Jenius? Bikin Gila Serius Iya!

UPDATE: Per Selasa, 1 November 2016 akhirnya akun di mobile app sudah bisa diakses karena bantuan seorang teman dari Jenius. Transaksi juga sudah berhasil karena sudah memindahkan dana ke e-card instead of pakai m-card.

Sebelum gue mulai tulisan ini, gue sembari memastikan kalau gue udah ngecek semua sistem dan memperkecil kemungkinan kalau gue yang bego dan nggak bisa eksplor aplikasi ini.

Sebut saja nama aplikasinya adalah Jenius *yah itu mah namanya bukan sebut saja kali, Ke. itu mah kesebut beneran* Udah sejak Sabtu, 29 Oktober 2016 gue mencoba untuk melakukan transaksi bikin akun PayPal, mau beli album Taylor Swift di iTunes, bayar beli t-shirt di Tees. Dan entah mengapa, ketika saldo gue sangat cukup untuk transaksi itu, kartu gue dibilang nggak valid. Ini bukan pertamakalinya gue pake Jenius. Dari 22 Agustus 2016 gue udah sering bertransaksi dengan Jenius, bahkan Adobe CC yang gue pake (Photoshop dan Lightroom), gue beli dengan menggunakan debit card Jenius, bayar Netflix, beberapa transaksi lah. Biasanya yang gue lakukan kalau udah tahu mau bayar apa, gue akan hitung kurs USD ke IDR berapa lalu gue akan transfer dari BCA ke rekening Jenius BTPN gue, maklum gue nggak mau setor banyak ke rekening Jenius ini, jadi kalo ada pembayaran baru transfer dan selalu saldonya gue lebihin banget karena takut perhitungan kurs berbeda.

Nah, lucunya Sabtu, 29 Oktober 2016 lalu, m-card Jenius gue nggak bisa dipake. Telepon ke 1500536 dibilang maintenance, yang setelah gue sadari kok maintenance tapi nggak ada email yang masuk ke email yang gue pake buat daftar Jenius. Padahal di bulan Agustus 2016, ada maintenance dan dikirimin informasi yang screenshotnya ada di bawah ini.

Gue pikir, okelah Senin, 31 Oktober 2016 gue coba lagi. Eh, malam ini pas gue coba juga nggak ada hasil. Gue telepon lagi dong ke call centernya. Udah pake acara drama gara-gara gue lupa alamat yang gue input, aneh banget padahal pas hari Sabtu gue telepon nggak sepanjang ini dimintain alamat KTP. Done with that, masnya tetap bilang masih maintenance. Sumpah lah gue kesel. “Mas, masa maintenance sampai 3 hari. Ini kan bukan aplikasi warung sebelah atau aplikasi beli cabe kiloan, tapi perbankan, 3 hari maintenance tuh gimana ceritanya?”

Tapi emang dasar orang CS, dia bisa berbuat apa sih. Terima mentah-mentah aja dari Lead CS dia ngomong apa. Akhirnya singkat cerita gue disamperin di DM Twitter sama kenalan yang kerja di sana dan akhirnya disarankan pake e-card. Nah, another drama dimulai di sini yang bikin gue stress sampe saat gue bikin tulisan ini.

Pertama, gue ketendang dari aplikasi. Mau login balik dengan type password eh muncul SMS kalo akun gue seakan-akan diakses pihak lain PADAHAL ITU GUE YANG MAU MASUK NYET AH. Akhirnya gue klik keluar dari aplikasi. Sialnya diminta username dan password. Mati lah gue! Username inget dan seperti layaknya penyakit semua orang, lupa password!

Untungnya bisa login via desktop, menariknya kenapa di desktop BISA login via email? Dan untungnya gue udah save password di desktop. Sampe masuk ke dashboard, langsung gue transfer beberapa dana ke e-card dengan harapan bisa segera melakukan transaksi. Betenya, transfer dana ini terlihat seperti ga real-time. Gue butuh refresh dan input dan sekali lagi untuk make sure dana sudah terpindah. Pas gue input jumlah baru, muncul peringatan kalau saldo tidak cukup. Dari situ gue baru cek kalau saldo m-card sudah pindah ke e-card. BETENYA NIH. Mau akses CVV kan dia minta token, tokennya itu di mobile APP yang gue ga bisa masuk ituh.

Sudahlah gue coba lagi cara lain (OH EM JI, JENIUS KALIAN BISA BAYANGIN NGGAK SIH KALO GUE TIPE USER BEGO YANG MALAS EKSPLOR GIMANA COBA. UNTUNG TINGKAT CURIOSITY GUE SANGAT TINGGI!!) Gue cek security question gue dan cek jawabannya. Ngeheknyaaaaa…masa pertanyaan di mobile app sama desktop (yang logikanya harus sama) itu beda 1000000%. Pertanyaan di desktop yang gue set adalah “nama binatang favorit” kenapa di mobile app bisa “judul film favorit” HOLY SHIT MOTHAFUCKA ARE YOU TRYING TO KILL ME, JENIUS?!!!. Gue coba lagi deh dengan sisa kesabaran gue. Gue ganti security question dengan beneran kali ini film favorit dengan harapan bisa beneran sama jawabannya.

DAN…..

Begitu gue input di mobile app….JAWABANNYA SALAH AJA DONG!

Udah, gue beneran stress maunya apa aplikasi ini. Yang awalnya gue puja puji dan cinta banget,

karena kesalahan yang mungkin sepele, jadi males…tapi tetep butuh buat beberapa transaksi, karena gue malas pake CC.

Dah ah…makan Bubur Spesial Abon Keju dulu biar ga stress