Cara Install dan konfigurasi Laravel 7

Febriansyah
3 min readApr 5, 2022
Install Laravel Spesific Version

Cara Install Laravel Spesifik Versi

Hallo Semuanya, dikesempatan kali ini saya ingin memberi tahu bagaimana cara untuk menginstall laravel dengan versi yang spesifik. biasanya dalam kasus saya, saya harus menginstall laravel dengan versi yang spesifik dikarenakan project dari perusahaan saya biasanya sudah dibuat dalam waktu lama dan saya harus menginstall versi laravel tersebut yang tentunya belum ter up to date. atau mungkin biasanya cara ini digunakan untuk teman teman yang ingin belajar atau yang belum bisa move on dari laravel versi sebelumnya :)

Pertama bahan yang harus disiapkan yaitu composer, jika teman teman belum menginstall composer, silahkan download composer di link dibawah. dan untuk tutorial cara install composer akan saya bahas di tulisan saya selanjutnya
https://getcomposer.org/download/

Langkah pertama buka terminal teman teman, Kemudian ketikan perintah berikut. disini saya akan menginstall laravel 7

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel project "7.*"

Jika sudah di Enter tunggu hingga proses instalasi laravel selesai

Jika sudah selesai kemudian check ke folder directory untuk memastikan apakah project laravel yang kita install sudah ada di dalam directory

Masuk ke dalam folder project laravel teman teman dan kemudian jalankan perintah berikut untuk mengecheck versi project laravel.

php artisan -V

Kemudian Setelah kalian berhasil menginstall project laravel kalian ke PC/Komputer kalian. kemudian jalankan perintah berikut untuk membuat project key kalian.

php artisan key:generate

Berikut Penjelasan Singkat tentang kode diatas :

php artisan key:generate adalah perintah untuk men-generate random string yang digunakan sebagai key yang diperlukan untuk semua proses enkripsi dan dekripsi pada aplikasi kita

Kemudian jika file project laravel kalian belum ada .env maka copy atau ubah file .env.example kalian menjadi .env

.env file

Kemudian Sesuaikan Config Username, Password dan Database kalian. Setelah mengubah data di file .env kemudian jalankan perintah berikut

php artisan config:clear

Catatan Penting!: Setiap kali kita mengubah data file .env yang di panggil di dalam folder config.php. kita wajib untuk menjalankan perintah php artisan config:clear. karena file config.php kita akan tersimpan kedalam cache dan harus di hapus setiap kali ada perubahan.

--

--

Febriansyah

Just common backend developer who loves One Ok Rock so much.