Belajar Objects—Java

Apa itu Object?

Misalkan kita akan membuat sebuah game dan kita ingin menggambarkan di dalam game kita seperti pemain kita, musuh, penambahan kekuatan, dan hal permainan lainnya. Kita bisa menggunakan pengetahuan kita pada Java dan menyimpan informasi di Variable.

Jalan ini cukup membingungkan! Apakah weaponDamage untuk pemain kita atau untuk musuh? Sebagai gantinya, kita bisa membungkus atribut atau properti ke dalam sebuah Java object.

Objects, Instances, dan Classes

Classes mengijinkan kita untuk menyatukan kerumitan state dan behavior. Sebuah kelas state adalah berbagai macam properti dan atribut. Sebagai contoh, pikirkanlah tentang komputer mu. Kita bisa menggunakan variable untuk mewakili state pada komputer. Perwakilan state yang lebih formal disebut member variable sejak variable menjadi milik atau menjadi bagian dari class.

Semua variable ini mewakili state dari sebuah objek dan bisa berubah setelah membuat suatu instansi.

Sebuah class hanyalah sebuah rancangan dari instansi. Ini memberitahu Java bahwa state dan behavior berada dalam sebuah objek. Ketika kita membuat sebuah instansi, itu seperti membangun sesuatu dari cetak biru. Objek itu sama dengan instansi.

Berpikir untuk menciptakan sebuah instansi seperti mempunyai sebuah perusahaan yang membuat komputer. Di atas, perusahaan membuat dua komputer: myComputer dan yourComputer dari cetak biru class Computer. Tepat setelah kita membuatnya, mereka sama! Tapi itu bisa diubah segera.

Setelah kita membuat instansi, mereka bisa saja punya nilai yang berbeda untuk variable member nya.

Latihan!!

  1. Berapakah nilai dari myComputer.isCharging?

2.Berapakah nilai dari yourComputer.isCharging?

Member Variable

Member Variable adalah variable yang menjadi class. Itu mewakili state dari beberapa instance tertentu. Ketika kita membuat atau menetapkan sebuah class baru, setiap instansi memiliki semua member variable yang didefinisikan oleh class.

Ingat kembali ke contoh, setiap komputer datang dengan berbagai macam properti seperti CPU, RAM, warna, dll. Tapi setiap saat, beberapa properti bisa saja diganti untuk setiap instansi.

Prinsip yang sama bisa diterapkan pada Java: kelas hanya mendefinisikan cetak biru untuk sebuah instansi: state dan behavior. Semua state yang baru dibuat instansi adalah sama. Tapi, seperti yang kita ketahui pada kode kita, beberapa properti mungkin akan berganti di instansi yang lain.

Mulai, properti pada komputer kita adalah sama, tapi kita mengubahnya kemudian di kode dan mereka menjadi berbeda. Setiap instance mempunyai semua member variable yang di definisikan di dalam class.

Latihan!!

  1. Urutkanlah blok dibawah ini dengan benar dengan mengikuti instruksi, buatlah instansi baru dari kelas Computer dengan nama laptop.

2. Urutkan dengan benar dengan mengikuti instruksi, deklarasikan class dengan nama Car dengan String variable member dengan nama engineType.

Lengkapilah pernyataan dibawah ini dengan benar.

  1. Sebuah _______ adalah cetak biru untuk sebuah objek yang mewakili sebuah bungkusan dari state dan behavior.

Jawaban:_____________________________________

2. Tulis kembali dan urutkanlah kode dibawah ini dengan mengikuti instruksi

  • Buatlah instansi dari classComputer yang diapanggil dengan linuxLaptop
  • Ubahlah anggota variabelname menjadi “My Linux Laptop”
  • Ubahlah anggota variabelisCharging ke false .

Jawaban:____________________________________________________

2. Apakah operator yang digunakan untuk mengakses member variable dari instansi?

Jawaban:______________________________________________________