Rejeki Desainer Beda-Beda

by Justas Galaburda

Pernah lihat gak ada 2 orang desainer yang kemampuan mendesainnya sama, alat yang digunakannya pun sama, pokoknya secara teknis dan kasat mata memiliki levelnya sama, tapi kok desainer “A” lebih sukses dari desainer “B”?

Sebelum membahas lebih jauh, menurut teman-teman, kira-kira apa yang menyebebakan kok bisa desainer “A” lebih, okelah kita sebut saja lebih kaya dari desainer “B”. Mungkin akan muncul bermacam jawaban seperti di bawah ini

“Karena desainer “A” lebih berkerja keras dan rajin dibanding desainer “B”

“Desainer “A” lebih beruntung dari desainer “B”

“Desainer “A” punya mac, desainer “B” pakai windows :D”

“Desainer “A” punya relasi yang lebih banyak dibanding desainer “B”

Dan jawaban-jawaban lainnya :)

Namun di antara jawaban-jawaban yang ada, saya menemukan jawaban yang sangatttt indah mengenai kenapa 2 orang yang memiliki kemampuan sama tapi kok kesuskesan/rejekinya berbeda. Jawabannya adalah karena

Kesuksesan atau kekayaan yang didapat oleh seorang desainer bukanlah didapat karena kemampuan mendesainnya, tapi semua itu semata karena karunia dari Allah subhana wa ta’ala.

Sungguh indah jawaban ini, jawaban yang menunjukan kebergantungan secara utuh kepada Allah azza wa jalla. Karena kadang kita suka lupa dan bergantung pada kemampuan diri kita sendiri. Kita menjadi sombong dan mengganggap bahwa kemampuan itu ya kita dapat karena hasil kerja keras kita sendiri.

Maka dari itu kita gak boleh hasad,iri dan dengki apabila kita memiliki teman yang sama-sama desainer tapi nasibnya jauh lebih beruntung dari kita, pendapatannya lebih besar dari kita, jualannya lebih laku dari kita. Lalu kita beranggapan bahwa kita yang memiliki kemampuan SAMA dengan teman kita itu maka seharusnya kita juga mendapat kesuksesan atau kekayaan sama seperti teman kita itu. No no no… Buang jauh-jauh pemikiran seperti ini. Karena sekali lagi, kesuksesan, harta, kekayaan, gelar dan lainnya kita dapat bukan karena kemampuan kita, tapi karena murni karunia dari Allah subhana wa ta’ala kepada kita hamba yang lemah dan kecil ini. Ingat juga, tangan yang dipakai untuk mendesain, Allah yang kasih. Mata yang dipakai untuk mendesain, Allah yang kasih. Ide desain yang kita dapat juga dari Allah.

Jadi tugas kita adalah? Bertakwa, bersyukur dan ridho dengan berapapun rejeki yang Allah karuniakan ke kita. Toh kalau teman kita memiliki rejeki yang lebih banyak, maka apa ruginya kita turut bahagia melihat saudara kita bahagia? Doakan agar Allah mengaruniakan rejeki lebih kapadanya dan kepada diri kita :)

#FreelancerLife

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.