4 Tips Memaksimalkan Konten Kamu Tanpa Iklan

Froyo Story
Jul 17 · 3 min read

Konten organic atau konten yang nggak dibantu sama sekali oleh iklan makin kesini akan semakin jarang dilihat oleh audience, hal ini bukan tanpa sebab, platform social media besar seperti Facebook, Instagram, dan Twitter kini makin gencar meng-encourage user untuk menggunakan jasa iklan berbayar mereka dengan kompensasi konten yang diposting bakal lebih banyak dilihat dan direspon audience daripada konten organic tanpa iklan. Jadi, apakah kita harus selalu mengeluarkan uang untuk setiap konten yang kita buat agar lebih banyak dilihat dan direspon audience yang kita tuju?

Walaupun jawabannya nggak tentu, tapi untuk kalian yang masih kepengin kontennya dilihat dan direspon oleh banyak audience menggunakan konten organic, that’s not impossible kok, and we’re about to show you how to use your organic content effectively, and here we go!

1. Keep focus on your target audience
Ketahuilah audience kalian dibandingkan mereka tahu diri mereka sendiri. Targeting adalah hal yang penting disaat kalian membuat konten, dimana kalian harus tahu kepada siapa dan bagaimana cara berbicara dengan tepat dengan audience kalian. Semua strategi konten apapun harus didasarkan oleh target audience yang kalian tuju. Anggaplah kalian menargetkan millennial, usia 18–24, mahasiswa dan first jobber. Kalian harus tahu apa yang mereka lakukan setiap harinya, kapan mereka akan membuka media sosial, apa yang menarik bagi mereka untuk dapat berhenti saat sedang scrolling timeline dan melihat konten kalian. Mengetahui target audience adalah poin paling utama dari strategi media sosial.

2. Be unique and one of a kind
Membuat brand personality untuk account media sosial kalian nggak hanya berkutat pada logo, dan warna namun kalian juga harus membuat satu hal unik yang dapat membedakan kalian dengan kompetitor, misalnya bagaimana gaya bahasa kalian saat menjawab pertanyaan dan komen audience atau saat membuat stories seakan kalian bukanlah sebuah brand melainkan satu sosok KOL. Intinya kalian harus membuat sebuah “Thumb-stopper” atau hal yang bisa membuat jempol audience kalian berhenti saat melihat konten kalian di platform media sosial.

3. Use any feature and featurettes in your social media
Di tahun 2019 ini, banyak banget fitur-fitur di medial sosial yang ditawarkan untuk membuat pengalaman membuat konten kalian lebih menarik, bagaimana Instagram membuat IG Stories menjadi lebih engaging dengan berbagai pilihan fitur seperti Q&A atau quiz pilihan ganda ataupun fitur dimana video di Instagram kini bisa lebih dari 1 menit dengan menyambungkannya ke IG TV. Jadi, jika kalian bisa mastering all of those features in social media, kalian bisa menawarkan an immersive experience to your target audience.

4. Put the sales focus on the side
Jika kalian mempunyai brand, pasti hal yang paling dinantikan saat memulai akun media sosial kalian adalah bagaimana dampaknya kepada sales dan pendapatan, namun sales dan marketing adalah dua hal yang berbeda. Media sosial dapat membantu kalian meningkatkan sales namun bukan hal itulah yang menjadi fokus utama saat menggunakan media sosial tapi bagaimana kalian dapat menciptakan brand image di benak audience lewat media sosial melalui engageable and relatable content with your audience. Believe us, after that achieved, that monthly sales target will be easily achieved by you.

Walaupun nggak mudah dan harus diperhatikan dengan sangat, namun penggunaan konten organic akan sangat efektif jika distrategikan dengan benar dan tepat, bahkan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun untuk iklan. Jadi, cobalah untuk create your own organic content strategy and feel the magical effect in your social media account.

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade