Agar Waktu Tidak Terbuang Terlalu Sia-Sia

Bismillah

Setiap orang pasti punya hobi. Ane sendiri punya hobi nonton film, sepedahan sama nggambar. Setelah dihitung-hitung ternyata hobi ini bisa menyita waktu yang cukup banyak juga. Bahkan kalau gak dikelola dengan baik bisa-bisa melalaikan kita dari kewajiban seperti sholat, mencari nafkah dan lainnya.

Terutama hobi nonton. Dulu kalau udah maraton film serial ane bisa menghabiskan waktu seharian bahkan berhari-hari. Sampai rela ngeluarin uang ratusan ribu untuk beli kuota internet biar bisa streamingan. Udah ngabisin waktu, film yang ditonton bajakan pula :D

Sekarang sedikit demi sedikit ane mulai berusaha mengurangi menonton film. Beberapa hal yang ane lakukan adalah mengurangi menonton film-film yang “gak bagus” dan membaca review film terlebih dahulu. Dulu ane semua film ditonton, dari yang ratingnya rendah sampai film terbaik sepanjang sejarah. “Gak bagus” di sini ada beberapa kriteria versi ane, mulai dari yang ratingnya jelek, film tentang musikal dan film yang terindikasi akan banyak adegan “++”.

Dan barusan ane menemukan cara yang unik agar waktu ane gak terlalu terbuang sia-sia ketika menonton. Pas lagi nonton film detective conan, tiba-tiba terlintas ide “ wah ini bisa dibikin icon set atau desain vektor dengan tema Detective untuk dijual”. Ane pun langsung buru-buru ambil kertas dan pensil lalu mulai merinci ikon-ikon yang berkaitan dengan tema detective (lihat gambar di atas) Saking seriusnya ane malah gak mengikuti jalan cerita filmnya :D

Setelah membuat beberapa sketsa ikon detektif, ane malah jadi gak sabar untuk segera menggambarnya di komputer. Ane pun berhenti menonton lalu mulai menggambar ikon-ikon itu di illustrator. Tadinya ane nonton untuk istirahat sejenak setelah tadi pagi menggambar cukup banyak. Eh pas nonton malah dapet inspirasi ini. Nonton yang tadinya kurang bermanfaat, insya Allah sekarang jadi lebih bermanfaat dan produktif. Hasil penjualan desain ini bisa untuk ngasih nafkah keluarga :)

Golnya harus bisa terus mengurangi menonton dan menggantinya dengan perbuatan-perbuatan yang lebih bermanfaat lagi, terutama untuk akhirat ane :)

Tentang meninggalkan perbuatan yang tidak bermanfaat bagi seorang muslim:

https://almanhaj.or.id/3344-kebaikan-islam-seseorang-ialah-dengan-meninggalkan-apa-apa-yang-tidak-bermanfaat.html

https://muslim.or.id/444-meninggalkan-perkara-tidak-bermanfaat-1.html

Like what you read? Give Ery Prihananto a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.