Peran Artificial Intelligence dalam Pemasaran Digital

Image for post
Image for post
source image: Freepik

Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) sudah tidak asing lagi di telinga kita pada era digital saat ini. Kecerdasan buatan atau Artificial intelligence ini merupakan sebuah teknologi yang disematkan ke sebuah sistem komputer dalam berpikir dan bertindak seperti hal pada umumnya yang biasa manusia pikirkan atau melakukan sesuatu. Tidak dapat dipungkiri bahwa peran AI ini sangat membantu kehidupan manusia dalam beraktivitas.

Kemampuan teknologi AI dalam meniru perilaku manusia tentu memberikan kemudahan bagi kalangan para marketers untuk menentukan strategi pemasaran digital dan pengambilan keputusan. Kecerdasan buatan selalu mengalami perkembangan dan berevolusi seiring dengan perkembangan dunia digital yang sangat cepat. Peran AI sendiri cukup memberikan dampak positif dalam proses pemasaran digital. Hal tersebut dapat dilihat dengan teknologi AI yang diterapkan dalam pemasaran digital sebagai berikut.

1. Search Engine

Salah satu yang mengalami perkembangan dalam search engine adalah speech recognition. Teknologi AI berupa speech recognition ini adalah salah satu fitur yang disematkan dalam search engine selain text input. Hanya dengan mengucapkan sebuah kata kunci dengan fitur tersebut, kalian sudah dapat mencari apapun di internet. Selain itu, fitur text input pun sudah mengalami perkembangan dengan teknologi AI. Sebagai contoh, ketika kalian mengetik sebuah kata kunci “tiket”, teknologi AI akan memprediksi beberapa kata kunci turunan lainnya seperti “tiket murah, tiket pesawat” dan lain-lain. Hal ini tentu dapat membantu bagi para marketers dalam menentukan kata kunci yang akurat dalam sebuah blog ataupun website.

2. Programmatic Ads

Pernahkah kalian melihat iklan yang sesuai dengan apa yang kita cari sebelumnya pada saat berselancar di internet? Atau saat kalian membuka Instagram muncul iklan yang dicari sebelumnya? Tidak sedikit orang yang merasa heran mengapa iklan tersebut bisa muncul sesuai dengan apa yang dicari sebelumnya, bahkan ada yang merasa seolah-olah iklan tersebut membaca isi pikirannya. Iklan tersebut muncul tidak secara kebetulan. Terdapat teknologi AI yang bekerja dibalik layar tersebut yang mampu menganalisa perilaku pengguna ketika berselancar di internet. Adanya AI dalam programmatic ads ini, para marketers kini cukup mudah dalam menentukan target audience.

3. Chatbot

Chatbot adalah salah satu program dengan basis AI atau yang lebih dikenal dengan robot virtual yang mampu mensimulasikan percakapan seperti manusia. Program ini dibuat dengan tujuan untuk merespon permintaan pengguna secara cepat dan relevan. Dalam sebuah bisnis, chatbot ini bermanfaat dalam kegiatan operasional bisnis serta dapat menghemat biaya yang dikeluarkan daripada untuk mempekerjakan seorang customer service. Bahkan terbukti banyak pelaku usaha yang menggunakan program ini pada sebuah websitenya dapat meningkatkan customer experience.

4. Email Marketing

Sering mendapatkan email masuk berupa promosi atau diskon voucher? Ini adalah bagian dari email marketing. Salah satu strategi pemasaran digital ini, masih banyak digunakan pada saat ini. Email marketing kini telah mengalami perkembangan dengan disematkannya teknologi AI contohnya otomatisasi pengiriman. Dengan fitur ini para marketers cukup mengatur jadwal pengiriman konten promosi atau newsletters kepada subscriber pada waktu tertentu. Selain itu juga terdapat metode A/B Testing yang membantu dalam mengidentifikasi tren secara cepat, membuat prediksi, serta mampu membandingkan konten manakah yang terbaik untuk dikirimkan.

Kehadiran artificial intelligence sangat memberikan banyak manfaat dalam dunia pemasaran digital. Penerapan teknologi AI adalah langkah yang tepat dalam sebuah strategi dan pemecahan masalah untuk pemasaran digital ataupun aspek bisnis lainnya. Jika tidak mengambil langkah tersebut, mungkin kalian akan tertinggal. Mengingat teknologi saat ini selalu mengalami perkembangan yang sangat cepat.

Written by

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store