4 Pekerjaan yang Baru Lahir Sekitar Seabad Lalu dan Cocok untuk Lulusan Bahasa Inggris UPI

Percayalah, saya merupakan orang yang merasa salah masuk jurusan ketika setengah jalan kuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UPI. Saya, yang kebetulan mengambil program studi Bahasa dan Sastra Inggris, bahkan sempat bingung dalam menentukan karier setelah lulus.

Sebenarnya, mata kuliah yang diberikan di jurusan sudah sangat lengkap dalam membekali diri saya menjadi profesional. Banyak mata kuliah yang memungkinkan saya menjadi penulis, peneliti akademik atau penulis karya sastra. Saya bisa menjadi penerjemah, interpreter profesional, bahkan saya juga bisa menjadi aktor atau pemain drama jika mau.

NO.

Waktu itu, profesi yang disarankan sebagai pilihan karier tidak terlalu banyak dan kurang variatif. Hingga saya kaget, setelah lulus kuliah, saya menyadari bahwa peluang karier untuk lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UPI sangatlah terbuka lebar dan beragam.

Lebih khusus, di era yang serba digital ini, ilmu yang didapatkan ketika kuliah sangat berguna untuk beberapa pilihan karier. Bahkan, beberapa peluang karier ini banyak dicari oleh perusahaan besar maupun rintisan atau start-up.
Kenapa banyak perusahaan yang mencari? Karena pekerjaan semacam ini memang baru ada dalam beberapa tahun terakhir saja.

Berikut adalah pekerjaan yang 10 tahun lalu belum ada. Dan pekerjaan ini, tentunya sangat cocok untuk para lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UPI.

1. Digital Marketing Specialist

Well, untuk teman-teman yang senang dengan dunia marketing dan memanfaatkan ilmu komunikasi secara profesional, Digital Marketing Specialist bisa menjadi pilihan. Sejak dulu, marketing selalu dilakukan secara konvensional dan luring (luar jaringan) atau offline. Namun, beberapa tahun ke belakang hingga saat ini, aktivitas pemasaran gencar dilakukan lewat platform digital.

Peluang besar bukan?

Yang harus dipelajari adalah cara bekerja di platform digital. Memegang prinsip sama seperti marketing konvensional, tujuan utama digital marketing adalah memasarkan sesuatu melalui platform digital. Kita harus mempelajari apa strategi pemasaran terbaik di dunia digital. Apakah melalui copy, gambar, foto, atau video.

2. Social Media Manager

(F)acebook baru mulai populer paling tidak selama kurang dari satu abad ke belakang. Sementara itu, Twitter lebih baru lagi. Di sisi lain, Youtube baru mulai populer selama beberapa tahun ke belakang di Indonesia seiring dengan membaiknya dan terjangkaunya koneksi Internet. Tidak hanya itu, ada juga media sosial lain yang memiliki keunikan tersendiri seperti Instagram, Linkedin, Pinterest, Path, dan lainnya.

Masuknya media sosial tersebut ke Indonesia telah menciptakan sebuah jenis pekerjaan baru yaitu: Social Media Manager. Tugasnya adalah mengatur sosial media milik perusahaan. Ada banyak bentuk pekerjaan manager media sosial. Ada yang memungkinkan kita memberikan masukan dan konten, hingga ada yang ditargetkan untuk menjangkau audiens seluas-luasnya untuk menyebarkan informasi, campaign, dan atau kegiatan promosi perusahaan.

Biasanya, perusahaan meminta manager sosial media ikut menganalisa efektivitas komunikasi perusahaan di media sosial, dan membuat rencana komunikasi efektif di media sosial; bekerja sama dengan digital marketing specialist.

Oleh karena itu, pelajari juga berbagai macam analytics!

3. Blogger

Okay, blog memang ada sejak akhir tahun 90-an dan mulai banyak digunakan oleh banyak orang sejak tahun 2000-an. Tapi, istilah blogger sebagai profesi baru dikenal beberapa tahun ke belakang. Blog bisa dimulai dari hobi, dan kini bisa menghasilkan uang; seperti profesi lainnya.

Ada banyak jenis blogger yang populer, tergantung dari tujuannya. Di Indonesia, jenis blog yang populer adalah fashion blog, travel blog, dan culinary blog.

4. SEO dan SEM Specialist

Banyak orang yang tidak mengetahui apa itu SEO dan SEM specialist. SEO sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Optimisation, sementara SEM adalah Search Engine Marketing. Lalu apa pekerjaan utama dari SEO dan SEM?

Well, pekerjaan utama profesi ini adalah meningkatkan peringkat konten dan situs di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya. Cara yang dilakukan bisa bermacam-macam; mulai dari bereksperimen dengan kata kunci, hingga pembuatan konten yang dicari dan diperlukan oleh banyak orang.

Sederhananya, tujuan utama pekerjaan ini adalah memastikan website atau konten muncul di halaman pertama mesin pencari. Karena, mayoritas pengguna Internet biasanya hanya akan memilih link yang muncul di halaman pertama mesin pencari.

****

Itulah beberapa pekerjaan yang bahkan baru ada dalam satu dekade terakhir. Perkembangan dunia digital yang begitu pesat membuat banyak orang seakan kaget dengan munculnya jenis profesi semacam ini.

Padahal, pekerjaan tersebut memegang peranan strategis dalam perkembangan dunia bisnis digital yang tidak bisa ditawar ini. Untuk menguasai dunia digital ini, jangan lupa juga mempersiapkan diri dengan 6 Tips Profesional yang Tidak Pernah Diajarkan di UPI.

Pekerjaan di atas tentunya bisa dijadikan alternatif sebagai pilihan karier. Hanya saja, perlu effort yang lebih untuk menjelaskan pekerjaan saat lebaran ketika kita ditanya oleh Kakek, Nenek, Om, Tante dan saudara lain, “sekarang kerja apa?”

Karena, salah-salah menjelaskan, nantinya malah dapat jawaban kurang antusias, “Oh.. main komputer aja ya?”* ….dari adiknya Mama.

*) True story. It happened.

Ryan Achadiat adalah lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UPI tahun 2013. Ia masuk tahun 2008 (don’t Judge). Mata kuliah favoritnya adalah yang berhubungan dengan prose; karena lebih panjang dan mudah dipahami daripada mata kuliah poem. Ia mendapat nilai C untuk mata kuliah Copywriting, tapi nekat menjadi seorang Digital Marketing Copywriter sebagai pilihan karier.