Tentang Hidup dan Berenang

Eunike Cahya
Jan 9 · 2 min read

When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming." — Dory

Finding Nemo merupakan salah satu film memorial yang bukan hanya bagi saya namun banyak orang pada masanya. Sebuah keahlian dari Disney untuk menyelipkan pesan kehidupan yang dapat dinikmati hampir semua generasi dalam sebuah film. Adalah nemo pada kala itu selain katara yang mengajarkan saya untuk menyukai air.

Berenang bagi beberapa orang merupakan sebuah profesi, bagi yang lain merupakan sebuah hobi , bagi saya sendiri terkadang merupakan sebuah terapi yang menenangkan walau terkadang melelahkan. Berbicara fakta memang berenang direkomendasikan sebagai salah satu metode self-healing yang cukup menarik.

Melalui lautan dan berenang pula Walt Disney menitipkan pesan untuk terus berjalan dan menatap ke depan. Segala hal kecil dalam kehidupan dapat berpengaruh besar bukan? Well, setidaknya ada beberapa hal yang dapat kita petik menyoal berenang ini.

Sebuah Tujuan

Sebagaimana dalam praktik kehidupan, dalam olahraga renang ini kita akan fokus dengan tujuan di depan. Dalam berenang kita akan dituntut mencapai tujuan akhir untuk mendapatkan satu putaran. Dalam prosesnya kita hanya akan menatap tujuan kita tersebut karena selama kita kehilangan fokus maka arah alur renang akan berubah. Terkadang hal itu menyebabkan kita sampai tujuan jauh lebih lama.

Ada kalanya saya yang bukan seorang yang ahli dalam berenang berhenti sebelum sampai ke tujuan. Hal ini bisa disebabkan ketika saya kehilangan nafas atau sekedar keseimbangan. Bagaimanapun sekedar berhenti untuk melihat ke belakang, sejauh mana jarak sudah ditempuh adalah hal wajar. Dalam kehidupan dan berenang ada kesamaan bahwa selama kita tetap fokus pada tujuan tersebut pada akhirnya kita akan sampai. Upaya kita untuk tetap fokus tersebutlah letak kemenangan.

Titik Fokus dan Sebuah Perjalanan

Manusia memiliki kecenderungan untuk menengok arah lain daripada arah yang sudah ia tetapkan. Sebagaimana dalam proses berenang, tidak dimungkinkan untuk menengok arah lain seperti yang disebutkan sebelumnya tujuan akan lebih jauh apabila kita kehilangan fokus. Gunakan kacamata kuda apabila diperlukan, karena selama kita mengetahui apa tujuan kita hal lain tidak menjadi soal.

Dalam prosesnya terkadang sering kita mengubah gaya untuk sampai ke tujuan, gaya katak menjadi freestyle untuk mencapaiknya. Hal tersebut bukan menjadi soal karena tidak ada yang mudah dalam mencapai tujuan dan menemukan pola/gaya merupakan tugas dan tanggung jawab kita sebagai manusia.

When something is too hard… There is always another way- Charles kepada Dory

Bagi sebagian besar orang termasuk saya, olahraga seperti berenang bukanlah hal yang mudah terkadang terasa berat. Terkadang ketika berhenti saya memperhatikan teman teman sepe-renang-an saya yang dalam beberapa menit dapat beberapa putan membuat saya secara wajar kecil hati. Namun kesadaran saya selama proses berenang, sebagaimana Dory dalam Finding Nemo selama kita tidak berhenti maka kita menang. Karena pada akhirnya hidup merupakan sebuah perjalanan dan bukan sebuah pertandingan. C’est la vie.

    Eunike Cahya

    Written by

    An amateur storyteller and featured enthusiast