It’s Almost Done Part 1

Mampir Aja Dulu
3 min readOct 8, 2019

--

Sudah enam bulan terakhir sejak gue kena diagnosis dokter adanya tumor di liver. Jelas kaget saat denger ucapan itu dari ahlinya, karena perasaan perut emang gak kenapa-kenapa, kok ujug-ujug bisa kena tumor ki loh.

Selepas lebaran Idul Fitri 2019, Juni lalu emang sih perut terasa mual. Saking mualnya buat makan atau minum kadang perih banget! Pernah kena tusukan jarum pentul yang buat jahit itu? Nah! rasanya sama cuma ini di dalam perut yang gak bisa dilihat pun dikasih handsaplast layaknya jari yang kena jarum.

Saking gak enaknya nih perut, gue cuma bisa memperkirakan “alah ini biasa paling yo lagi mules apa salah makan aja.” Tapi, kok rasanya aneh juga rasa perih di perut ini kok lama banget, padahal ya udah minum norit dan kasih minyak kayu putih juga.

Akhirnya gue pun bilang ke nyokap, kalau perih ini udah gak bisa ditoleransi. Kita pun berangkat ke klinik deket rumah, yang emang waktu itu masih ada cuti tambahan. Setibanya di klinik, kita langsung tanya apa ada jadwal dokter kosong pas itu juga.

Ternyata pun ada, sayangnya waktu itu masih sebatas dokter umum yang bilang kalau gue terkena magh biasa. Iki aneh sumpah, bisa dibilang gue orangnya gak pernah gak lupa makan, bahkan bisa dibilang urusan makan gue selalu kebablasan alias kebanyakan. Ya setelah itu seperti biasa dikasih obat-obat ringan yang bisa ngilangin perihnya, sama dikasih saran buat banyak makan karbo dan buah.

Gue sama nyokap pun cuma mengiyakan karena waktu itu emang kita dateng ke klinik udah malam dan males aja buat tanya-tanya lebih lanjut. Apalagi nih dokter keliatannya udah capek banget, ya emang sih masih suasana lebaran mungkin pengen buru-buru pulang dan kumpul bareng keluarga gitu.

Tiga hari sudah gue rutin minum obat yang dikasih dokter sarannya pun gue lakuin banyak makan buah. Namun, kok ini sakitnya malah tambah banget yah saking sakitnya mau tidur pun gue gak bisa dan nangis malam-malam.

Dua hari sebelum jatah cuti habis dan kembali ke perantauan, gue sama nyokap kemudian periksa di salah satu rumah sakit Jogja yang katanya Internasional. Sebelumnya, nyokap sudah bikin janji dulu buat temu dokter bedah, yang semoga kali ini eman beneran ahlinya.

Kita pun berada di urutan kelima, sebelumnya ada empat orang lainnya yang mengantri kebanyakan sih orang tua yang usianya sekitar 30–40an. Dalam hati gue mikir “Buset dah ini kok gak ada anak muda yang punya sakit sama yah, biar ada temen sepantaran gitu”

Tibalah giliran gue, seperti layaknya orang periksa ke dokter, ditanya dulu nama siapa, usia, berat badan, dan keluhan. Mungkin besok kalau gue jadi dokter bakal ada pertanyaan tambahan “Pernah berbuat dosa apa aja selama ini, siap taubat?”

Pertanyaan terakhir tentang keluhannya apa, gue jawab gini “Perutnya sakit dok, gak tau buat nelen makanana apa minuman kok kayak ada yang nendang, berasa ditusuk jarum pentul,” Dokter pun nyuruh gue buat tidur di kasur dan suruh lepas baju. Karena gue malu adanya bulu dada yang lebat serta seksi ini, gue pun cuma lepas setengah baju.

Lanjutnya, dokter itu langsung neken perut gue pake tangannya yang dingin. Ada bagian yang diteken dokter itu terasa perih banget, dan gue pun langsung teriak ampun-ampun.

Setelah itu dokter suruh gue buat tes urine dan darah. Enggak hanya itu aja, Dokter juga nyaranin gue buat namanya pengecekan Biopsi. Katanya sih cepet operasinya gak nyampai satu jam. Katanya sih dengan pengecakan Biopsi bisa lebih cepet. Gue juga gak tahu secara detail apa itu Biopsi, kalian bisa cek Google aja yah.

Pengecekan Biopsi pun lancar dan emang cepet sih. Jadi si dokter itu kasih gue suntikan bius buat mati rasa dan emang bikin ngantuk sih itu. Kemudian, dokter pun bilang hasilnya bakal ketahuan paling cepet tiga-lima hari.

Tak lupa si dokter ngasih gue obat-obatan cair yang bisa ngurangin rasa sakit di perut dan nyuruh gue buat berhenti merokok. Gue heran kok nih dokter bisa tau gue perokok ya? hmmmm.

--

--

Mampir Aja Dulu

Gaes coba mampir dulu. Baca sebentar gitu sapa tau dapet ilmu baru.