Berprofesi sebagai seorang Backend Developer selama lebih dari 10 tahun, ditambah sedang menjajal dunia Frontend belakangan ini, sebuah server yang accessible online selama 24/7 adalah sebuah kebutuhan dasar, terutama ketika kita akan launch kode yang telah kita develop.

Sebelum lanjut, mari kita perhatikan dulu beberapa terminologi berikut, yang akan sering saya pakai pada tulisan selanjutnya.

Hosting, yang umumnya kita pakai untuk “sekedar” deploy website statis sebenarnya adalah shared web hosting. Anda bisa membaca perihal Hosting ini di https://en.wikipedia.org/wiki/Shared_web_hosting_service

VPS, kependekan dari Virtual Private Server, bisa pembaca pelajari di https://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_private_server. VPS lebih tepat untuk kebutuhan saya karena saya membutuhkan kebebasan untuk instalasi berbagai teknologi yang saya gunakan untuk menjalankan kode yang saya develop. …


Pen and Paper, a topic which I choose to start my writings in the Medium universe. Wish to have this in a funny and attractive way. Will do my best.

Why ? Why am I mentioning them ? Simple, they help me a lot.

I am on my way in bootstrapping a micro SaaS, B2B platform for a segmented market. …

Fiqi Fitransyah

Get the Medium app