Stuff I did Today

  1. Bangun kesiangan karena bermain ponsel sebelum tidur sebenarnya kurang sehat. Ada cahaya biru yang membuat matamu merasa tertekan lalu diproses pada otak yang berujung mengurangi kualitas tidur.

2. Menikmati lagu di ponsel selama perjalanan berangkat ke kampus lalu dipercepat ketika playlist memutar musik Debussy. Kenapa aku jadi mempercepat musik klasik? Kenapa bukan dinikmati saja?

3. Bolak balik tiga kali naik tangga sampai lantai lima sambil berpikir apa di masa depan aku akan berterima kasih pada kampus yang tidak memiliki fasilitas lift?

4. Memikirkan masa depan untuk beberapa detik seperti soal di mana aku bekerja dan apa aku bisa lulus tahun depan? Lalu aku membuat pengakuan aku belum bisa membayangkan tahun depan apa yang akan kulakukan, temanku merasakan hal yang sama tapi memilih berganti topik. Pertanyaan seputar rencana kedepan belakangan menjadi topik membosankan dan dihindari.

5 Menyemangati teman yang sedang homesick, saat ini merasa tidak ada teman yang dapat menyemangatinya, jenuh dengan Bandung dan mungkin bosan kuliah.

6. Makan bola ubi untuk pertama kalinya di Pasar Baru dan segera jatuh cinta pada manis ubinya yang warbiasa! Aku suka bola ubi dan bentuknya lucu sekali seperti dragon ball.

7. Menghindari kubangan air di bawah payung bersama teman. Lompat sana-sini tapi hasilnya tetap berakhir dengan kaos kaki basah. Kami tertawa lalu duduk dan memutuskan menunggu hujan lebih reda.

8. Beres-beres kamar dan memindai baju mana yang harus dilaundry, ada satu baju yang sudah hampir sebulan belum dicuci, berpola biru kotak dan semi transparan sehingga jarang dipakai. Baju pemberian sepupuku yang kemarin ulang tahun. Beberapa bulan lalu ia baru menikah, umurnya lebih muda dari aku dan sudah hamil, lalu aku membayangkan proses hamil serta melahirkan dan gemetar.

9. Makan ayam, kulitnya masih tersisa sedih sekali. Aku mengingat ayam sebagai hewan yang paling dieksploitasi. Katanya beberapa pemotongan ayam tidak menghargai ayam itu sendiri. Urat yang harusnya dipotong belum terpotong, si ayam tersiksa. Untuk membuat cock bulu tangkis ayamnya masih hidup? Bulu ayamnya dicabuti satu-satu? Ayam yang ditumpuk di truk ketika diturunkan di lempar sana-sini, bukan dioper dari tangan ke tangan justru dilempar ke atas jalan yang keras.

10. Sengaja mencari soundtrack Beauty and the Beast untuk didengar. Belle yang pemberani dan cerdas. Gaun kuningnya adalah favorit. Bagaimana caranya jadi wanita pemberani?

Like what you read? Give fikra dilla a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.