Manusia Hidup untuk Menjadi

Fariz Agung
5 min readApr 18, 2020

--

Naik Turun Kehidupan

Saya yakin kalau kebahagiaan tiap orang itu engga bisa diukur dengan penggaris yang sama. Wajar kalau kita punya definisi “bahagia” yang beda. Mau itu bedanya sama temen atau bahkan sama orang tua kita, engga masalah sebenernya. Sejatinya banyak banget hal yang ngaruh langsung sama apa yang kita rasain, tapi paling bener kalau sumber kebahagiaan itu bisa kita kenal secara pasti dan berasal dari dalem diri, iya engga?

Waktu kecil hal yang paling bikin saya seneng itu pergi ke sekolah. Banyak banget hal yang bisa saya lakuin disana. Sebentar, jangan mikir saya seneng sekolah karena hobi belajar ya. Saya seneng karena di sekolah bisa ketemu banyak temen. Setiap hari main bola. Kadang bolanya mecahin kaca kelas atau dirampas guru. Kadang habisnya ketawa-tawa atau engga berantem sampai entah gimana tangan kiri saya patah. Pokoknya sekolah itu adalah definisi taman bermain yang paling bikin bahagia. Hal yang saya hindarin cuman satu, jadi orang yang engga ngerti sama apa yang udah diterangin. Satu-satunya waktu belajar cuman pas gurunya nerangin, yang penting fokus. Simple banget alesannya, saya engga mau nahan malu karena terlihat bodoh kalau ada guru random nanya pertanyaan atau nyuruh siswa ke depan buat ngerjain soal.

Naik jenjang pendidikannya dikit, hobi saya ada modifnya, nongkrong deket lapangan basket. Mulai banyak tau hal hal yang harusnya engga saya tau, contohnya warteg mana aja yang buka pas bulan puasa. Waktu itu rokok yang paling ngehits namanya flava. Ice blast masih jadi barang yang super mewah. Saya tahu dimana tempat belinya. Jangan salah sangka dulu, tahu bukan berarti pernah kan ya. Asik banget hidup cuman nongkrong, main basket, main di basecamp, main kartu, intinya main-main doang isinya. Kayak ada yang salah gitu ya kenapa semuanya lancar dan seneng-seneng doang isinya.

Nambah usia lagi saya mulai bosen sama hidup yang isinya cuman nongkrong dan main-main. Pengen untuk nyoba ikut organisasi supaya bisa lebih berkembang. Inspirasinya waktu pertama diospek ngeliat anak OSIS kesannya keren aja gitu. Lama-lama semacam nyesel karena selama ini engga ngisi waktu dengan baik, cuman haha hihi doang di teras lapangan, belum lagi SMA saya juga engga punya lapangan dalem gedung sekolahnya. Jadi ya saya coba ikutan seleksi masuknya organisasi. Singkat cerita alhamdulillah lancar dan saya jadi salah satu pengurusnya. Hitungannya cukup sibuk karena saya bertanggung jawab untuk 5 seksi dari mulai seksi keagamaan sampe seksi yang ngurusin kaderisasi. Saya ngebantu ketua osis sebagai tangan kanannya waktu itu.

Masuk kuliah saya engga masang target yang muluk-muluk. Ibarat kata cuman pengen “hanging around and having fun”. Udah cukup lah dulu pengalaman organisasi, udah tau juga rasanya gimana, waktu yang kepakenya seberapa banyak , saya rasa udah di jaman kuliah ini saya engga mau involved lagi dengan hal yang begituan. Ternyata rencana engga berjalan kayak apa yang saya rancang diawal, tapi engga apa-apa karena justru saya dapet banyak banget pembelajaran dan saudara baru.

Hanging Around and Having Fun

Saya percaya sedikit banyak pengalaman empiris dan lingkungan bisa jadi salah satu faktor yang ngebentuk manusia secara value dan karakter. Manifestasi dua hal itu mudah untuk dirasa dan dilihat dari kebiasaan juga orientasi mereka. Hal yang paling penting dari cerita singkat ini adalah perjalanan untuk lebih kenal sama diri sendiri. Lewat refleksi gimana kita ngegunain waktu yang ada di masing-masing fase kehidupan bisa ngebawa kita lebih paham sama diri sendiri.

Di titik ini, saya sadar kalau kebahagiaan saya engga pernah sekali pun dateng dari jabatan. Sumbernya selalu dari orang-orang yang ada di kanan kiri saya. Saya akan ngerasa bahagia ketika bisa ngeluangin waktu untuk makan dan ngobrol bareng ibu atau untuk video conference sama sobat kuliah abis semua deadline kerjaan selesai. Jabatan engga akan ngebuat orang makin keren. Orang akan keren karena apa yang melekat di dalem diri mereka. Makanya kadang saya heran sama orang yang ngebet banget pengen jabat ini dan itu. Bukan cuman repot karena banyak hal yang harus dikorbanin, tapi yang namanya amanah bukan cuman di dunia kan dipertanggung jawabkannya. Saya rasa pertimbangan untuk ngambil amanah itu harusnya jadi hal berat, bukan hal yang dikejar dari awal penuh syahwat.

Sumber Kebahagiaan

Saya banyak belajar solidaritas dari mereka yang seragam sekolahnya bau asep rokok. Awal kenalan sama tujuan hidup diatas sejadah masjid sekolah. Paham tentang apa itu kasih sayang dari ibu saya tercinta. Belajar mimpin orang, gagal, terus bangkit lagi di tanah pangripta, termasuk ketemu sobat seumur hidup juga disana. Hidup itu dinamis, engga akan kita terus diem di tempat yang sama untuk waktu tak hingga, paling penting gimana caranya kita bisa terus belajar kapanpun dan dimanapun itu.

Diabadikan dan Mengabadikan, senyumnya masih ada di foto, orangnya udah kepencar-pencar

Bentuk paling konkret dari rasa syukur bisa ditunjukin lewat selalu ngasih yang terbaik dari apa yang bisa kita kasih. Relevan untuk konteks keluarga, kerjaan, atau pertemanan. Inget juga cashflow quadrant di bukunya Robert Kiyosaki yang macem buku sejuta umat itu. Saya ngemaknainnya bukan ke arah profesi kita ada di kuadran yang mana, tapi gimana kita punya metode saving yang relevan supaya bisa invest dan ada di kuadran I.

Di akhir tulisan, secara tersirat saya ngegambarin kalau bahagia itu jadi muara yang dituju dari judul tulisan ini, “Manusia Hidup untuk Menjadi”. Kebahagian punya definisi juga sumber yang variatif, tergantung dari siapa yang definisiin. Saya bahagia ketika bisa nikmatin waktu bareng mereka yang saya sayang. Untuk saya kata bahagia itu engga melekat ke pencapaian atau jabatan, tapi melekat ke dengan siapa dan seperti apa saya berproses. Dimulai dari hal yang simple, usaha ngasih yang terbaik untuk mereka yang saya sayang, juga untuk kerjaan sebagai bentuk konkret dari rasa syukur.

Fariz Agung,

Bandung, hampir sepertiga malamnya 19 April 2020

--

--