Oke deh sekarang ngomongin ebay alias jualan di ebay.

Apa sih ebay itu?

Mungkin banyak yang belum atau sudah tau, oke deh gini, ebay itu adalah semacam fjb kaskus atau bukalapak nya dunia.

Yaa, seperti itu. Tempat jual beli online sama seperti yang hampir kita semua pernah yang namanya beli jual online.

Apa beda nya?

Nah ini yang menarik, kenapa saya bilang menarik?, karena pasarnya super luas. Sama seperti berjualan di dalam kelas kuliah dengan kapasitas 40 orang dan berjualan di luar kelas dengan potensi dan kapasitas lebih besar, mungkin antara 1000 orang. Mana yang akan kamu pilih?

Melayani pembelian 40 orang tetap atau beradu dengan penjual lain dengan potensi pasar 1000 orang acak.

Maksud saya adalah, di ebay, kita sebagai penjual punya kesempatan bersaing dengan penjual lain dari seluruh dunia dengan cara dan trik marketing beda-beda dan barang jualan yang beda juga.

Faktanya, banyak ebay seller dari Indonesia yang sukses meraup puluhan, ratusan sampe ribuan dollar per bulan dari sana.

Trus jualan apa aja sih?

Nah ini dia, banyak yang bisa dijual di ebay. Setau saya sih banyak orang yang jual kaos custom design, rokok sampai barang-barang customer good lainnya.

Dengan range keuntungan antara 100–200rb sangat berbeda jauh dengan pasar lokal.

Bahkan pengalaman saya bisa ambil untung 400–500rb dari harga beli.

Sangat menjanjikan, cukup standby paket data internet transaksi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Bayangkan jika kita punya banyak macam barang untuk dijual, klo per buah nya saja keuntungan bersih minimal @100rb , apabila kita punya 5 atau 10 barang berbeda yang laku tiap harinya, busa kepegang tuh 15jt-20jt per bulan bersih. Menjanjikan kan?? Sangat

Sampai hari ini pun saya masih menjalankan bisnis ini, walaupun belum nyampe kirim 5–10 barang per hari sudah lumayan untuk ukuran amatir.

Saya tidak berpikir untuk cari jalur aman dengan fasilitas tertentu dengan pindah jalur wirausaha ke pekerja kantoran, tiap kali usaha sepi dan saya habiskan untuk berpikir soal tingkat penghasilan, pilihan saya selalu kembali wirausaha alias berjualan.

Selalu ada harapan ke depan untuk apa yang kita usahakan dan selama saya punya Tuhan, tidak ada yang tidak mungkin. Sekarang saya berusia 31 thn, sisa waktu yang saya miliki hanya 30 tahun untuk kerja keras dan kerja cerdas, itupun klo Tuhan ga panggil saya duluan hehe.

Tomorrow is mistery, yesterday is history but TODAY IS A GIFT.

Saya bersyukur hari ini terlahir dari seorang ibu yang terus mensupport saya, tiap hal yang saya lakukan, walaupun kadang hati nurani seorang Ibu yang tidak tega melihat anaknya kesusahan dengan mengambil resiko untuk berwirausaha. Sungguh bukan Ibu tidak mendukung, tapi hanya takut kalau- kalau apa yang kita usahakan tidak mendapat hasil sehingga akan menyebabkan kita susah.

Agak melenceng dari ebay ya, hehe ok deh kita balik lagi.

Selama ini kurang lebih 5 tahun saya berbisnis ebay, tidak ada strategi khusus untuk penjualan kenapa akhirnya dari sekian juta orang di dunia mau bertransaksi dan percaya kepada apa yang saya jual. Saya hanya menawarkan sesuatu yang bermanfaat untuk mereka, tidak tipu-tipu, dengan tampilan gambar atau foto yang jelas dan keterangan yang sederhana.

Kendala saya belakangan ini adalah di akun paypal, karena sering terjadi limit sedangkan bisnis harus tetap berjalan.

Kondisi paypal limit adalah kebijakan pihak manajemen paypal untuk membekukan rekening virtual yang kita miliki berdasarkan alasan tertentu yang kadang suka bikin gregetan. Dampaknya adalah kita tidak bisa kirim uang, ambil uang, terima pembayaran dll padahal ada isinya (banyak, hehe ) sombong dikit boleh ya.

Selama saya bisa ajukan banding atas keberatan limit paypal, maka rekening virtual saya aman. Jika tidak maka yang saya lakukan adalah membuat akun paypal baru dengan identitas baru, alamat baru, rekening lokal baru termasuk alamat email dan no hp baru, yang tidak bisa dipalsukan.