Kotlin Basic (3) : OnClick Action & Intent

Fatima Azzahro
Sep 16 · 3 min read

Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel Kotlin Basic: Activity dan artikel Kotlin Basic: RecyclerView.

Pada artikel sebelumnya, kita telah membuat Aplikasi Android menggunakan Bahasa Kotlin untuk menampilkan daftar (list) produk serta halaman detail produk. Selanjutnya, kita akan menambahkan aksi klik pada Button dan RecyclerView Item, serta aksi berpindah ke halaman lain.

Intent Move to Other Activity

Untuk menambahkan aksi klik pada Button kita perlu menambahkan onClick Listener. Sedangkan untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain, kita dapat menggunakan Intent.

Tambahkan baris kode berikut di MainActivity.kt agar Button Add Product dapat ditekan kemudian melakukan perpindahan dari halaman utama List Product ke halaman Detail Product.

OnClick Action in List Item

Kita akan mengimplementasikan aksi klik di setiap Item pada List Product di halaman utama. Terlebih dahulu, kita perlu menambahkan Interface dan mengimplementasikan onItemClickCallback di kelas ListProductAdapter.kt.

Hasil akhir dari ListProductAdapter.kt adalah sebagai berikut:

Selanjutnya, kita implementasikan onItemClick di kelas MainActivity.kt sebagai halaman utama yang menampilkan List Product. Kita tambahkan fungsi setListClickAction(), dan sedikit penyesuaian kode di fungsi lain.

Intent Move to Other Activity with Data

Di awal tadi, kita telah menggunakan Intent untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain. Kali ini, kita akan menggunakan Intent untuk mengirim data ke halaman lain.

Kita akan menangkap data nama, harga, dan gambar suatu Item di List Product yang dikirimkan dari Main Activity ke Detail Product. Untuk itu, kita perlu menambahkan kode di kelas DetailProductActivity.kt

Data Item dari List Product yang di-klik akan dikirimkan ke halaman Detail Product untuk ditampilkan. Mari kita ubah fungsi setListClickAction() di dalam kelas MainActivity.kt sebagai berikut:

Hasil akhir dari kelas MainActivity.kt adalah sebagai berikut:

Data yang ditangkap di halaman Detail Product kemudian kita tampilkan dengan menambah kode sebagai berikut:

Sehingga hasil akhir dari kelas DetailProductActivity.kt adalah sebagai berikut:

    Fatima Azzahro

    Written by

    Female developer who passionate in Information Technology. Love learning and sharing to others. Github: https://github.com/fatimazza

    Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
    Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
    Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade