Melarikan Diri dari Planet Prasangka

Bagaimana cara untuk mengurangi prasangka? Jika direduksi secara sederhana sih gampang, tinggal jangan berprasangka. Tapi apa sesederhana itu? Terutama jika melihat bahwa kita adalah manusia yang sama sekali tidak pernah lepas dari pengelompokan dan interaksi antar kelompok yang otomatis membuat antar kelompk saling menilai kolompok lainnya.

Ada sebuah hipotesis yang dinamakan hipotesis kontak (contact hypothesis). Teori ini awalnya dikembangkan oleh Allport pada tahun 1954 dan berdasarkan penelitian empirik mampu mengurangi prasangka antar kelompok. Hipotesis ini menyatakan bahwa agar berkurangnya prasangka. Harus ada beberapa ketentuan yang dipenuhi. Ketentuan pertama adalah adanya status yang setara. Hal ini berarti bahwa anggota kelompk harus berada dalam keadaan yang sama. Secara umum, agar berkurangnya prasangka, perbedaan harus dikurangi melalui penyamaan. Kemudian adanya tujuan yang sama. Pengurangan prasangka melalui kontak sosial membutuhkan usaha yang aktif dan berfokus pada tujuan yang sama. Berawal dari tujuan yang sama, akan muncul kerjasama yang menumbuhkan rasa saling membutuhkan dan hilangnya kompetisi. Kemudian yang terakhir adalah adanya dukungan melalui hukum dan aturan.

Selain hipotesis yang diajukan oleh Allport. Ada sebuah meta-analisis yang dilakukan kepada lebih dari 500 penelitian dan 250 ribu orang menemukan bahwa ada tiga hal yang akan mengurangi prasangka. Yang pertama adalah pengetahuan. Pengetahuan ini terbentuk dengan adanya usaha untuk saling mengnal. Benarlah sebuah peribahasa “tak kenal maka tak sayang”. Jangan-jangan selama ini prasangka kita terbentuk karena kita terjebak dalam gelembung kita sendiri tanpa ada usaha untuk mengenal kelompok lain. Yang kedua adalah adanya pengurangan kecemasan melalui kotak antar kelompok yang positif. Kemudian yang terakhir adalah adanya empati dan memahami perspektif. Adanya interaksi antar kelompok akan mengembangkan pemahaman dan rasa empati terhadap keadaan kelompok lain

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.