Cara Membuat Login Di Android Studio Dengan MySQL Untuk Pemula

Source via androidcss.com

Anda yang ingin membuat atau bahkan sudah melakukan proses penciptaan aplikasi berbasis clien server yang didukung oleh android studio. Maka, pada aplikasi tersebut dapat dipastikan ada bagian berupa login. Ini merupakan hal wajib untuk setiap aplikasi dengan basis tersebut. Bagian itu tidak terjadi begitu saja, ada serangkaian proses yang harus dijalankan oleh pembuat aplikasi.Nah, artikel ini akan menjelaskan singkat tentang tahapan membuat login di Android Studio dengan MySQL.

Langkah Membuat Login di Android Studio Dengan MySQL

Tata cara dalam membuat login di Android Studio dengan MySQL, terdiri dari empat jenis. Setiap jenis tahapan, tidaklah serumit yang dipikirkan. Siapapun pembuatnya akan bisa melalui keempat tahap, asalkan dilakukan secara teliti. Supaya lebih jelas, langsung saja ke tiap proses pengerjaan berikut ini:

1. Menciptakan Database Dengan MySQL

Source via aladinblogmedia.blogspot.com

​​​​​​Tahapan pertama sebelum membuat login di Android Studio dengan MySQL harus terpenuhi dahulu, karena login itu membutuhkan suatu database guna tersimpan secara benar semua data yang ada. Pembentukan dari database ​​​​​​juga membutuhkan server khusus, supaya tidak sampai tersendat di tengah jalan. Server yang dipakai itu beragam, antara lain: xampp, wamp, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak server, xampp yang umum dipakai. Apalagi untuk pemula, server ini tepat digunakan.

Ketika xampp sudah benar-benar terdeteksi sebagai server Anda. Segera lakukan pembuatan database, berupa penentuan namanya. Bagian yang mengatur Hal tersebut yakni PHP MyAdmin. Setelah selesai, jangan lupa untuk membuat suatu folder khusus. Folder ini berfungsi sebagai tempat menyimpan data login dari PHP yang ada.

2. Membuat Koneksi Database

Source via: hostinger.co.id

Setelah melalui tahap pertama, selanjutnya Anda harus membuat suatu sambungan. Ini penting supaya setiap proses pada. PHP dapat masuk sempurna ke dalam Android studio. Tentu saja nama database yang telah dibuat di PHP akan muncul serta dipakai sebagai proses koneksi.

3. Mendesain Tampilan Dari Login

Source via: bootstrapzen.com

Langkah ketiga ini lebih ke arah penciptaan tampilan dari menu login pada suatu aplikasi. Di sini segala ide kreatif bisa dituangkan untuk menghasilkan desain login unik, dan menarik. Warna, logo dapat dikombinasikan secara seimbang. Pembuat aplikasi dapat melakukan itu semua dengan menampilkan activity_login.xml.

4. Proses Login di Android Studio

Source via: developer.android.com

Tampilan login sudah dipersiapkan dengan baik. Kini saatnya mulai melakukan proses login supaya segala data dapat diolah sempurna di database. Dalam hal ini harus ada namanya suatu class untuk proses login. Pembuatannya dengan mengisi script, jika sudah selesai dapat digunakan untuk masuk ke class login.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda semua. Khususnya dalam hal memberikan pemahaman terhadap cara mudah untuk menciptakan login pada suatu aplikasi, karena setiap aplikasi itu pasti akan terhubung dengan clien server.

Media Web Developer, SEO, dan Digital Marketing

Media Web Developer, SEO, dan Digital Marketing