Android Development Starter Kit

Semua sudah menjadi mobile. Anda bangun tidur, beranjak tidur, bosan, bingung, penasaran, handphone sudah menjadi teman anda setiap waktu. Tak heran aplikasi-aplikasi handphone semakin banyak dengan tantangan rumitnya kehidupan manusia. Ide ide aplikasi selalu terlintas di benak para innovator, mulai dari hal sepele sampai berbisnis, semua dapat diwujudkan oleh komputer sebesar genggaman tangan ini.

Android sebagai salah satu penguasa platform handphone, memberi kesempatan kepada dunia untuk develop aplikasi yang bisa menyelesaikan masalah kehidupan manusia sehari-hari. Mulailah orang tertantang untuk memasuki dunia pengembangan yang bisa dinikmati oleh 87% pengguna handphone di seluruh dunia, Android Development.

Ada 2 hal inti yang menjadi keunggulan ide aplikasi Android dibandingkan yang lain. Pertama adalah mobilitas, hampir semua orang sudah memiliki handphone yang terhubung internet, otomatis aplikasi anda bisa berhubungan langsung dengan seluruh pengguna dimanapun dan kapanpun. Contohnya adalah aplikasi messaging seperti Line, atau aplikasi social media seperti Instagram. Kedua adalah location, seperti yang kalian ketahui di handphone anda sudah tertanam GPS yang bisa mendeteksi dimana posisi kalian di muka bumi ini, aplikasi anda bisa kalian integrasikan dengan fitur ini. Contoh aplikasi terkenal yang menggunakan GPS adalah Gojek.

Ada 2 keunggulan aplikasi Android dibanding yang lain : Mobilitas dan Lokasi

Android Development memiliki komunitas yang luas, support dari Google yang mengayomi, serta tutorial di internet yang sangat banyak. Tidak seperti iOS development yang hanya dikembangkan di MacOS, Android Development dikembangkan di komputer dengan sistem operasi Windows, Linux, atau macOS dengan minimum RAM 4 GB. Meskipun di situs resmi mereka menyatakan 2 GB adalah minimum, saya sarankan 4 GB karena pengalaman ketidaknyamanan develop dengan RAM 2 GB.

Memiliki PC yang nyaman ketika develop Android sangatlah penting untuk kedepannya, kecuali anda bisa sabar dalam menghadapi kelambatan. Software Tools yang akan anda gunakan adalah Android Studio, lingkungan development (IDE) anda untuk bermain dan bekerja mengembangkan aplikasi Android. Jika anda pernah mendengar orang mengembangkan dengan Eclipse, percayalah, jangan ikuti.

Minimum System Requirement : Windows/Linux/MacOS | 4GB RAM | 2GB Memory Space (SSD is far more better) | Java Development Kit (JDK) 8

Bahasa Pemrograman

Untuk membuat sebuah aplikasi di Android, kita perlu “berbicara” dengan komputer. Sederhananya, kita perlu bahasa agar kita bisa memberi perintah-perintah untuk komputer supaya menjalankan aplikasi sesuai keinginan kita. Untuk Android Development, bahasa itu adalah Java. Bahasa pemrograman universal yang menganut paradigma Object Oriented Programming (OOP). Kalau anda memperhatikan, di system requirement ada syarat JDK 8, itu maksudnya adalah anda perlu install Java di PC anda sebelum install Android Studio.

Sebagai tambahan, ada bahasa/konsep lain yang mungkin akan anda pelajari kedepan misalnya XML yang sangat berperan penting dalam mengatur tampilan (front-end), SQLite suatu bahasa standard yang digunakan untuk menyimpan data-data lokal, Git yang akan anda hadapi jika ingin develop bersama tim, dan juga JSON yang akan anda hadapi ketika ingin menyambungkan aplikasi kalian ke cloud.

Coding Preview

Sebelum benar-benar belajar lebih dalam, tidak ada salahnya kalau kita mencicipi rasanya ngoding di Android. Disini saya akan mendemonstrasikan beberapa code Android sederhana di XML dan Java. Yang saya bold adalah kata kunci yang penting untuk membayangkan apa yang dilakukan code setelah dieksekusi.

Dibawah adalah contoh XML yang menampilkan sebuah text Hello World! mempunyai ukuran tampilan 200x240dp, bold, dan memiliki warna abu-abu gelap

<TextView
android:layout_width="200dp"
android:layout_height="240dp"
android:textStyle="bold"
android:text="Hello World!"
android:background="@android:color/darker_gray" />

Dibawah adalah contoh potongan code di Java yang ketika myButton di click, akan mengubah text dari myText menjadi Hello Guys

myButton.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {
@Override
public void onClick(View v) {
myText.setText("Hello Guys");
}
});

Mudah bukan?

Tempat Bermain

Hal pertama yang sebaiknya anda ketahui adalah, jangan beli buku tutorial berbahasa Indonesia yang ada di toko buku, selain karena tidak afdholnya code komputer ditulis di atas kertas, perkembangan Android akan terus berubah dan bisa jadi code yang ada di buku sudah tidak valid lagi (obsolete) sebelum anda membaca buku tersebut.

Banyak sekali tutorial di internet, walaupun sudah ada yang berbahasa Indonesia, namun saya sarankan anda untuk terbiasa membaca tutorial yang berbahasa Inggris. Berikut situs-situs yang bakal anda sering kunjungi ketika belajar Android Development:

Udacity

Situs ini menyajikan kuliah-kuliah tentang Android Development sangat lengkap. Semua kuliah diberikan dengan video interaktif yang disiapkan oleh praktisi-praktisi profesional dari instansi ternama seperti Google, Amazon, Nvidia, Facebook dll. Setelah anda mendaftar, coba lihat katalog kelas, disana anda akan menemukan Category di bagian kiri atas, pilih Android, dan semua kuliah tentang Android akan tersaji secara rapi. Saya sarankan ambil kuliah bernama Android Development for Beginners, disana akan diajari cara ngoding Android dari awal, bahkan jika anda belum tahu sama sekali cara ngoding.

Android Developer Official Site

Situs resmi satu ini pastinya menyajikan konten-konten terupdate dari Android, namun kadang kita kesulitan memahaminya karena bahasanya yang kadang terbaca seperti bahasa alien. Biasanya kita disini ingin melihat cara paling direkomendasikan dan melihat dokumentasi-dokumentasi class yang ada di Android. Saran saya, selalu jadikan situs ini kiblat selama anda dalam proses pembelajaran Android.

Stack Overflow

Kalau official site memiliki bahasa yang berbelit-belit, sebaliknya di sini sangat to-the-point. Sistemnya adalah Q&A. Ada orang bertanya, kemudian jawaban yang paling valid sudah tersaji di urutan jawaban paling atas. Biasanya kalau anda stuck pada suatu masalah ketika mengembangkan aplikasi, solusinya adalah menemukan jawaban anda secara cepat di situs ini.


Mempelajari Android Development pada saat ini sangat lah penting dan menyenangkan, mungkin terlihat susah pada awalnya, tapi itulah tantangannya. Tak diragukan lagi banyak instansi, startup, bahkan individu yang mencari para Android Developer di Indonesia. Inilah saatnya, cobalah!

Terima kasih telah membaca artikel ini, kalian bisa temukan saya di Facebook, Twitter, atau LinkedIn