Kinerja SEO Dan Teknik Optimalisasinya

Web Developer Indonesia
Feb 20 · 3 min read

Orang yang berkecimpung di dunia internet marketing pasti pernah mendengar apa yang disebut dengan SEO. Dalam kata yang lebih sederhana, SEO merupakan sebuah teknik optimalisasi website dengan cara tertentu. SEO sendiri memiliki kepanjangan Search Engine Optimization.

Sebuah optimasi website SEO berfungsi untuk menilai layak tidaknya sebuah website ditayangkan di posisi teratas hasil penelusuran mesin pencarian. Sehingga banyak orang yang menyewa jasa SEO agar nantinya website mereka bisa tampil di posisi teratas search engine.

Apa Itu SEO Traffic Dan Apa Saja Tipenya?

SEO traffic adalah sebuah trafik yang dimiliki oleh sebuah website dan erat kaitannya dengan pengunjung. Apabila anda memiliki sebuah website yang bagus namun jarang dikunjungi orang, maka web anda akan percuma. Oleh karena itu optimasi SEO harus selalu dilakukan agar website anda bisa tampil di posisi teratas dalam waktu lama.

Ada tiga SEO traffic, diantaranya adalah :

  1. Quality traffic : trafik yang menilai kualitas website berdasarkan tipe pengunjung website
  2. Quantity traffic : trafik yang menilai kualitas website berdasarkan jumlah pengunjung website
  3. Organic traffic : hasil kunjungan website yang didapatkan dari jumlah klik link yang ditampilkan mesin pencarian (membutuhkan optimasi SEO)

Lalu bagaimanakah cara mengoptimalisasi SEO?

Ada dua jenis optimalisasi SEO yang perlu kita ketahui, yaitu On-site SEO dan Off-site SEO. Berikut ini kami jelaskan masing-masingnya.

  1. On-site SEO

Yaitu optimasi SEO yang dilakukan dari dalam website. Berbagai jenis optimasi yang dilakukan dari dalam website akan mempengaruhi tampilan dari website. Penting menampilkan tampak luar website yang tertata dan rapi serta mudah digunakan agar pengunjung mau melakukan re-inviting. Berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalisasi website dengan teknik On-site SEO :

  • Mengoptimalisasi pencarian kata kunci

Kata kunci adalah sebuah kata atau kalimat spesifik yang berisi tentang topik tertentu dan diketikkan di mesin pencarian. Gunakanlah kata kunci (keyword) yang sekiranya akan banyak terbersit di pikiran orang, sehingga website anda akan mudah di-klik dan dikunjungi. Pilihlah kata kunci yang tepat sehingga website anda akan mendapatkan jumlah kunjungan yang banyak dari organic traffic.

  • Melakukan tinjauan teknis

Perlu diadakan perbaikan dari dalam website agar nantinya pengunjung tidak kapok mengunjungi laman anda. Berbagai cara yang bisa dilakukan adalah memperbaiki URL yang rusak, mengelola sitemap, dan mengganti link yang telah rusak atau kadaluarsa.

  • Melakukan optimasi

Pada sebuah website penting dilakukan optimasi seperti mengadakan konten yang relevan, memperbaiki struktur web agar memudahkan navigasi, dan berbagai hal yang lain sehingga pengunjung betah menelusuri berbagai konten yang tersedia di laman website anda.

  • Mengoptimalkan User Experience

Hal ini berkaitan dengan komunikasi langsung pemilik website dengan pengunjung. Sebisa mungkin lakukan feedback terbaik kepada pengunjung, layani kemauan mereka semaksimal mungkin, sehingga mereka tidak jera untuk datang lagi ke laman anda. dengan melakukan optimasi SEO, maka anda akan memperbesar peluang datangnya kembali para pengunjung ke website tersebut.

2. Off-site SEO

Yaitu optimasi SEO yang dilakukan secara eksternal. Cara yang bisa dilakukan untuk melakukan optimasi jenis ini adalah :

  • Melakukan content marketing
  • Melakukan promosi
  • Memperluas public relation

Dengan melakukan optimasi SEO dengan tingkat keberlanjutan (sustainability) yang tinggi, maka anda akan memperbesar peluang munculnya website anda di mesin pencarian. Dengan begitu, jumlah kunjungan juga akan terus bertambah. Hal ini tentu saja bisa berpengaruh terhadap pemasukan anda sebagai seorang blogger.

Web Developer Indonesia

Written by

Media Web Developer, SEO, dan Digital Marketing

More From Medium

Top on Medium

Ed Yong
Mar 25 · 22 min read

19K

Top on Medium

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade