Vembry Fiska
Mar 19 · 2 min read

Apa itu Podcast? Dan Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?

Akhir-akhir podcast menjadi satu hal yang banyak didengar di sosial media. Banyak dari kita yang sudah biasa dengan podcast, namun banyak juga yg belum tahu apa itu podcast. Podcast merupakan rekaman audio seseorang atau lebih, bisa berupa percakapan atau monolog dan biasanya mempunyai topik tertentu yang dibahas dalam satu episode podcast. Bisa diibaratkan juga sebagai sebuah blog namun dalam bentuk suara, karena banyak podcast yang merupakan monolog. Untuk akses podcast sendiri, sekarang sudah banyak platform yang menyediakan konten podcast. Spotify, Apple Podcast, Google podcast, Anchor, Soundcloud dan masih banyak lagi yang menyediakan konten podcast. Untuk layanan streaming music terpopuler saat ini, spotify misalnya, podcast menjadi salah satu daya tarik penggunanya walaupun di spotify konten podcast ini mungkin baru ada sekitar 1 tahun ini. Sebelum spotify, banyak podcaster (panggilan untuk pembuat podcast) lebih banyak populer di Soundcloud.

Podcast Spotify

Kenapa sih podcast digandrungi? Salah satunya adalah karena fleksibilitas dalam menikmati kontennya, kita bisa mendengarkannya sambil melakukan hal lain, misalnya sambil menyetir atau sambil masak, suatu hal yang susah kita lakukan ketika menikmati konten berupa video. Hal ini sebenarnya mengacu pada learning channel atau metode pembelajaran masing-masing orang yang berbeda. Ada yang lebih mudah belajar dengan visual yakni dengan melihat langsung, video misalnya. Ada yang lebih mudah belajar dengan suara, seperti yang dilakukan podcast.

Selain fleksibel untuk mendengarkannya, keuntungan podcast yang lain adalah kita bisa menentukan sendiri apa yang ingin kita dengar, tidak seperti radio yang kita hanya mendengarkan apa yang radio sajikan. Kita ingin mendengarkan update terbaru sepakbola misalnya, kita bisa mendengarkan Box2Box Podcast, ingin mendengarkan tentang topik keluarga dan pasangan, bisa mendengar CurhatBabu dari sheggario, ingin mendengarkan cerita-cerita misteri bisa mendengarkan Podcast Do You See What I See, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk saat ini sudah banyak sekali podcast yang dibuat di Indonesia sendiri. Di Soundcloud, ada beberapa podcast yang mempunyai banyak pendengar seperti Suarane, Podcast Awal Minggu, Kejar Paket Pintar, Rayestu Show, Retropus, #CurhatBabu, Podcast Subjective. Sekarang mereka juga sudah tersedia di platorm lain seperti Spotify. Bahkan untuk podcaster Indonesia, mereka merajai Top Podcast di beberapa platform. Dan saat ini, jaringan podcast terbesar di Indonesia dipegang oleh Box2Box Media Network dimana mereka memiliki Box2Box untuk sepakbola, BoxOut untuk basket, Retropus untuk sisi lain sepakbola, ShowBox untuk film, Asumsi untuk politik dan berita terhangat, dan Obrolan BaBiBu untuk parenting.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah kita juga bisa membuat podcast kita sendiri? Jawabannya adalah bisa banget. Jika kamu ingin memulai membuat podcast, jadi dirimu sendiri dan rekam suara kamu lalu upload ke soundcloud atau anchor, dua platform ini memiliki fitur untuk kreator langsung upload rekaman audio kita. Bagaimana jika ingin rekaman kita ada di Spotify? Cara paling mudah adalah dengan Anchor, karena anchor menyediakan cara termudah agar kita bisa menyebarkan podcast kita agar masuk ke spotify, apple podcast, google podcast dan masih banyak platform lainnya.

Lalu apakah yang penulis punya podcast? Jawabannya adalah iya, dan podcast itu adalah Pospak. Meskipun baru 2 episode dan sudah lama tidak update, semoga episodenya akan bertambah lagi. Doakan.

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade