Konsistensi

konsistensi/kon·sis·ten·si/ /konsisténsi/ n 1 ketetapan dan kemantapan (dalam bertindak);

Menjadi pribadi yang konsisten itu sulit.

Kenapa saya berpikir demikian? Karena ini hal yang saya rasakan sejak dulu. Memiliki kepribadian yang impulsif serta dikelilingi oleh berbagai individu yang heterogen membuat saya semakin sulit untuk bertahan lama dalam mengerjakan sesuatu hal. Tentunya mungkin banyak yang memiliki permasalahan yang mirip dengan saya, tapi apakah kita hal ini harus dibiarkan? Bagi saya, tidak. Karena sadar atau tidak, poin ini akan banyak berpengaruh pada kehidupan kita sehari-hari.

Mencoba dan mencoba

Sudah lama saya mencoba mengubah kebiasaan agar menjadi lebih konsisten. Hal ini diaplikasikan dalam berbagai hal dan kegiatan di kehidupan saya. Sulit memang, mungkin sekarang pun saya belum 100% seorang yang konsisten. Tapi, namanya mahasiswa ya masih belajar lah ya.

Dari beberapa percobaan pribadi yang saya lakukan selama ini, menurut saya ada 3 poin penting yang akan membantu kita untuk mengkonsistenkan diri. Ini sih berlaku bagi saya, mungkin bisa kamu coba. (nanti ceritakan ya berhasil atau tidak :p)
1. Tentukan apa yang mau dilakukan
Dengan mengetahui tujuan kita, secara alamiah pikiran kita akan mendorong seluruh tubuh untuk berkompromi mencapai hal yang kita tuju itu. Alangkah lebih baik jika dari tujuan itu diturunkan menjadi poin-poin langkah apa saja yang akan kita lakukan untuk mencapainya. 
2. Lingkupi diri kamu dengan lingkungan yang baik
Teman itu sedikit banyak akan mempengaruhi cara pandang kita akan sesuatu. Jika memang kamu ingin konsisten untuk belajar sehari 5 kali, ya maka lebih mudah dilakukan jika kamu berada di lingkungan yang belajar sehari 5 kali. 
Saya sering bercerita tentang hal-hal yang saya lakukan pada teman-teman saya. Hal ini membantu saya untuk tetap melakukan setiap hal tersebut karena tanpa sadar teman-teman saya lah yang mendorong saya tetap pada jalur yang ditempuh itu. 
3. Sabar, sabar, dan sabar
Ini adalah kalimat yang selalu terngiang semenjak guru saat saya SMA berkata hal ini di depan kelas. Tidak ada suatu proses yang instan di dunia ini untuk menghasilkan sesuatu yang besar. Perlu kesabaran untuk menikmati setiap detil prosesnya. Begitu juga ketika kita ingin mencoba menjadi konsisten pada suatu hal.

Hal ini cuma sepersekian hal yang mungkin berguna untuk kamu. Tapi ini adalah salah satu bentuk usaha saya untuk konsisten mencapai mimpi saya untuk berbagi hal-hal baik apa yang sudah saya rasakan. Mari mari sampaikan dan sebarkan hal-hal baik yang ada di dirimu dan sekitarmu!