5 Info Beasiswa yang Wajib Kamu Perhatikan

Memang benar sebaiknya Sobat Galedu memperhatikan seluruh info beasiswa saat melakukan pencarian dan pendaftaran. Namun, bila kamu ingin membuat proses pencarianmu lebih efisien, ternyata memperhatikan lima info berikut sudah bisa memberikan gambaran yang cukup tentang suatu beasiswa.

Silakan disimak:

1. Tanggal deadline

Yang ini cukup jelas. Seberapa keren pun beasiswa yang kamu lihat, bila tanggal deadline sudah lewat kamu pun tidak akan dapat melakukan pendaftaran.

Namun, kamu bisa menyimpan info beasiswa tersebut sebagai bahan referensi. Jadi kamu bisa siap melakukan pendaftaran saat beasiswanya dibuka lagi untuk gelombang berikutnya.

2. Jenjang pendidikan

Sejumlah penyelenggara dan universitas memberikan beasiswa untuk berbagai jenjang pendidikan seperti S1, S2, dan post doktoral. Sedangkan ada juga penyelenggara yang memberikan beasiswa non-gelar seperti studishort course selama tiga bulan saja.

Pastikan bahwa beasiswa yang kamu baca sesuai dengan level pendidikanmu saat ini.

Baca juga: Pemberi Beasiswa Umumnya Mencari Mahasiswa dengan 5 Kualitas ini

3. Nilai beasiswa

Perhatikan juga bila dukungan yang diberikan oleh program beasiswa sesuai dengan kebutuhan kamu. Bila Sobat Galedu benar-benar tidak memiliki budget untuk biaya kuliah dan biaya hidup di luar negeri contohnya, maka sebaiknya mencari program beasiswa yang menanggung seluruh biaya itu.

Ini bisa kamu jadikan strategi saat mencari info beasiswa. Apakah Sobat Galedu akan fokus mencari program beasiswa yang 100% menutupi seluruh biaya, atau yang paling tidak bisa menutupi sebagian biaya.

4. Persyaratan beasiswa

Ada beasiswa yang khusus mencari siswa berdasarkan prestasi saja, dan ada juga beasiswa yang mencari berdasarkan kebutuhan tertentu. Pastikan kamu telah memenuhi persyaratan pendaftaran dari awal sebelum nantinya menghabiskan waktu melakukan pendaftaran.

Contoh persyaratan beasiswa yang perlu diperhatikan ialah nilai minimal akademis dan kondisi finansial siswa. Ada juga beasiswa yang membutuhkan kamu menyerahkan surat rekomendasi dari guru! Jadi, kamu harus pintar mengatur waktu agar bisa menyerahkan semua persyaratan beasiswa ya!

5. Jurusan atau bidang studi

Hidup universitas kamu bisa menjadi lebih menyenangkan bila mengambil bidang studi atau jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat. Hal ini nantinya juga akan mempengaruhi peluang pekerjaan kamu kedepannya.

Pastikan bahwa beasiswa yang tersedia cocok dengan pilihan jurusan kamu ya.

Baca juga: 5 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Beasiswa (dan Cara Menjawabnya!)


Di Galedu, kamu bisa menemukan ribuan info beasiswa untuk siswa Indonesia secara gratis. Semuanya dapat dicari berdasarkan kategori seperti jenjang pendidikan dan lokasi. Jadi, nantinya kamu bisa mencari beasiswa S1, beasiswa S2, beasiswa dalam negeri, dan beasiswa luar negeri dengan lebih mudah!

Galedu akan meluncur. Untuk saat ini, ayo daftarkan email kamu dahulu untuk mendapatkan kabar terbaru dari Galedu.