Extortion (2017): Diperas di Laut Lepas

  • Sutradara : Phil Volken
  • Penulis Skenario : Phil Volken
  • Bintang Film : Bethany Joy Lenz, Danny Glover, Barkhad Abdi, Eion Bailey.
  • Genre : Adventure, Crime, Drama

Berlibur, mengarungi samudera dan terdampar di pulau terpencil. Lalu diselamatkan oleh nelayan lokal. Hmm..jelas itu sebuah cerita yang amat datar. Dan happy ending-nya terlampau dini.

Tapi, tidak dengan Film Extortion garapan Phil Volken. Dengan durasi 1 jam 48 menit, film yang rilis tahun 2017 ini cukup sukses memberikan kejutan-kejutan bagi pemirsanya. Meski di awal, tak begitu mengesankan karena terlampau datar. Tapi, begitu konfik pertama muncul. Yakni ketika Kevin Riley beserta keluarganya berlibur di Pulau Bahama dan terdampar di sebuah pulau terpencil. Jalannya cerita ini mulai hidup.

Terlebih ketika tebakan pemirsa mulai meleset. Yakni ketika dua orang nelayan menghampiri Kevin dan keluarga yang terdampar di sebuah pulau terpencil. Alih-alih menyelamatkan, nelayan itu justru melakukan pemerasan. Kevin dipaksa membayar 1 juta dollar kepada nelayan itu sebagai balas jasa karena sudah menolong.

Kevin, sebagai ayah dan suami, tentu tak mau kehilangan keluarganya. Ia pun menyanggupi permintaan nelayan itu. Lalu, ia pun dibawa oleh nelayan itu ke daratan agar lekas mentransfer uangnya. Ia pun bingung, habis sudah pikirannya, beberapa temannya tak sanggup membantunya. Akhirnya, ia pun mentransfer semua uang di rekeningnya kepada rekening yang diminta nelayan itu melalui bank terdekat.

Sampai pada cerita ini, pemirsa akan dikejutkan lagi oleh peristiwa-peristiwa tak terduga. Seperti Kevin ditenggelamkan oleh nelayan itu, meski ia sudah memenuhi permintaannya. Sebagai pemirsa yang telah larut dalam kisah itu, tentu akan merasa geregetan ketika menyaksikan kinerja rescue, satuan penolong yang justru menganggap Kevin sebagai pembohong. Hingga nantinya pemirsa akan disuguhi sebuah peristiwa perang sebuah keluarga. Kevin dan Miguel Kaba-- nama nelayan yang memerasnya-- saling bunuh. Dan oleh karena itu, Kevin justru ditangkap sebagai pembunuh.

Namun, ia mengelak hal itu karena tindakan itu merupakan aksi penyelamatan diri. Lalu, ia pun melanjutkan pencarian anak dan istrinya. Akhirnya, setelah merampas speed boat dan lepas dari kejaran polisi, ia berhasil menemukan anak dan istrinya. Nah, di akhir cerita inilah lagi-lagi pemirsa tak dibiarkan menikmati sebuah kesimpulan yang nyata.

Singkat kata, di tengah lautan lepas, engkau aku bisa merasakan bebas atau justru habis-habisan diperas.