2 min read

Pengertian Bakteri Adalah

Bakteri merupakan organisme bersel tunggal mikroskopis yang tumbuh subur di lingkungan yang beragam. Mereka dapat hidup di dalam tanah, lautan, dan bahkan hidup di usus manusia. Hubungan bakteri dengan manusia sangat komplek. Karena terkadang keduanya saling membantu, dengan mengentalkan susu menjadi yogurt, atau membantu pencernaan kita. Dilain waktu, bakteri juga dapat merusak yang dapat menyebabkan penyakit seperti pneumonia dan MRSA.

Artikel Lainnya : Ciri Protozoa : Pengertian, Bentuk, Habitat dan Cara Reproduksi

Artikel Lainnya : Pengertian, Ruang Lingkup Fisiologi Dalam Biologi Beserta Fungsinya

Ciri — ciri

  • Tidak memiliki membran inti dan bersel satu
  • Pada umumnya bakteri berukuran 0,5 um dan ada juga yang dapat berukuran lebih dari itu yaitu sekitar 10–100 um. Contoh bakteri yang berukuran besar adalah epulopiscium fishelsoni yang berukuran kurang lebih 0,5 mm, dan thiomargarita yang berukuran kurang lebih 0,75 mm, dengan bakteri yang berukuran kecil adalah mycoplasma kurang lebih sebesar 0,12 um.
  • Struktur Bakteri : Pengertian, Klasifikasi, Ciri, Bentuk dan Jenisnya
  • Umumnya tidak berklorofil.
    Bentuk selnya bervariasi seperti basil/batang, kokus/bola. Spirium/spiral, kokobasil/ bulat dan batang, dan vibrio seperti tanda baca koma.

Berdasarkan Bentuk

Pada tahun 1872 ilmu Cobaan mengklasifikasikan bakteri menjadi 4 jenis utama tergantung pada bentuknya adalah sebagai berikut:

  • Cocci, jenis bakteri ini berbentuk uniseluler, bulat atau elips. Kemungkinan mereka dapat tetap sebagai sel tunggal atau dapat berkumpul bersama. Mereka adalah sebagai berikut :
  1. Monococcus: mereka disebut micrococcus dan diwakili oleh sel bulat tunggal. Contohnya Micrococcus flavus
  2. Diplococcus: sel diplococcus terbagi menjadi bidang tertentu dan setelah pembelahan, sel-sel tetap melekat satu sama lain. Contoh: Diplococcus pneumonia
  3. Streptococcuss: disini sel membelah berulang kali dalam satu bidang untuk membentuk rantai sel. Contoh Streptokokus pyogenes.
  4. Tetracoccus: ini terdiri dari empat sel bundar, yang menantang dalam dua bidang pada sudut yang tepat satu sama lain. Contoh: Grafik nya tetragena
Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade