Belajar PHP Dasar

XAMPP adalah perangkat lunak bebas yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan campuran dari beberapa program yang mempunyai fungsi sebagai server yang bediri sendiri(localhost) yang terdiri dari program Apache, MySQL database, FileZilla, Mercury, Tomcat dan penerjemah ditulis dari bahasa pemrograman PHP dan Perl. Seperti Gambar dibawah ini saya menggunakan XAMPP 5.6.30

XAMPP 5.6.30

Pembelajaran kali ini akan membahas tentang dasar — dasar dari php, apa sih PHP itu? PHP: Hypertext Processor adalah bahasa server — side scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman web dinamis. Biasanya php dibuat pada notepad bawaan windows, namun untuk fitur yang lebih bisa menggunakan text editor yaitu Sublime atau Notepad++. Disini saya akan menggunakan sublime untuk text editornya.

1. Buka file index.php carilah di folder C:\xampp\htdocs\index.php

2. Jika sudah dibuka, jangan lupa bukanya dengan text editor yang disarankan seperti sublime, kemudian hapus(delete) isi dari file index.php atau kosongkan.

3. Pada index.php ketikan kode sebagai berikut:

<?php
?>

4. Kemudian pada xampp, klik tombol start pada Apache.

5. Setelah itu buka diweb browser ketikan alamat: localhost pada addres bar dan tekan enter. Maka akan muncul kosong, karena belum ada kode yang diketikan dalam php.

Menampilkan kosong

6. Selanjutnya kita akan belajar penulisan didalam php, ketikan kode seperti dibawah ini:

<?php
echo”Hello World!”;
?>

7. Savelah (ctrl+s), kembali buka web browser pada localhost.

Hello World!

Penulisan Variabel: pada setiap bahasa pemrograman pasti akan kita temui konsep variabel. diphp variabel dimulai dengan tanda dollar ($).contoh:

<?php
 $nama = “putu”;
 echo $nama;
?>

tampilan di web browser localhost:

Variabel PHP

Tipe Data: ada banyak tipe data diantaranya: integer, float, double, longint, char, string, boolean, array dan lain-lain.

tipe data integer, float, double, longint itu dijadikan satu yaitu tipe data integer, sedangkan char, string, yaitu tipe data string. Penulisan tipe data integer pada php yaitu :

$angka = 5;
$angka = 0.5;

kemudian ARRAY, yang diibaratkan seperti laci, data yang terdapat dalam array disebut elemen — elemen array dan letak urutan masing — masing elemen array ditunjukan oleh indeks. dan indeks array selalu diawali dari 0 contoh:

array
$arr_a = array(5, 3, “D”);

cara menampilkannya yaitu:

echo $arr_a[0];
echo $arr_a[1];
echo $arr_a[2]

atau

print_r ($arr_a);

dan

var_dump($arr_a);

array 2 dimensi

array 2 dimensi
<?php
 $arr_b = array (
 array(5, 3, “D”),
 array(“A”,”B”,”C”));
 print_r($arr_b);
?>
Menampilkan Kode Array 2 Dimensi

sampai disini kita telah mempelajari dasar penulisan php, tipe data, dan juga array. Terimakasih^_^

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.