Error yang sering ditemui dalam pengodingan codeigniter (CI)

pengenalan codeigniter (CI)

codeIgniter yang biasa di singkat CI ini merupakan kerangka kerja (atau yang biasa disebut framework) PHP yang kuat dengan footprint yang sangat kecil, CI dibangun untuk para pengembang yang membutuhkan toolkit sederhana dan elegan untuk membuat aplikasi web berfitur lengkap.

Dengan CI, kamu dapat mempercepat pembangunan / pengembangan aplikasimu karena CI ini menggunakan sistem MVC (Model, View, Controller) yang akan membantumu lebih mudah dan memiliki fitur lengkap dalam pengembanganmu.

Codeigniter (CI)

Codeigniter adalah seuah web application framework yang bersifat open source digunakan untuk membangun aplikasi php dinamis. tujuan utama pengembangan Codeigniter adalah untuk membanti developer untuk mengerjakan aplikasi lebih cepat daripada menulis semua code dari awal. codeigniter menyediakan berbagai macam library yang dapat mempermudah dalam pengembangan.. codeigniter diperkenalkankepada publik pada tanggal 28 februari 2006.

kelebihan codeigniter

  1. kecepatan, berdasarkan hasil benchmark codeigniter merupakan salahsatu framework PHP tercepat pada saat ini.
  2. mudah dimodifikasi dan beradaptasi. sangat mudah dimodifikasi behavior framework ini. tidak membutuhkan server requirement yang macam-macam serta mudah mengadopsi library lainnya.
  3. dokumentasi lengkap dan jelas. bahkan tanpa buku ini pun codeigniter sebenarnya telah menyediakan sebuah panduan yang lengkap mengenai code igniter. semua informasi yang dibutuhkan codeigniter ada disana.
  4. learning curve rendah. codeigniter sangat mudah dipelajari. dalam pemilihan framework hal ini sangant penting doperhatikan karena kita juga harus harus memperhatikan skill dari seluruh anggota team. jika sebuah framework sangat sulit dipelajari maka akan beresiko untuk mmemperlambat team development anda.
perbandingan PHP Biasa dan CodeIgniter

pada eksekusi PHP, biasanya kita me-load semua lobrary dan fungsi yang dibutuhkan kemudian digabungkan kedalam HTML untuk dieksekusi oleh PHP. untuk kasus sederhana cara tersebut masih baik-baik saja, tetapi jika aplikasi tersebut menjadi komplks/rumit maka kita akan sulit memeriharanya jika tidak didukung oleh arsitektur softwere yang bagus. hal tersebut bisa terjadi disebabkan oleh code yang sama namun dibuat berulang-ulang, kode tidak konsistdan lain-lain.

