Pengalaman pribadi dengan produk VPS lokal dari CloudKilat

Berprofesi sebagai seorang Backend Developer selama lebih dari 10 tahun, ditambah sedang menjajal dunia Frontend belakangan ini, sebuah server yang accessible online selama 24/7 adalah sebuah kebutuhan dasar, terutama ketika kita akan launch kode yang telah kita develop.

Sebelum lanjut, mari kita perhatikan dulu beberapa terminologi berikut, yang akan sering saya pakai pada tulisan selanjutnya.

Hosting, yang umumnya kita pakai untuk “sekedar” deploy website statis sebenarnya adalah shared web hosting. Anda bisa membaca perihal Hosting ini di https://en.wikipedia.org/wiki/Shared_web_hosting_service

VPS, kependekan dari Virtual Private Server, bisa pembaca pelajari di https://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_private_server. VPS lebih tepat untuk kebutuhan saya karena saya membutuhkan kebebasan untuk instalasi berbagai teknologi yang saya gunakan untuk menjalankan kode yang saya develop. Fleksibilitas ini tidak bisa saya dapatkan daripada sebuah Hosting.

Untuk kebutuhan proyek dan produk pribadi, salah satu hambatan untuk menggunakan layanan yang sudah terkenal seperti AWS, Linode, dll adalah karena saya tidak memiliki kartu kredit, dan semua VPS yang pernah saya pakai membutuhkan media kartu kredit untuk pembayaran. Ditambah harga yang ditawarkan dalam mata uang asing, yang tentu saja menjadi pertimbangan dalam hal efisiensi budget. Anyway, hal-hal tersebut membuat saya harus mencari layanan VPS lokal

Hingga pada suatu hari pencarian saya bermuara pada sebuah layanan dari CloudKilat. Anda bisa mampir ke situsnya di alamat https://www.cloudkilat.com/. Lalu apa alasan saya untuk mencoba lanjut dengan CloudKilat ?

Yang pertama tentu saja metode pembayaran yang friendly dan harga yang relatif terjangkau. Saya bisa memanfaatkan pembayaran via ATM atau online banking yang biasa saya gunakan

Yang kedua, self-claim dari CloudKilat sendiri. CloudKilat menyatakan menyediakan “dukungan tim teknis yang berpengalaman untuk semua layanan”. Ditambah, CloudKilat berani untuk menyatakan bahwa mereka siap untuk melayani 24 jam

Yang ketiga, beberapa testimoni dari beberapa pengguna yang terpuaskan oleh layanan CloudKilat pun menjadi bacaan menarik.

Yang keempat, alamat perusahaan yang cukup terjangkau dan dekat dengan tempat saya. Jadi ya, kalau terjadi apa-apa bisa disamperin nih. Haha.

Sempat juga tertarik dengan beberapa penyedia layanan VPS lokal yang lain, hanya saja saya memutuskan untuk lanjut dengan CloudKilat ini.

Layanan CloudKilat yang paling pertama saya daftar adalah Kilat VM nya. Anda bisa cek http://www.cloudkilat.com/layanan/kilat-vm-2.0 untuk info lebih lanjut. Spesifikasi server nya yang menggunakan SSD adalah salah satu pertimbangan yang cukup penting dan mendasar untuk saya. Harga yang ditawarkan pun cukup bersahabat untuk sebuah VPS. Anda bisa cek harga server yang sesuai kebutuhan Anda pada tautan ini. Dan saat ini, saya telah terdaftar sebagai user yang memanfaatkan layanan paket XS untuk beberapa kebutuhan. Paket ini terbilang cukup murah, cuman sekitar kurang dari 200 ribuan per bulan.

Selanjutnya, tentu saja saya akan membutuhkan domain agar server saya yang running di Kilat VM bisa accessible through the internet, worldwide. Maka layanan CloudKilat selanjutnya yang saya gunakan adalah Kilat Domain. Anda bisa langsung cek http://www.cloudkilat.com/layanan/kilat-domain untuk info lebih lengkap. Alasan saya langsung mendaftarkan domain pada CloudKilat adalah agar segala sesuatunya bermuara pada 1 pintu saja.

Lalu, setelah sekitar 1 tahun lebih menggunakan layanan CloudKilat, apa saja pengalaman menarik yang saya rasakan ?

Stable Server. Saya bisa dibilang tidak pernah mengeluh soal kestabilan server nya. Bisa dibilang setiap saya akses baik dari browser maupun akses ke VPS nya via SSH, tidak pernah ada masalah

Great Speed. Hal ini sebenarnya bergantung pada beberapa hal. Tidak fair kalau kita tidak melakukan benchmark yang deep dan wide dengan berbagai tekhnik. Hanya saja, selama ini saya akses dari browser, kecepatan aksesnya cukup memuaskan. Bahkan pada beberapa halaman aplikasi yang saya kembangkan, yang saya yakin memakan waktu untuk mengolah query dan data-data nya.

Fast Payment Acknowledgement. Hanya dalam hitungan menit, setelah saya melakukan pembayaran tagihan dan upload bukti bayarnya, saya akan menerima email yang menyatakan kalau pembayaran saya sudah confirmed.

Best Customer Service so far. Ya mungkin aga sedikit tidak fair ketika saya menyatakan hal ini, karena saya baru mencoba CloudKilat saja. Tapi saya benar-benar dibuat senang dengan kecepatan respon dan jawaban CS nya. Bahkan saya pernah membuat ticket untuk menanyakan suatu hal dan dijawab dalam hitungan menit. Dan selama ini saya berkomunikasi dengan CS nya, belum pernah saya hitung mendapat respon lebih dari 1 jam.

Simple and User Friendly Interfaces. Tampilan CloudKilat cukup sederhana dan easy to catch menurut saya. Tidak butuh waktu lama untuk terbiasa, ketika pertama kali saya mendaftar dan mencoba untuk menggunakan fasilitas-fasilitas di dalamnya. Menu side panel yang sederhana pun membuat saya mudah memahami isi tiap menu yang disajikan

Akhir kata, saya termasuk salah satu satisfied customer yang cukup berani untuk merekomendasi layanan CloudKilat. Silakan Anda coba dan rasakan sendiri layanan-layanan CloudKilat sesuai kebutuhan Anda

Written by

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store