Ternak Ikan Air Tawar yang Paling Menguntungkan, Omzet Mencapai Ratusan Juta !

Ternak Ikan yang Paling Menguntungkan
Ternak Ikan yang Paling Menguntungkan

Halo, kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang usaha ternak ikan yang paling menguntungkan. Bersyukurlah kita hidup di Indonesia, karena negara kita kaya akan sumber daya alam hayati, mulai dari berbagai jenis hewan sampai banyak tumbuhan yang hidup di Nusantara ini.

Begitupun dengan fauna yang ada di Nusantara, banyak sekali hewan yang tumbuh di Indonesia mulai dari hewan laut, darat, dan udara.Hal ini disebabkan karena letak geografis Indonesia hanya memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan penghujan atau beriklim tropis.

Dan efeknya hampir semua makhluk hidup termasuk hewan ternak bisa hidup di Indonesia dengan ikilm tropis. Salah satu usaha peternakan yang paling menuntungkan adalah budidaya ikan. Karena bukanlah hal yang sulit untuk membudidayakan ikan tawar di Indonesia.

Usaha peternakan ikan air tawar kini banyak digemari oleh para pelaku usaha sebagai salah satu peluang bisnis yang menguntungkan. Indonesia yang merupakan negara dengan jumlah penduduk paling banyak ke empat dunia tentu menjadi peluang besar bagi para pelaku bisnis.

Dengan berkurangnya hasil tangkapan ikan laut karena overfishing maka penggantinya adalah ikan air tawar seperti ikan lele, nila, gurame, dan lainnya. Semakin banyaknya permintaan pasar juga akan meningkatkan semangat usaha budidaya ikan air tawar ini, tentunya dengan dukungan pemerintah.

Ternak Ikan yang Paling Menguntungkan

Image for post
Image for post

Dari berbagai jenis ternak ikan air tawar yang dibudidayakan, berikut ini adalah usaha ternak ikan yang paling menguntungkan :

1. Ikan Lele

Serta yang masih membingungkan adalah masih saja ada daerah yang masih kekurangan pasokan ikan lele padahal cara beternaknya saja mudah, contohnya kota Yogyakarta.

Peternak lele lokal jogja belum mampu memenuhi permintaan konsumsi lele di kota sendiri, akhirnya harus membutuhkan pemasok dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi lele.

2. Ikan Nila

Ikan nila atau Oreochromis niloticus sangatlah mudah untuk dibudidayakan, Nila kuat terhadap gangguan penyakit yang biasa dialami ikan lainnya. Dari sepasang indukan nila dapat menghasilkan 250–1000 butir telur, jumlah yang sangat banyak.

Inilah yang menjadikan ikan nila sebagai salah bisnis ternak ikan air tawar yang menguntungkan.

3. Ikan Gurame

Tetapi pembesaran seperti itu tidaklah ekonomis karena akan memakan waktu lama dan biaya yang lebih banyak. Idealnya gurame yang sudah siap dikonsumsi memiliki ukuran 1/2–1 kg.

Di Asia Tenggara dan Tengah ikan gurame adalah salah satu ikan favorit untuk dikonsumsi. Namun di negara lain, ikan gurame biasanya hanya dipelihara di dalam akuarium sebagai ikan hias.

4. Ikan Mas

Ternak jenis ikan ini sangatlah cocok dikembangkan di tempat yang beriklim tropis, itulah kenapa di Indonesia banyak peternak yang membudidayakan ikan mas. Ikan mas bisa dibudidayakan di kolam mengalir, tanah, dan keramba atau jaring terapung.

Ikan mas hanya memerlukan waktu 4–5 bulan agar siap dikonsumsi, waktu yang cukup bagi para peternak untuk mendapatkan hasil panen.

5. Ikan Patin

Pembesaran ikan patin biasanya membutuhkan waktu 6 bulan, namun tidak ada patokan khusus ukuran ikan patin agar siap dikonsumsi. Ukuran panen juga berbeda tiap daerah, tergantung permintaan pasar. Khusus untuk pasar ekspor ukurannya lebih besar daripada pasar dalam negeri dengan waktu pembesaran lebih dari 6 bulan.

6. Ikan Bandeng

Jika kalian tinggal di pinggiran pantai maka membudidayakan ikan bandeng adalah pilihan yang paling tepat. Sebab perawatan ikan bandeng membutuhkan air yang memiliki kandungan garam sedang. Kebanyakan peternak bandeng menggunakan kolam tambak, tetapi anda juga bisa memakai terpal dengan syarat harus sering mengecek kondisi garam kolam.

7. Ikan Kakap

Akan tetapi jangan hanya di lihat dari harganya saja, karena sampai saat ini kebutuhan ikan kakap untuk memenuhi permintaan pasar masih sangat kurang. Jika anda serius ingin beternak , anda dapat berkonsultasi dengan hotel atau restoran terdekat untuk memasarakan jenis bisnis ini juga utuk menambah relasi.

8. Ikan Koi

Banyak sekali macam macam ikan koi dengan berbagai macam pola dan corak warna yang berbeda beda. Sehingga sangat indah dipandang dan peminatnya juga sangat banyak.

9. Ikan Arwana

10. Ikan Hias

Ada beberapa jenis ikan hias yang populer dan tentunya tinggi peminatnya yaitu ikan lohan, oscar, louhan, cupang, dan lain sebagainya. Dan ini akan menjadi peluang bagi anda untuk mencoba membudidayakannya kerena tingginya minat masyarakat.

Itulah daftar usaha ternak ternak ikan yang paling menguntungkan yang dapat dijadikan sebagai masukan ke kalian yang masih bingung mau tenak apa. Semoga bisa membantu kalian dan sampai jumpa di artikel lain.

Written by

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store