Perbedaan codeigniter (CI) dengan PHP Biasa

  1. Performa sangat cepat, Kontruksi yang simpel dan di kelompokan berdasarkan fungsi dan tugas prosesnya masing-masing membuat peforma pemrosesan lebih maksimal.
  2. Mendukung PHP4 dan PHP5, perkembangan server khususnya implementasi php kini sudah masuk ke versi 5.x. Versi tersebut di akui lebih aman dan fleksibel terhadap beberapa database. Codeigniter dapat juga di bangun menggunakan versi php tinggi.
  3. Konfigurasi yang sangat minim (nearly zero configuration), Konfigurasi di anggap sangat minim karena kontruksi fungsi tersusun dan terstruktur secara sederhana.
  4. Dokumentasi yang sangat lengkap, dalam pengembangan sebuah aplikasi penting sekali adanya dokumentasi framework. Untuk framework CI sendiri banyak sekali dokumentasi yang mebahasanya, baik tips dan trik tutorial CI.
  5. Mudah dipelajari, mudah di pahami serta di dukung dokumentasi yang banyak di temu di internet.
  6. Compatible dengan banyak hosting, kadang tipe hosting tidak support beberapa tipe atau jenis framework. Namun untuk CI sendiri lebih universal dan banyak support terhadap tipe hosting dan servernya.
  7. Berikut fitur-fitur yang didukung oleh CodeIgniter, terdapat fitur yang mempermudah dalam pengembangan software berbasis web dengan framework.
  8. Sistem berbasis Model View Controller, basi model view controller adalah sebuah direktori yang digunakan untuk memisahkan tipe proses, baik proses database maupun proses bisnis aplikasi.
  9. Ringan dan Cepat, kontruksi berdasarkan model view membuat proses lebih terogranisir.
  10. Terdapat dukungan untuk berbagai basis data, berkembanganya teknologi web membuat banyak jenis dan tipe database yang tercipta, codeigniter banyak support terhadap tipe database.
  11. Mendukung Active Record Database.
  12. Mendukung form dan validasi data masukan.
  13. Keamanan dan XSS filtering.
  14. Tersedia pengaturan session.
  15. Tersedia class untuk mengirim email.
  16. Tersedia class untuk manipulasi gambar (cropping,resizing, rotate dan lain-lain).
  17. Tersedia class untuk upload file.
  18. Tersedia class yang mendukung transfer via FTP.
  19. Mendukung lokalisasi bahasa.
  20. Tersedia class untuk melakukan pagination (membuat tampilan perhalaman).
  21. Mendukung enkripsi data.
  22. Mendukung benchmarking.
  23. Mendukung caching.
  24. Pencatatan error yang terjadi.
  25. Tersedia class untuk membuat calendar.
  26. Tersedia class untuk mengetahui user agent, misalnya tipe browser dan sistem operasi yang digunakan pengunjung.
  27. Tersedia class untuk pembuatan template website.
  28. Tersedia class untuk membuat trackback.
  29. Tersedia pustaka untuk bekerja dengan XMP-RPC.
  30. Menghasilkan clean URL.
  31. URI routing yang felksibel.
  32. Mendukung hooks, ekstensi class dan plugin.
  33. Memiliki helper yang sangat banyak jumlahnya.

kesalahan/ error

kita sering kali melakukan kesalahan yang menyebabkan kodidingan kita error berikut merupakan kesalahan yang pernah saya alami ketika mempelajari pengodingan code igniter.

kesalahan penempatan file atau nama file

kesalahan penempatan atau penulisan file

gambar diatas merupakan error yang akan muncul jika terjadi kesalahan penempatan maupun kesalahan penulisan pada file, sehingga file tidak bisa dibaca. v_form_produk seharusnya diletakkan di folder views.

Undefined property

Undefined property

error ini terjadi karena kesalahan dalam penulisan dalam tabel data, yang menyebabkaan tidak terpanggilnya/tidak terbacanya tabel/ property tersebut, pada line 32 file controllers/Produk.php .

kesalahan

dimana seharusnya penulisan baju_model harus sama dengan Baju_model huruf besar maupun kecilnya dan di perbaiki menjadi :

Kurang atribut value

tampilan yang terjadi
tampilan yang dinginkan

kesalahan ini terjadi karena kurangnya memberikan atribut value untuk menampilkan data pada setiap input pada views/v_form_produk.php

menambahkan atribut value

Syntax error

error seperti ini paling sering tejadi, hal ini biasanya terjadi karena kesalahan pada penulisan syntax seperti {}, ;” dll.

syntax error

pada gambar diata smenunjukkan kesalahan pada file controllers?produk.php di line 50

kesalahan syntax

pada gambar diatas dapat dilihat bahwa kurangnya penulisan ; pada

redirect (‘produk’), yang seharusnya seperti gambar dibawah ini.

berbaikan syntax

sekian penjelasan singkat tenteng CI, framework dan error yang pernah saya alami dalam mempelajari framework CI ini semoga bermanfaat dan bisa dipahami oleh pembaca saya ucapkan banyak terimakasih yang sudah bersedia membaca.