Sindikalisme: Sebuah Pengantar Singkat

Lalu di sanalah mereka; para kelas pekerja, yang bersama anarkisme memutuskan untuk bergerak menjadi sosok yang berdiri langsung berhadapan dengan korporasi melalui moda anti organisasi: Sindikalis.

Sindikalis merupakan sebuah organisasi pekerja khas para kaum anarkis. Sindikalis berdiri dan bekerja tanpa kepemimpinan yang hirarkis strutural sebagaimana serikat pekerja umumnya. Alur kordinasi dari sindikalis bersifat desentralisasi.

Sindikalis berlandaskan ekonomi, menentang sistim pengupahan yang meletakan nilai pekerja tak seharga kepentingan modal. Sindikalis bergerak dalam ruang ekonomi dan politik yang menjadikannya sebuah ancaman nyata bagi kapitalisme.

Sindikalis memainkan demokrasi dan aksi langsung, di antaranya; pemboikotan, pendudukan dan penguasaan pabrik. Sindikalis percaya kemampuan, fungsi dan keterikatan emosional para anggota pendukungnya.

Sindikalis adalah jiwa dan harapan akan bentuk nyata masyarakat masa depan serta turut aktif mempersiapkannya melalui pendidikan, pembangunan ke dalam dan ke mastarakat langsung. Bagaimana pun, aksi-aksi sindikalis tetaplah nyata dan dapat diukur.

Sindikalis menghubungkan serta sebagai pemutus langsung aspek ekonomi produksi dari kapitalisme. Sindikalis mendorong jauh bentuk negosiasi yang melemahkan gerakan pekerja.

Sindikalisme berkembang dari asosiasi-asosiasi yang membentuk konfederasi sebagai tatanan masyarakat masa depan yang mampu menggerakan produksi secara mandiri.

Secara singkat beberapa hal atau aksi yang biasa dilakukan dalam menggerakan sindikalisme adalah:

  • Mengorganisir tempat kerja
  • Mengorganisir masyarakat/komunitas terdekat
  • Aksi solidaritas: penggalangan dana, dsb
  • Berjejaring dengan asosiasi atau kelompok pekerja progresif revolusioner lainnya
  • Menggorganisir rapat publik untuk membahas isu yang hangat dan penting
  • Produksi dan distribusi materi-materi kampanye edukasi dan propaganda

Dengan prinsip solidaritas, sindikalis memahami betapa lemah individu di hadapan kuasa korporat — borjuasi. Namun, saat mereka merapat, akan berbeda dan berimbang.

Adalah aksi langsung sebagai kekuatan sindikalisme, praktik langsung yang mengembangkan dan menguji terus menerus teori-teori lebih jauh: sabotase, demonstrasi dan pemogokan.

Organisasi mandiri di mana tanpa sebuah sistim perwakilan, pekerja mengasah bagaimana mereka mengagendakan rapat massa, membangun kordinasi kolektif lokal secara desentralisasi dengan delegasi yang dapat disesuaikan kebutuhan, kepercayaan dan kemampuan.

kebebasan tanpa sosialisme adalah sepihak dan ketidakadilan pun sosialisme tanpa kebebasan adalah perbudakan dan kebrutalan ~Mikhail Bakunin

Ditulis Oleh: anakkopi