Android dasar “Cara berpindah Layout (Activity) pada Android Studio”

Membuat aplikasi sederhana pindah Layout (Activity) pada Android Studio menggunakan Intent

gambar ini diambil dari https://www.tutorialspoint.com/android/android_intents_filters.htm

Intent

  • Intent adalah mekanisme untuk melakukan Action pada komponen dalam satu aplikasi yang sama maupun aplikasi lain. Pemanfaatannya sebagai berikut :
  • Untuk berpindah halaman dari satu Activity ke Activity lain dengan atau tanpa data
  • Untuk menjalankan background Service misal dibutuhkan sebuah proses service untuk mengambil lokasi pengguna, download file atau sikronisasi ke server
  • Untuk menyampaikan sebuah objek dari komponen Broadcast misal jika ingin mengetahui jika device Android sudah selesai booting setelah diaktifkan

Explicit dan Implicit Intent

  • Explicit Intent
  • Untuk mengaktifkan komponen-komponen dalam satu aplikasi yang sama misal : Berpindah Activity atau mengaktifkan service untuk mendownload file secara background
  • Implicit Intent
  • Untuk mengaktikan komponen dari aplikasi lain. Misal : mengaktifkan dial phone pada aplikasi Telp, mengaktifkan driving direction pada Google Maps atau mengirimkan pesan via Gmail, sms atau aplikasi lainnya.

Ilustrasi

Ilustrasi bagaimana Intent mengaktifkan Activity pada aplikasi lain.

  1. Activity A membuat Intent untuk melakukan sebuah Action dengan data object yang ada.
  2. Sistem Android akan mencari aplikasi yang cocok Berdasarkan Intent filter
  3. Activity pada aplikasi yang cocok akan ditampilkan.

Pelajari lebih lanjut di https://developer.android.com/guide/components/intents-filters.html

Nah tadi adalah sedikit gambaran tentang apa itu intent? sudah mudeng kan? hehehe :). kalo belum mudeng mari kita langsung praktekan saja dengan coding di Android Studionya :)

  1. Kita buat project baru di Android Studio. Jika belum tahu cara buat project baru di Android Studio? silahkan baca Tutorial cara membuat aplikasi di Android Studio
  2. Jika sudah bisa membuat project baru maka kita kasih attribut TextView dan Button.

3. Untuk membuat tampilan seperti diatas ada dua cara yaitu dengan cara drag and drop atau dengan cara menulis codingnya langsung di activity_main.xml seprti berikut:

4. Langkah selanjutnya adalah membuat Activity baru untuk perpindahannya.

5. Berikut adalah cara membuat activity baru :

5. Setelah membuat Activity baru maka kita mamerlukan 2 attribute TextView sehingga tampilanya menjadi seperti berikut:

6. Setelah terdapat 2 Activity maka sekarang kita mengatur attribute Button pada activity_main.xml supaya ketika di klik maka secara otomatis akan berpindah ke activity_second.xml (Activity kedua). Bagaimana caranya? perhatikan gambar berikut!

pada gambar diatas kita taruh kursor pada onClick”Pindah” lebih spesifiknya taruh kursor pada “Pindah” lalu akan muncul icon seperti bohlam berwarna kuning lalu kita klik saja atau tekan alt+enter sehingga muncul perintah Create’Pindah(View)’in ‘MainActivity’ sehingga secra otomatis akan muncul code pada MainActivity.java sebagai berikut:

7. Sekarang kita implementasikan Intent kedalam public void Pindah(View view) karna merupakan fungsi dari onClicknya. Tambahkan code seperti berikut:

Tambahkan code diatas diluar fungsi onCreate karena code didalam fungsi onCreate akan dieksekusi ketika layout ditampilkan, sedangkan kita ingin kode tersebut dieksekusi pada saat tombol pindah ditekan.

8. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah code program secara lengkap

9. Jika sudah seperti diatas maka kita run aplikasi kita! yang belum tahu bagaimana cara running aplikasi di Android Studio silahkan baca Tutorial Running aplikasi di Android Studio

Jika dianalogikan Kesimpilannya adalah Intent merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menjembatani antara FirstActivity dengan SecondActivity sehinnga pada kondisi tertentu fungsi Intent akan dipanggil untuk menampilkan SecondActivity. Seperti pada contoh diatas saya menggunakan kondisi ketika diklik(onClick)

10 Selesai :)

Sampai berjumpa lagi di tutorial Selanjutnya :) Terimakasih

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Febriyan A. Fatma’s story.