Emangbuatapakak
3 min readJul 7, 2023

Wisnu langsung keluar dari mobil pas netra cowok itu bertemu dengan netra Tiva. Tangannya ringan banget lambai lambai, menyuruh agar perempuan itu segera menghampirnya. Tapi baru saja selangkah Tiva mau menuju mobil crv putih itu, tiba-tiba segerombolan anak-anak dkv datang bikin langkah perempuan itu berhenti lagi.

"KAK TIVA KAK TIVA! YAAMPUN KENAPA BURU BURU BANGET SIH KAK PULANGNYA?!" Jujur mereka heboh banget, bikin Tiva mau gamau balik badan dan nyengir (yang lebih pantes dibilang meringis sih). Katanya parkiran udah sepi, tapi masih aja ada anak bem yang memergokinya begini, anak bironya dia sendiri pula. Siap-siap aja inimah diledekin satu periode.

"HEHE IYA KENAPA EMANGNYA?" Nada suara Tiva langsung berubah seceria itu dan seolah tanpa beban, padahal udah capek maksimal seharian dihantem tugas, quiz, dosen rese, dan juga kerjaan bem.

"Kita mau foto sama kakak. Rencananya mau disatuin jadi video tiktok gitu kak, dari opening sampe closing."

Dalem hati Tiva tuh : belom tentu juga gue hadir terus, besok aja gue kelas full dari pagi sampai sore. Hadehhh. Tapi seolah haram untuk berkata nggak di depan anaknya, Tiva langsung ngangguk.

Wisnu paham banget Tiva tuh udah capek, tapi tuh anak masih maksain buat senyum lebar dan ngeladenin anak-anak bironya buat foto bareng. Keren sih.

"Okei boleh, langsung aja yuk. Keburu malem nih."

"Difotoin sama siapa ya kak? Haduh bingung banget."

Wisnu tiba-tiba maju, "Sini hp nya, biar gue yang fotoin."

"Lah ini yang kemaren taruhan sama Kak Tiva itu kan?" Jasmine berbicara.

"Cieee Kak Tivaaaa!!!" sahut temen-temennya yang lain.

Tiva masih pertahanin senyumnya tuh, ya gimana ya namanya juga pencitraan depan adek tingkat kan ya, gak mungkin tiba tiba dia ngamuk ditempat.

"Gak seperti yang kalian pikirin kok." Tiva cuman bisa senyum.

"Emang yang kita pikirkan tuh apa kak? Hahahha."

SIALANNN. Tiva tengsin banget sumpah. Bisa gak sih dia tuker tambah aja anaknya sama anggota biro lain? JAIL BANGET ABISAN.

"Hahaha ayo cepetan deh fotonya, keburu malem nanti orang tua kalian nyariin."

Akhirnya mereka foto deh tuh, trus lanjut pamit-pamitan. Untungnya semua anak dkv percaya cerita karangan dadakan Tiva yang bilang kalo Wisnu cuman kebetulan aja ada disitu pas Tiva juga lagi mau ngambil motor. Kali ini aman sih.

"Lo beda banget deh tadi." Wisnu ketawa saat akhirnya mobil crv itu keluar dari area SC, siap membelah macetnya kota Depok.

"Beda gimana?"

"Hangat banget, murah senyum, mengayomi juga. Kayak lebih ceria aja gitu. Aura keibuannya keluar. Beda kalo lagi sama gue, kesannya kayak lo benci gue banget."

"Soalnya lo nyebelin bikin gue malu di depan satu SC."

"Hehehe maapin. Tapi kenapa bisa perlakuan lo sebeda itu ke gue dan ke mereka?"

"Ya Itu persona gue di depan anak-anak dkv. Persona buat lo beda lagi. Dan ke orang orang lain juga pasti bakal beda."

"Persona? Apaan tuh?"

"Wajah sosial. Semacam topeng yang kita rancang secara sadar atau nggak, untuk memberi kesan ke orang lain."

"Kalo persona lo buat gue apa?"

"Gak tau, belom nentuin."

"Yah kok gitu???"

"Baru dua hari loh kita kenal. Persona khusus tuh biasanya didapetin ketika gue udah paham pola sifat orang tersebut. Gak bisa sembarangan."

"Berarti itu tandanya kita harus sering ketemu gak sih?"

"Gak. Males."

"YAHHH GUE KAN PENGEN JUGA DAPET PERSONA KHUSUS LO."

"Gak minat, thx."

"Bikinin pokoknya!"

"Nanti kalo gak males."

"OKE GAPAPA. Btw makan dulu yuk. Lo belom makan malem kan?"

"Belum."

"Lagi minat makan mie gak? Gue punya tukang bakmie langganan deket sini."

"Boleh tuh."

Tiva gak sadar kalau berawal dari situlah Wisnu mulai menginvasi lebih dari setengah hidupnya. Seperti mula, dari segala iya iya yang lain.

Baik atau buruk, Tiva gatau. semoga saja gak penuh plot twist kayak hidupnya selama ini.