Your Identity is What You Consume

Firdhaussi
Mar 23, 2018 · 3 min read

Ingin sekedar berbagi tentang apa-apa yang aku pakai pada kulitku dengan pelbagai hal rasionalisasi yang aku punya. Here we go!

1. Lush — Snow Fairy Soap

2. The Body Shop — Rainforest Shampoo

3. Clean n Clear — Natural Bright Facial Wash

4. Johnson’s — Baby Powder

5. Kangen Water — Beauty Water

6. The Body Shop — Aqua Boost Essence Lotion from Vit E Series

7. The Body Shop — Lip and Cheek Stain Bright Peony (026)

8. Enzim —Fresh Mint Toothpaste

9. The Body Shop — Eye Reviver Duo Vit C Series

Rasionalisasiku atas pilihan produk itu adalah dua hal: Brand dan Fungsi

LUSH

Lush adalah satu perusahaan kosmetik yang membuat produknya secara handmade. Lush punya komitmen untuk tidak menggunakan animal testing dalam setiap produknya. Produk yang aku pakai adalah Snow Fairy yang baunya mirip bubble gum. YUMMY! Tidak terlalu mencolok baunya, tapi cukup nyaman.

Baca selengkapnya tentang LUSH: https://www.huffingtonpost.com.au/2017/04/23/here-are-all-the-causes-you-support-when-buying-lush-products_a_22048431/

THE BODY SHOP

Aku memang paling banyak menggunakan produk The Body Shop. Selain karena harganya tidak terlalu melejit, TBS juga punya komitmen untuk No Animal Testing dan Fair Trade terhadap petani yang menyuplai bahan untuk dijadikan kosmetik. Sekecil-kecilnya imanku untuk mengapresiasi petani buah dan bunga.

Aku pakai untuk shampoo karena bau Rainforest alam banget dan pas di aku, aqua boost lotion karena bikin kulit aku terasa kenyal tanpa harus pakai kosmetik yang creamy dan last, eye revival duo yang bikin lingkar sekitar mataku jadi lebih teduh. Semuanya sejauh ini aman di kulitku.

Baca selengkapnya tentang THE BODY SHOP: https://www.2degreesnetwork.com/groups/2degrees-community/resources/body-shop-be-worlds-most-ethical-and-sustainable-global-business/

CLEAN AND CLEAR FACIAL WASH

Selain karena teksturnya yang light, aku suka dengan value Clean and Clear yang tidak berusaha untuk menyuarakan kita cantik kalau berkulit putih. Clean and Clear dalam iklan dan kampanyenya tidak pernah mendeskriminasi kulit hitam/gelap dan justru hendak mengatakan bahwa warna kulitmu berbeda tidak jadi masalah.

Lihat kampanye Clean and Clear di sini:

<iframe width=”560" height=”315" src=”https://www.youtube.com/embed/_xL0_gkOFAw" frameborder=”0" allow=”autoplay; encrypted-media” allowfullscreen></iframe>

JOHNSON’S BEAUTY POWDER

Ini karena aku suka bau bayi (hehe) dan butiran bedaknya yang lumayan ringan. Aku merasa tidak perlu pakai bedak yang berat dan berwarna untuk aktivitasku sehari-hari. Juga belum ada isu lingkungan untuk brand ini. So kupikir, aku bisa mantap terus menggunakan produk ini.

KANGEN WATER BEAUTY WATER

Kangen Water tidak pakai cairan kimia sehingga ketika diaplikasikan ke mukaku, adem karena 100% air! PHnya bikin kulit aku netral untuk siap menerima rangkaian skin care yang lain. Spray spray spray dan aku merasa mukaku jadi sehat dan moist.

Kalau mau baca lebih lengkap soal Kangen Water: https://doctordilday.files.wordpress.com/2014/11/kangen-water-therapies.pdf

PASTA GIGI ENZIM

Aku masih belum bisa kalau harus benar-benar tidak menggunakan pasta gigi untuk menghindari limbah. Jadi aku pilih menggunakan pasta gigi yang setidaknya tidak pakai deterjen. Gigi kita akan ngga sehat kalau terlalu banyak terpapar deterjen dan yang pasti limbah kita setelah mandi tidak akan terlalu jahat karena pasti gigi non-deterjen ini.

Yet, despite of all, selalu ada perdebatan untuk produk-produk tersebut. Ini adalah salah satu pranala yang membahas kontroversi berbagai produk kosmetik tersebut: https://eluxemagazine.com/magazine/5-brands-you-think-are-eco-but-really-arent/