Gimana Sih Cara Mengubah Kreativitas Kamu Menjadi Nyata?

Froyo Story
Oct 23 · 3 min read

Munculnya kreativitas di kepala kamu itu bisa dibilang kayak belut, kadang-kadang cuma mampir licin selewat di pikiran kamu dan hilang begitu aja, padahal kamu lagi butuh ide kreatif untuk menyelesaikan masalah. Nah, seorang yang kreatif tuh harus bisa mengubah ide-ide yang datang di kepalanya menjadi sesuatu yang nyata, tapi nyatanya itu nggak mudah lho.

Walaupun nggak bisa dibilang mudah, ada beberapa cara yang bisa membuatmu lebih mudah untuk merealisasikan ide kreatif yang ada di kepalamu, apa aja sih caranya? Let’s check it out!


1. Punya tekad yang kuat.

Cara pertama supaya bisa merealisasikan kreativitasmu adalah kuatin tekadmu bulat-bulat. Karena tanpa tekad yang kuat, ide-ide kreatif Kamu bakalan menguap begitu saja dan satu hal yang penting,
tekad yang kamu sudah tentukan will help you to keep the procrastination away. Mungkin tekad kamu juga bisa dibantu dengan melakukan hal-hal yang bisa membantu tekad kamu itu terwujud, misalnya mengatur personal deadline, scheduling your own project or maybe ask for help from your peers.

2. Buat alur dari kreativitas menuju realita.

Di saat kamu sudah mendapatkan ide kreatif dan tekad yang kuat, hal berikutnya yang harus Kamu lakukan adalah membuat scheduled time. Buatlah alur yang nyata dan jelas bagaimana kamu akan merealisasikan ide-ide kreatif yang Kamu punya. Tentukan deadline pribadi dan bagilah waktu yang kamu miliki menjadi stage-stage kecil dimana kamu akan mempunyai progress berkala, dan jangan lupa untuk membagi stage-stage waktu kamu dengan adil karena tidak semua stage yang kamu kerjakan mempunyai tingkat kesulitan dan excitement yang sama, jadi jangan sampai kamu mandek di salah satu stage saja.

3. Pay attention with apapun di sekitar kalian.
Biasanya orang akan mendapatkan ide saat melihat sesuatu di sekitar mereka. Misalnya kamu mendapat ide saat melihat bulan purnama dari jendela kamar kalian, nah dengan membuat bulan purnama sebagai penanda, ide kalian akan mudah diingat kembali saat kalian melihat bulan purnama. Kyle T. Webster, seorang illustrator dari Amerika Serikat mendapatkan ide saat nggak sengaja menginjak kerang saat ia dan keluarganya liburan di pantai dan ia mendapatkan ide untuk menulis cerita anak-anak “All The Ways Kids Hurt Themselves When They Are Very Young.”

4. Catat, catat dan catat.
Kalau kamu mendapatkan wangsit mendadak di otak kalian, segera cari kertas dan alat tulis terdekat dan tulis ide kreatif kamu because it’s written in black and white now. Cara yang lebih baik adalah membuat idea journal dimana kamu bisa menulis, menggambar atau apapun diatas buku itu saat kamu mendapatkan ide mendadak, atau mungkin bisa juga kamu merekam ide kamu dengan voice recorder di smartphone atau laptop saat kamu mendapat ide dengan menggunakan aplikasi yang sudah banyak tersedia. Ide kreatif yang muncul di kepala kamu tuh nggak ada yang tahu kapan datangnya jadi segera catat ide kreatif kamu wherever you think is convenience.

5. Opini kamu sendiri aja nggak cukup lho.
Jika kamu adalah seorang kreatif yang idealis, kamu pasti berpikir kalau ide kreatif kamu adalah yang terbaik untuk kamu sendiri, namun terkadang ide kreatif yang datang dari kamu sendiri akan lebih baik jika kamu meminta opini dari orang lain. Mintalah bantuan dari pihak lain yang kamu percayai dan ask for feedbacks, recommendations and critics. Karena seidealis dan sekreatif ide kamu, still, two heads are better than one.

6. Terakhir, Go with the flow.
Karena yang paling terpenting dari merealisasikan idemu adalah bagaimana ide kreatif kamu connect with your own interests. Jangan jadikan ide kreatif kamu sebagai beban yang malah membuat kamu under pressure di setiap harinya, dibawa santai aja daripada idemu mampet saat kamu stress dan jangan lupa, enjoy your creativity and when you realize it, it will become a realization.

So, are you ready to realize your creative idea? Jangan ditunda, lakukan sekarang dan tentunya ide-ide kreatif kamu akan segera terealisasikan.

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade