Charles Dickens dan Novel-novel Klasik

papermasters.com

Saya merasa kesulitan membaca novel klasik. Sebenarnya bisa. Tapi sering kali saya memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikannya. Mungkin karena ceritanya yang panjang dan kalimat-kalimatnya yang terasa melelahkan. Saya jadi sering berhenti saat cerita baru berjalan setengah.

Dan, di antara penulis novel klasik yang karyanya saya hentikan pembacaannya di tengah cerita, Charles Dickens adalah yang memegang jumlah terbanyak. Maksudnya, karya milik dia-lah yang banyak saya hentikan pembacaannya di tengah jalan. Alasannya karena karyanyalah yang paling banyak saya (coba) baca. Mulai dari A Christmas Carol, Great Expectations sampai Oliver Twist, pernah saya buka dan baca beberapa halaman tapi tidak sampai selesai. Untuk A Christmas Carol, bahkan sudah pernah saya coba beberapa kali, tapi tetap tidak sampai selesai. Penyebabnya adalah bahasa Inggris yang digunakan belum terlalu saya mengerti. Namun, kalau diusahakan sebenarnya bisa.

Saya akan mulai membaca novel-novel klasik itu nanti, dan novel-novel klasik lainnya juga. Saya akan mencoba, dan kali ini semoga berhasil.