Menggali Passion UX Design melalui MBKM Studi Independent di Binar Academy

Fauziah reza oktaviyani
3 min readJun 7, 2023

--

Hi semuanya!

Saya ingin berbagi pengalaman menarik saya selama mengikuti MBKM Studi Independent di Binar Academy. Cerita ini dimulai ketika saya mendapatkan informasi tentang program Kampus Merdeka yang menawarkan konversi 20 SKS. Kabar ini membuat saya tertarik dan bersama dengan beberapa teman, kami mulai mengurus persyaratan di kampus seperti SPTJM, rekomendasi dosen, dan dokumen-dokumen lainnya.

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat itu apasih?

Jadii program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis di dunia kerja serta mengeksplorasi minat mereka di luar kurikulum universitas. Melalui program ini, mahasiswa dapat bekerja di perusahaan atau organisasi sebagai magang, menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari, dan mendapatkan wawasan tentang lingkungan kerja. Mereka juga dapat melakukan studi independen dalam bidang yang mereka pilih, dengan bimbingan seorang mentor, untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan. Setelah menyelesaikan program, mahasiswa akan memperoleh sertifikat yang mengakui pencapaian mereka dalam pengembangan keterampilan dan pemahaman di luar kurikulum akademik.

Setelah melewati tahapan seleksi, akhirnya saya menerima kabar bahwa saya diterima di program studi independen yang saya pilih. Saat itu, saya memilih untuk mengikuti program studi independen di bidang UX Design di Binar Academy. Keputusan ini didorong oleh minat dan antusiasme saya dalam bidang desain antarmuka pengguna.

Ngapain aja selama 6 bulan?

Dari saat itu, perjalanan belajar yang seru dimulai. Dalam program ini, saya mendapatkan kesempatan untuk belajar dari para profesional berpengalaman di industri, serta terlibat dalam berbagai proyek dan tantangan yang menantang.

Di sini, saya merasa lebih terlibat dalam proses pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Selain kuliah daring, Binar Academy juga menyediakan berbagai game dan tantangan yang dirancang secara khusus untuk membantu kami memahami materi dengan lebih baik. Tantangan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga membuat saya semakin tertarik pada bidang UX Design.

Apa saja yang dipelajari?

  1. Konsep Dasar UX
    Mahasiswa akan memahami prinsip-prinsip dasar User Experience dan pentingnya pengalaman pengguna yang baik dalam desain produk.
  2. Riset Pengguna
    Mahasiswa akan belajar metode riset untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku pengguna sehingga dapat merancang solusi yang sesuai.
  3. Analisis Kebutuhan Pengguna
    Mahasiswa akan menggali informasi dari riset pengguna untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah pengguna, serta menghubungkannya dengan tujuan bisnis.
  4. Perancangan UI/UX
    Mahasiswa akan belajar membuat sketsa, wireframe, dan prototipe interaksi yang intuitif dan efektif untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
  5. Pengujian dan Evaluasi UX
    Mahasiswa akan mempelajari teknik pengujian dan evaluasi produk untuk mengidentifikasi masalah dan memperbaiki pengalaman pengguna.
  6. Desain Visual
    Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip desain visual, penggunaan warna, tipografi, dan elemen grafis untuk menciptakan tampilan yang menarik dan konsisten.
  7. Proyek Praktis dan Studi Kasus
    Mahasiswa akan berpartisipasi dalam proyek-proyek praktis dan studi kasus yang memberikan pengalaman nyata dalam mengaplikasikan konsep-konsep dan keterampilan UX Design.

Apa yang paling berkesan?

Salah satu hal yang paling saya nikmati selama program MBKM ini adalah kesempatan untuk berkenalan dengan mahasiswa dari berbagai kampus. Kami memiliki kesempatan untuk berkolaborasi, berdiskusi, dan bertukar ide dengan orang-orang yang memiliki minat dan minat yang sama. Ini tidak hanya memperluas jaringan saya, tetapi juga memberi saya wawasan baru dan perspektif yang beragam dalam dunia UX Design.

Selain itu, dalam perjalanan MBKM ini, saya juga dapat berkolaborasi dengan rekan-rekan yang memiliki minat dalam project management. Kami diberikan kesempatan untuk membuat sebuah proyek akhir yang menggabungkan elemen UX Design dan project management. Proses kolaborasi ini sangat menarik karena kami dapat saling belajar dan berkontribusi dalam membangun solusi yang inovatif dan efektif.

Gimanasi capstone projectnya?

oh ya bagi kamu yang pingin lihat video promosi aplikasi kami, bisa lihat videonya di bawah ini

https://youtu.be/jWRYCRZIMxI

Kesimpulan

Secara keseluruhan, pengalaman saya selama MBKM Studi Independent di Binar Academy sungguh luar biasa. Saya dapat mengeksplorasi minat saya dalam bidang UX Design dengan dukungan dan panduan dari para profesional yang berpengalaman di industri ini. Saya juga mendapatkan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan melalui game dan tantangan yang disediakan oleh Binar Academy.

Saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini dan saya yakin bahwa pengalaman ini telah memberikan kontribusi yang berharga bagi perkembangan pribadi dan profesional saya. Saya berharap dapat terus mengembangkan keterampilan UX Design saya dan mengaplikasikannya dalam proyek-proyek yang menarik di masa depan.

Terima kasih telah membaca cerita pengalaman saya!

--

--